Wednesday, February 14, 2018

[KU-045/2018] Jalur Ganda Kereta Prabumulih-Kertapati Beroperasi April



JAKARTA : Kemenhub memperluas jaringan jalur perkeretaapian khususnya Sumatera Selatan. Proyek jalur ganda lintas Prabumulih-Kertapati sepanjang 80 km siap beroperasi dua bulan ke depan. 

"Saya lihat ini sudah siap, bulan April tahun ini bisa dioperasikan sehingga kapasitas angkutan meningkat hingga dua kali lipat," ujar Dirjenka Kemenhub Zulfikri. Zulfikri memaparkan kehadiran jalur tersebut saat ini masih dikhususkan untuk angkutan batu bara rangkaian panjang (babaranjang, ed). Namun, bukan tak mungkin kereta angkutan penumpang juga bakal ditingkatkan. 

"Kita bisa tingkatkan KA untuk penumpang, untuk sekarang dominasinya masih kereta batu bara," ucap dia. Ia meyakini ekplorasi sumber kekayaan alam di Tanah Air bakal kian meningkat. Potensi ketersediaan batu bara di Sumsel diperkirakan menjadi yang terbesar di dunia. 

"Ini menjadi fokus perkeretaapian untuk menghubungkan wilayah termasuk perkotaan," ucap Zulfikri. Ia mengatakan proyek yang telah rampung dan mulai beroperasi mulai tahun ini juga bakal dilakukan untuk jalur ganda KA lintas Martapura-Baturaja sepanjang 32 km. 

Proyek strategis nasional lainnya di Sumsel, yakni LRT sepanjang 23,4 km juga bakal mulai diuji coba Maret mendatang. "Rencananya kita akan menghubungkan seluruh jaringan KA, sehingga berperan menghubungkan aktivitas angkutan orang maupun barang," ujar dia.

Sumber : MetroTVNews, 12.02.18.

[English Free Translation]
Ministry of Transport (MoT or Kementerian Perhubungan) expands the railway line network, especially in South Sumatera. The 80km-long Prabumulih-Kertapati double track project is ready to operate in the next two months.

No comments:

Post a Comment

[KU-179/2021] Dirut KAI Commuter Mukti Jauhari Tutup Usia

  Bisnis.com, JAKARTA - Keluarga besar KAI Group khususnya KAI Commuter hari ini berduka. Direktur Utama KAI Commuter Mukti Jauhari meningg...