Rabu, 02 Desember 2015

[KG-328/2015] Kunjungan Ke CDP, CBR, KRW - 02/12/15

JaKaRTa: Rabu 02/12, tim PT Kereta Api Logistik (KALOG) melaksanakan kunjungan ke beberapa area terkait persiapan pelaksanaan angkutan kereta api (KA) dari pelabuhan ke beberapa area.

Kunjungan difokuskan ke Terminal Barang Gedebage, Bandung (tim terpisah) sementara untuk tim lain, menyusur area mulai dari Cikarang Dry Port (CDP), Cibungur (CBR) hingga Karawang (KRW). Satu area tambahan yang dilihat sepintas adalah : Klari (KLI).

Area diatas, diperkirakan akan mendapat limpahan volume kontainer dari pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta dan membaginya ke sejumlah area potensil. Diantaranya stasiun diatas dan juga beberapa area yang belum sempat dikunjungi tetapi ada dalam daftar rencana kunjungan.

Selama ini yang diributkan hanya kargo impor dan diserempetkan dengan isu dwelling-time. Padahal selain itu, ada prospek muatan kargo ekspor dari area industri seperti Jababeka dan sekitarnya. Karenanya perlu dipelajari lebih detil.

Untuk dokumentasi hari ini, silahkan simak hasil kunjungan ke masing-masing area. Pertama CDP, CBR dan KRW. Berikut ini hasil dokumentasinya,

CDP
CDP menjadi salah satu area yang paling siap untuk menampung limpahan container dari pelabuhan tersibuk di Indonesia ini. Ada ribuan kontainer diproyeksikan bakal masuk kesini. Saat ini pun sudah terjadi, namun menggunakan moda angkutan truk.

Bisa jadi akan terjadi perpindahan moda (bila uji-coba tsb diatas berjalan lancar), bisa pula akan terjadi peningkatan volume ekspor-impor dari area industri menuju area pelabuhan. Kargo domerstik belum diperhitungkan untuk saat ini 'loh.

Saat kunjungan siang tadi, proses pembangunan (setelah pembebasan lahan) tengah digenjot untuk menyelaraskan dengan proyeksi rencana KA pelabuhan dioperasikan sekitar awal Februari 2016 mendatang.


CBR
Salah satu area bisnis yang belum tergarap dengan baik, terletak di perbatasan otoritas antara Daop 1 dan Daop 2 yaitu Stasiun Cibungur (CBR). Selama ini, hanya dipergunakan sebagai tempat penyimpanan kontainer pihak ketiga.

Sekarang ini tengah dijajaki kembali, untuk bisa menghidupkan CBR dengan berbagai pertimbangan dan hasilnya secara komersil harus klop dengan tujuan perusahaan. Dalam bisnis harus untung, besar ato kecil, itu relatif.


KRW
Wilayah ini cukup potensil dan diperkirakan akan diserbu peminat serius karena lokasinya berada di area strategis. Diperlukan sejumlah langkah konkrit area tsb bisa segera dioperasikan dan usulan, tinggal melayangkan ke para pihak terkait.


Good Luck !

Sumber : KALOG / Foto : RAM - Amir Driver.

[English Free Translation]
Wednesday, (December 2nd), PT Kereta Api Logistik (KALOG) team visit to several areas related to the reactivation railway loop from Tanjung Priok port to some areas. Among other things CDP, CBR and KRW.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar