Saturday, June 27, 2020

[KU-179/2020] Menperin Buka Alasan Pindah Kawasan Industri Brebes ke Batang

Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengungkap alasan pemerintah menggeser pengembangan kawasan industri dari Brebes ke Batang. Salah satunya karena letak lokasi yang lebih strategis dibandingkan Brebes.
Secara geografis, akses Kabupaten Batang lebih dekat ke Kota Semarang yang memiliki Bandara Internasional Ahmad Yani.

"Batang adalah lokasi yang lebih baik karena memiliki lebih banyak fasilitas dan dekat dengan bandara internasional," tutur Agus dalam video conference, Kamis (25/6).

Agus menyampaikan saat ini pemerintah tengah berdiskusi dengan sejumlah investor dan berusaha mengakomodir apa saja yang dibutuhkan. Menurutnya, fokus utama pemerintah saat ini adalah memastikan fasilitas kawasan industri memiliki infrastruktur jangka panjang termasuk pasokan energi dan akses logistik.

"Salah satu dari banyak opsi yang didiskusikan adalah menyesuaikan kembali rencana dan menyesuaikan kembali pengembangan kawasan dari Brebes ke Batang," ungkapnya.

Sebelumnya rencana pemindahan pengembangan kawasan industri dari Brebes ke Batang juga disampaikan oleh Menteri BUMN Erick Thohir.

Ia bilang, rencananya kawasan industri tersebut akan menggunakan lahan milik PT Perkebunan Nusantara (Persero) atau PTPN dengan luas 4 ribu hektare (ha) dan 300 meter berupa rel kereta api dan pelabuhan peninggalan Belanda.

Menurutnya, langkah tersebut harus dilakukan karena pemerintah harus cepat bergerak mengembangkan kawasan industri untuk menggaet investor global ke Indonesia. Jika harus membangun dari nol, Erick menyebut proses akan memakan waktu lama.

Sumber : CNN Indonesia, 26.06.2020.

[English Free Translation]
Minister of Industry Agus Gumiwang Kartasasmita revealed the government's reason to shift the development of industrial estates from Brebes to Batang. One of them is because the location is more strategic than Brebes.

No comments:

Post a Comment

[KU-179/2021] Dirut KAI Commuter Mukti Jauhari Tutup Usia

  Bisnis.com, JAKARTA - Keluarga besar KAI Group khususnya KAI Commuter hari ini berduka. Direktur Utama KAI Commuter Mukti Jauhari meningg...