Tuesday, August 16, 2011

[KU-051/2011] PT KAI Datangkan 6 Lokomotif Baru Bulan Depan

JAKARTA: PT Kereta Api Indonesia akan mendatangkan enam lokomotif baru dan 170 gerbong KKBW senilai Rp102 miliar pada September mendatang, untuk mendukung bisnis angkutan batu bara di Sumatra Selatan.

Direktur Komersial PT KAI Sulistyo Wimbo Hardjito mengatakan 85 gerbong KKBW akan didatangkan pada awal bulan depan. Menurut dia, 85 gerbong lainnya akan menyusul pascalebaran.

“Kami juga akan mengadakan tambahan gerbong pengangkut kontainer [flat car] untuk bisnis kereta barang jalur Pantura, namun baru akan datang November nanti,” ungkapnya kepada Bisnis, hari ini.

Menurut Wimbo, pengadaan sejumlah lokomotif dan gerbong KKBW tersebut sepenuhnya menggunakan kas internal PT KAI. PT KAI, lanjutnya, akan mulai berkonsentrasi mendulang keuntungan melalui bisnis pengiriman barang.

“Demand tinggi, operasional bisa 24 jam, pengeluaran lebih rendah dibandingkan dengan mengangkut penumpang karena tidak butuh AC, kru, asuransi dan jaminan pelayanan. Pendapatan dan profit sangat potensial,” tambahnya.

Selain itu, Wimbo mengatakan PT KAI telah memutuskan Inka sebagai pemenang tender pengadaan 2.400 gerbong baru yang terdiri dari 1.200 gerbong jenis KKBW dan 1.200 gerbong PPCW senilai Rp1,26 triliun.

“Kami sudah mengikat kontrak dengan Inka. Setidaknya 1.200 gerbong kontainer tipe flat car datang pada 2013,” katanya.

Menurut Wimbo, penambahan armada kereta api barang merupakan respons atas rencana proyek rel ganda jalur Pantura dan Trans Sumatra Railways. Dia menilai ke depan bisnis logistik akan sangat prospektif.

Direktur Keuangan PT KAI Kurniadi Atmosasmito mengatakan pendapatan PT KAI dari angkutan barang dalam setahun penuh pada 2010 mencapai Rp2,5 triliun.

Menurutnya, angkutan barang berkontribusi hingga 40% dari total revenue perseroan berpelat merah itu. “Kami menargetkan volume angkut hingga akhir 2011 bisa mencapai 25 juta ton,”katanya.

Data dari BPS mencatat volume kargo melalui transportasi kereta api baik di Pulau Jawa maupun Sumatra sepanjang semester I/2011 sebesar 9,6 juta ton atau naik 3,6% dibandingkan dengan periode sama tahun lalu.

Sumber : Bisnis Indonesia, 15.08.11.

[English Free Translation]
PT. KAI (Indonesian Railway Co.) bring 6 new locomotives next month.

No comments:

Post a Comment

[KU-179/2021] Dirut KAI Commuter Mukti Jauhari Tutup Usia

  Bisnis.com, JAKARTA - Keluarga besar KAI Group khususnya KAI Commuter hari ini berduka. Direktur Utama KAI Commuter Mukti Jauhari meningg...