Friday, November 25, 2011

[KU-126/2011] Kereta Api Barang Dapat BBM Subsidi Mulai Januari 2012

Jakarta - Sebanyak 4 wakil menteri menggelar rapat soal pemberian BBM subsidi untuk kereta api barang di kantor Kementerian Keuangan siang ini. Rapat tersebut membuahkan hasil, mulai 1 Januari 2012 kereta api barang mendapat solar subsidi.

Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono mengatakan, rapat tersebut dihadiri dirinya, Wakil Menteri Keuangan Anny Ratnawati, Wakil Kepala Bappenas Lukita Dinarsyah Tuwo, Wakil Menteri ESDM Widjajono Partowidagdo, dan Kepala BPH Migas Tubagus Haryono.

"Jadi pemikiran dasarnya adalah ingin memindahkan angkutan barang di jalan ke angkutan kereta api," jelas Bambang kepada detikFinance, Jumat (25/11/2011).

Bambang mengatakan, pemerintah menyepakati untuk angkutan kereta barang akan mendapat harga BBM yang setara dengan angkutan barang di jalan. Karena itu nantinya kereta api barang bakal mendapat BBM subsidi seperti yang juga menjadi tuntutan dari PT Kereta Api Indonesia (KAI).

Pemerintah berpikiran, dengan pemberian BBM subsidi kepada kereta api barang, maka diharapkan angkutan barang akan berpindah ke angkutan kereta api.

"Bayangkan, satu kereta api barang bisa mengangkut 30 hingga 60 kontainer dalam satu kali tarik. Jika ini terjadi maka sama saja mengurangi 30-60 truk kontainer di jalan," katanya.

Selain itu, jumlah konsumsi BBM subsidi juga bakal lebih hemat dan anggaran yang dikeluarkan pemerintah bakal lebih rendah, dengan berkurangnya konsumsi solar dari truk-truk tersebut.

"Beban berat jalan raya juga berkurang, sehingga jalan tidak rusak. Karena itu di 2012 kereta api barang akan mendapatkan solar subsidi," tegas Bambang.

Nantinya aturan ini akan diatur dalam revisi Perpres 9 tahun 2006 yang saat ini sedang digodok oleh Kementerian ESDM.

Sebelumnya, para pegawai KAI akan melakukan aksi mogok apabila kereta api barang belum mendapatkan solar subsidi.

Menteri BUMN Dahlan Iskan mendukung permintaan Direksi PT Kereta Api Indonesia (KAI) untuk mendapatkan BBM subsidi untuk angkutan barang kereta api. Dahlan pun telah mengirimkan surat ke Menteri ESDM Jero Wacik agar permintaan KAI dipenuhi.

Sumber : Detik.com, 25.11.11.

[English Free Translation]
PT KAI (Indonesian Railway Corp.) got fuel subsidies in January 2012 onward, especially for goods transportation.

No comments:

Post a Comment

[KU-179/2021] Dirut KAI Commuter Mukti Jauhari Tutup Usia

  Bisnis.com, JAKARTA - Keluarga besar KAI Group khususnya KAI Commuter hari ini berduka. Direktur Utama KAI Commuter Mukti Jauhari meningg...