Wednesday, February 7, 2018

[KU-038/2018] Sengketa PT KAI-PT BMP Murni Persoalan Hukum



PADANG : Penasihat hukum Divre II Miko Kamal kecewa terhadap DPD RI akibat campur tangannya dalam sengketa hukum KAI dengan PT Basko Minang Plaza (PT BMP). Hal ini diungkapkan setelah adanya Rapat Kerja Badan Akuntabilitas Publik (BAP) DPD RI yang digelar pada Senin (25/1), di ruang rapat Kantor Walikota Padang. 

Miko Kamal menjelaskan rapat kerja yang digelar oleh DPD RI tidak sesuai dengan lingkup tugas BAP DPD RI yaitu melakukan penelahaan dan menindaklanjuti temuan BPK yang berindikasi kerugian negara secara melawan hukum. 

Dalam rapat tersebut, terkesan KAI adalah pihak yang bersalah, dan sebaliknya PT BMP adalah pihak yang benar dan terdzalimi. "Pertama BAP DPD RI meminta keterangan kepada pihak PT BMP dan berkunjung ke lokasi eksekusi dan sebaliknya BAP DPD RI tidak pernah meminta keterangan secara seimbang kepada PT KAI," jelas Miko. 

Selain itu, BAP DPD RI tidak memberikan waktu yang seimbang kepada KAI dalam menjelaskan persoalan, dan memberikan waktu lebih kepada PT BMP untuk menjelaskan versinya. Tidak hanya itu, salah seorang anggota DPD RI Andi Surya menghiraukan penjelasan yang diberikan oleh Miko Kamal, dan bahkan dengan arogan meminta aparat kepolisian untuk mengusir keluar dari ruang rapat. 

Jelas, sikap oknum tersebut, kata Miko tidak hanya merendahkan martabat lembaganya, tapi juga melakukan intervensi terhadap putusan hukum resmi yang dibuat lembaga peradilan yang sah mulai PN Padang, PT Sumbar, MA dan putusan derden verzet (perlawanan) atas permohonan eksekusi yang diajukan PT BMP.

Sumber : Singgalang, 07.02.18 / Foto : SumberSatu.

[English Free Translation]
Regional Division II (or Divre II) PT Kereta Api Indonesia (KAI) lawyer Miko Kamal was disappointed with DPD RI due to his interference in KAI's legal dispute with PT Basko Minang Plaza (PT BMP). This was disclosed after the Public Accountability Board (BAP) of DPD RI which held on Monday (Jan 25th), in the meeting room of the Mayor's Office of Padang. So Sad.

No comments:

Post a Comment

[KU-179/2021] Dirut KAI Commuter Mukti Jauhari Tutup Usia

  Bisnis.com, JAKARTA - Keluarga besar KAI Group khususnya KAI Commuter hari ini berduka. Direktur Utama KAI Commuter Mukti Jauhari meningg...