Wednesday, June 3, 2020

[KU-155/2020] New Normal KRL, Jadwal Lansia Dibatasi dan Balita Dilarang

Jakarta, CNN Indonesia -- PT Kereta Commuter Indonesia (PT KCI) akan membatasi lansia dan balita naik kereta rel listrik (KRL) selama penerapan new normal atau tatanan kehidupan baru. Kebijakan ini diambil untuk meminimalisasi risiko penularan virus corona (Covid-19).

Vice President Corporate Communications PT KCI Anne Purba mengatakan, aturan ini akan diterapkan mulai 8 Juni 2020.

Anne menyebut, mengingat potensi kepadatan pengguna KRL pada jam sibuk, maka lansia hanya diizinkan naik KRL pada pukul 10.00 WIB hingga 14.00 WIB.

"Aturan ini dibuat untuk meminimalisir risiko bagi kelompok yang sangat rentan terhadap Covid-19, yaitu lanjut usia atau mereka yang telah berumur enam puluh tahun atau lebih," kata Anne dalam pernyataan resminya, Selasa (2/6).

Kebijakan pembatasan ini juga berlaku untuk orang-orang yang menggunakan KRL dengan membawa barang dagangan. Mereka juga hanya dapat menggunakan kereta-kereta dengan jadwal keberangkatan pertama di pagi hari dan di luar jam sibuk atau pukul 10.00 WIB hingga 14.00 WIB.

Menurut Anne, aturan ini dibuat karena barang dagangan yang dibawa dapat mempersempit ruang yang seharusnya dapat diisi penumpang lain dan dapat mempersulit kondisi physical distancing di dalam KRL.

Sementara untuk anak-anak balita sementara ini dilarang naik KRL. Selain cukup berisiko, juga tidak memiliki kepentingan mendesak untuk keluar dari rumah dan menggunakan transportasi publik termasuk KRL di tengah situasi pandemi Covid-19 ini.

Kendati demikian, bila ada kepentingan yang sangat mendesak bagi balita maupun lansia untuk naik KRL, maka dapat berkomunikasi dan menjelaskan keperluan tersebut kepada petugas di stasiun. Kebutuhan mendesak di antaranya adalah upaya untuk mendapatkan perawatan medis. 

Sumber : CNN Indonesia, 03.06.20.

[English Free Translation]
PT Kereta Commuter Indonesia (PT KCI) will limit the elderly and toddlers to ride electric train (KRL) or commuter line during the application of the new normal or new life order. This policy was taken to minimize the risk of corona virus transmission (Covid-19).

No comments:

Post a Comment

[KU-179/2021] Dirut KAI Commuter Mukti Jauhari Tutup Usia

  Bisnis.com, JAKARTA - Keluarga besar KAI Group khususnya KAI Commuter hari ini berduka. Direktur Utama KAI Commuter Mukti Jauhari meningg...