Monday, April 22, 2013

[KU-109/2013] Kereta Api Mahasiswa Bakal Beroperasi Lagi

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Sempat tidak beroperasi, kini Kereta Api (KA) Mahasiswa jurusan Palembang-Indralaya akan segera beroperasi. Hal ini ditegaskan Kepala UPTD Kereta Api Dinas Perhubungan dan Komunikasi Informasi Sumsel, Kurniawan, kepada Sripoku.com, Kamis (11/4/2013).

Dia mengatakan, kalau tidak ada hambatan, Insya Allah bulan depan KA Mahasiswa bisa beroperasi kembali.

Sejak 1 April 2012 silam, KA Mahasiswa tidak lagi beroperasi. Hal ini, dikarenakan telah terjadi kerusakan pada mesin. Saat ditanya tentang kenapa KA Mahasiswa bisa begitu lama tidak beroperasi, Kurniawan, menjelaskan bahwa tidak adanya tenaga ahli lokal yang mampu memperbaiki kerusakan sehingga membuat pihaknya harus meminta bantuan kepada PT INKA (Madiun), serta komponen mesin tidak tersedia di Indonesia.

Kurniawan menuturkan, saat ini pihaknya terus berupaya agar KA Mahasiswa bisa secepatnya beroperasi. Rencananya, Rabu (17/4/2013) akan dilakukan tes lintas Kertapati-Indralaya. Tes ini dilakukan secara internal untuk uji kelayakan jalan oleh pihak PT KAI, PT INKA dan Dishub Sumsel. Apabila tes lintas tersebut tidak ada masalah, maka akan dilanjutkan dengan tes terakhir oleh Tim Kementerian Perhubungan untuk uji sertifikasi.

"Semoga saja tidak ada kendala, kita berharap dapat memberikan yang terbaik kepada Public,"ujarnya.

Berdasarkan pengalaman yang sudah lalu, Kurniawan meminta kepada PT KAI sebagai operator untuk memperbaiki pola manajemen seperti mengevaluasi jadwal keberangkatan, meningkatkan keamanan dan kenyamanan, sehingga diharapkan mampu memberikan pelayanan yang baik kepada penumpang KA Mahasiswa, serta menyediakan lapangan parkir motor khusus untuk mahasiswa. 

"Pada saat peresmiannya nanti, kita akan mengundang mahasiswa dan pegawai Unsri, untuk membahas pola manajemen yang baik seperti apa, sehingga permasalahan teknis tidak terjadi lagi," kata Kurniawan. (Rolly Angga)

Sumber : Sriwijaya Post, 12.04.13.

[English Free Translation]
Had not operate for almost a year, special train for student (known as “Kereta Api Mahasiswa”) Palembang - Indralaya will soon be operational. Head UPTD KA Diskominfo South Sumatera, Kurniawan said, if there are no obstacles, next month KA Mahasiswa can operate again.

No comments:

Post a Comment

[KU-179/2021] Dirut KAI Commuter Mukti Jauhari Tutup Usia

  Bisnis.com, JAKARTA - Keluarga besar KAI Group khususnya KAI Commuter hari ini berduka. Direktur Utama KAI Commuter Mukti Jauhari meningg...