Thursday, November 24, 2011

[KU-125/2011] MTI Dukung Aksi Mogok Serikat Pekerja Kereta Api

JAKARTA, KOMPAS.com - Forum Perkeretaapian Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) mendukung rencana aksi mogok Serikat Pekerja Kereta Api (SPKA). Aksi mogok tersebut direncanakan pada 6 Desember 2011. Hal ini disampaikan oleh Ketua Forum Perkeretaapian Masyarakat Transportasi Indonesia, Djoko Setijowarno, kepada Kompas.com via pesan teks, Minggu (20/11/2011).

"Jangan cuma 3 jam, bila perlu 3 hari sekalian," ujar Djoko. Menurut dia, hal itu perlu dilakukan untuk melihat keseriusan pemerintah dalam mengembangkan moda transportasi kereta api. Pemerintah, kata dia, harus konsisten. "Tidak ambigu seperti selama ini. Di satu sisi bilang membutuhkan, tapi di sisi lain dimatikan perkembangannya," tegas dia.

Djoko menyebutkan, sebenarnya pemerintah bisa dengan mudah mengatakan tidak akan mengembangkan perkeretapian dan pemerintah akan mengembangkan jalan raya. "Maka urusan menjadi clear (jelas). Semua akan maklum," tambah Djoko.

Dengan begitu, lanjut dia, penerapan kebijakan bahan bakar minyak industri dan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) untuk kereta api barang, termasuk juga beban IMO (Infrastructure, Maintenance dan Operation) tidak ditanggung APBN menjadi benar adanya. "Tidak ada ambigu. Kalau sekarang tidak konsisten, katanya mau mengembangkan kereta api tapi kebijakannya bertolak belakang," tegas dia. "(Hal) yang penting konsisten, mau mematikan kereta api atau mau mengembangkan kereta api. Yang penting konsisten antara keinginan dengan kebijakannya," ucap Djoko.

Untuk diketahui, SPKA berencana melakukan aksi mogok pada 6 Desember mendatang sebagai protes kepada pemerintah yang memberikan perlakuan berbeda dalam hal harga BBM bersubsidi antara kereta barang dengan truk barang. Rencana aksi mogok kerja akan dilakukan dengan tidak menjalankan perjalanan kereta api penumpang dan barang di Jawa dan Sumatera selama 3 jam, yakni 05.00-08.00 WIB pada hari tersebut.

Sumber : Kompas, 20.11.11.

[English Free Translation]
MTI supports strike Railway Workers Union which will be held on 06/12/2011.

No comments:

Post a Comment

[KU-179/2021] Dirut KAI Commuter Mukti Jauhari Tutup Usia

  Bisnis.com, JAKARTA - Keluarga besar KAI Group khususnya KAI Commuter hari ini berduka. Direktur Utama KAI Commuter Mukti Jauhari meningg...