Tuesday, November 29, 2011

[KU-130/2011] Angkutan Barang Semakin Efisien Dengan Subsidi BBM

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemberian subsidi BBM kepada angkutan kereta barang, selain kepada truk barang bisa menambah efisiensi angkutan barang, pada masa mendatang.

Paling tidak, angkutan kontainer yang selama ini lebih banyak diangkut dengan truk dan sering menjadi penyebab kemacetan jalanan, dalam beberapa waktu ke depan bakal bisa dikurangi.

Wakil Menteri Perhubungan, Bambang Susantono mengatakan, kesetaraan subsidi BBM kepada kereta barang dan truk akan menyebab persaingan angkutan barang semakin berimbang.

Dijelaskannya, subsidi yang diberikan kepada PT KAI untuk kereta barang, bisa memberikan efisiensi yang cukup besar. "Sebagai contoh, satu truk kontener menghabiskan BBM sebesar 0,5 liter per kilometer, sedangkan kereta barang hanya menghabiskan 0,5 liter per kilometer per kontener," kata Bambang di Jakarta, Jumat (25/11/2011).

Dengan tingkat keiritan lima kali lebih tinggi dibandingkan dengan truk barang, kereta barang bakal menjadi angkutan barang yang diminati oleh pengusaha untuk mengirimkan barangnya.

"Kalau itu terjadi, maka akan terjadi efisiensi terhadap angkutan. Ini juga untuk menghindari penggunaan  angkutan kontener di jalan raya. Satu rangkaian kereta bisa mengangkut 40-60 kontener, tapi kalau lewat jalan akan diangkut oleh truk sejumlah itu juga," tandasnya.

Sumber : TribunNews, 25.11.11.

Berita terkait, [KU-126/2011] KA Barang Dapat BBM Subsidi Mulai Januari 2012, [KU-125/2011] MTI Dukung Aksi Mogok SPKA, [KU-114/2011] DPR Dukung Pemerintah Berikan BBM Subsidi PT KAI, [KU-103/2011] Menhub Dukung BBM Subsidi Untuk PT KAI dan [KU-085/2011] Demo SPKA – BBM Bersubsidi.

[English Free Translation]
The goods transport fuel efficient with subsidies.

No comments:

Post a Comment

[KU-179/2021] Dirut KAI Commuter Mukti Jauhari Tutup Usia

  Bisnis.com, JAKARTA - Keluarga besar KAI Group khususnya KAI Commuter hari ini berduka. Direktur Utama KAI Commuter Mukti Jauhari meningg...