Monday, June 29, 2020

[KU-181/2020] LRT Jakarta Sterilisasi Kereta Pakai Sinar Ultraviolet


Jakarta, CNN Indonesia -- PT Light Rail Transit (LRT) Jakarta menggunakan sinar ultraviolet (UV) untuk sterilisasi rangkaian kereta dari paparan virus corona. Sterilisasi dilakukan rutin satu kali sehari di tiap rangkaian kereta yang terparkir di Depo LRT Jakarta, Kelapa Gading, Jakarta Utara.
Direktur Operasi dan Perawatan LRT Jakarta Indarto Wibisono mengatakan sinar UV tipe yang digunakan dalam sterilisasi diyakini dapat membunuh virus yang menyebabkan covid-19 tersebut.

Penyinaran dimulai setelah kereta dibersihkan dengan alat bernama Automatic Train Washing Plant (ATWP) dan dilakukan penyemprotan disinfektan.

"Penyinaran UV dilakukan selama lima belas menit, untuk satu 1 train set, dengan dua gerbong ada dua lampu, 1 gerbong satu lampu ultraviolet," ujarnya di Depo LRT Kelapa Gading, Senin (29/6).

Sejumlah peneliti memang menyebut paparan sinar ultraviolet dengan intensitas tinggi dapat membunuh virus corona. Secara teknis sterilisasi akan dilakukan oleh dua orang kru pesawat kereta LRT setiap malam setelah kereta beroperasi.

Dua orang kru dilengkapi alat pelindung diri (APD) membawa dua sinar ultraviolet ke masing-masing gerbong dan menyambungkannya ke kabel yang tersedia di dalam kereta.

Setelah lampu diletakkan, dua kru perawatan akan keluar dari gerbong dan pintu kereta ditutup. Dari luar kereta, sinar ultraviolet akan dinyalakan dengan remote agar kru dapat menjaga jarak aman dari paparan sinar UV.

"Salah satu risiko yang kami gambarkan alat lampu coverage paparan sinarnya 40 meter persegi, jadi kru kami menyalakan dengan remote setelah lampu diletakkan di batas kereta pintu ditutup kru kami menjauh," ucap Indarto.

Indarto menyampaikan sterilisasi yang digunakan untuk LRT tak memakan biaya mahal. Justru kata dia, sterilisasi ini terbilang efisien karena hanya membutuhkan sedikit lampu. "Carinya juga mudah, bisa enggak sulit di Jakarta ini cari lampu ultraviolet," ungkapnya.

Sumber : CNN Indonesia, 29.06.20.

[English Free Translation]
PT Light Rail Transit (LRT) Jakarta uses ultraviolet (UV) light to sterilize train circuits from corona virus exposure. Sterilization is carried out routinely once a day in each train series parked at the Jakarta LRT Depot, Kelapa Gading, North Jakarta.

No comments:

Post a Comment

[KU-179/2021] Dirut KAI Commuter Mukti Jauhari Tutup Usia

  Bisnis.com, JAKARTA - Keluarga besar KAI Group khususnya KAI Commuter hari ini berduka. Direktur Utama KAI Commuter Mukti Jauhari meningg...