Friday, February 7, 2014

[KG-038/2014] Pembinaan Oleh Dirut PT KAI


JaKaRTa: Jumat 07/02 09.00-11.00 Direktur Utama (DU) PT Kereta Api Indonesia (Persero), Ignasius Jonan menjadi pembicara bagi pimpinan anak perusahaan di level Manager dan VP. Tujuannya, menyamakan persepsi atas arah gerbong perusahaan di masa depan.

Diawali dengan tampilan video transformasi PT KAI selama kurang lebih 10 menit, pembinaan berlangsung dalam suasana santai dan diselingi canda tawa. Pimpinan KAI ini rupanya punya selera humor yang lumayan bagus. 

Setidaknya, bila selama ini Jonan banyak diundang jadi pembicara ato nara sumber dimana-mana untuk membagikan pengalamannya, staf yang ada di lingkungan PT KAI dan grup bisa juga merasakan pandangannya. Dan itu positif serta sangat membantu mencairkan suasana. Juga bisa membangun citra dan komunikasi positif.

Mengambil tema "Leader's Role In Transformation - The Case of PT KAI (Persero) 2014". Diskusi diselingi contoh kasus faktual yang ada di dalam perusahaan sehingga lebih mak-nyuuus rasanya, lebih kena. Gayanya KAI1, ya ceplas-ceplos gitu deh.

Inti dari pembinaan menekankan bahwa menjadi pimpinan itu penting tapi harus mengetahui maksudnya. "Leadership is Responsibility" alias kalo sudah ditunjuk jadi pimpinan perusahaan, ya tahu diri 'lah. Harus mau bertanggung jawab. Karena bila sudah menduduki posisi pimpinan, yang namanya tanggung jawab erat melekat. Gitu.

Berikut gambaran yang sempat terekam dalam foto bersama Dirut KAI di aula besar JRC di komplek Jl. Juanda. Lancar dan aman. Terima kasih pak DU.

Sumber : KALOG / Foto : RAM.

[English Free Translation]
Friday 07/02 9:00 to 11:00 a.m Director (DU) of PT Kereta Api Indonesia (Persero), Ignasius Jonan be the speaker for the leadership training for the subsidiaries, at the managerial level. The goal, equalizing the perception of the direction of the carriage company in the future.

Thursday, February 6, 2014

[KU-037/2014] 17 Februari Bandara SMB II Palembang Ditutup

SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Bandara International SMB II Palembang diprediksi bakal sedikit terganggu tutup sementara (aerodrome close) pada tanggal 17 Februari 2014 mendatang.

Pasalnya dalam rangka jelang HUT TNI AU ke-68, akan digelar Gebyar Dirgantara Sriwijaya yang mendatangkan 10 pesawat untuk aerobatic show.

"Langkah-langkah supaya tidak menganggu. Tentunya koordinasi dengan Angkasa Pura. Mengatur trafic di-NOTAM (Notice to Airman)-kan. Pada pukul sekian ada kegiatan manuver di atas Bandara SMB II," kata Danlanud Palembang, Letkol Pnb Ramot CP Sinaga, Jumat (31/1/2014).

Menurut pria kelahiran Palembang ini, akan ada 8 pesawat aerobatic KT-1, 1 pesawat C130 Hercules, dan CN295.

"Enam diantaranya yang akan melalukan aerobatic show. Mereka akan manuver air show di atas landasan kita. Fokusnya. Kalau tim ini akan melihat Kota Palembang. Saya pesankan, sebelum landing agar Tim Jupiter ini mutar-mutar di atas Palembang, atas jembatan Ampera, terbang rendah. Tim Aerobatik dibentuk Tahun 2010 yang kebetulan saya yang pimpin generasi pertama. Sekarang ini sudah generasi ketiga. Pernah tampil di Thailand, Malaysia, Brunei, dan Singapura. Ini juga akan mengikuti ASEAN Air Show di Singapura. Setiap HUT RI, perayaan di tanah air mereka tampil," kata Ramot.

Gelaran yang akan 17 Februari 2014 di Apron Pangkalan TNI AU Palembang mulai pukul 08.30.

"Selain aakan ada static show dari TNI AU, juga Alat Utama Sistem Persenjataan (Alutsita) TNI AD, dan kepolisian. Dari Lanal akan mendirikan tenda, membagikan brosur informasi. Kemudian dari rekan-rekan dari IMI, modifikasi, offroad, motor gede akan meramaikan. Kegiatan yang cukup spektakuler yang belum tentu terjadi 10 tahun sekali. Momen yang sangat langkah.

Tim Jupiter Aerobatic akan melakukan beberapa manuver. Akan tampil di atas landasan Lanud Palembang dengan berapa kali fly pass menunjukkan bentuk indahnya. Apa dan bagaimana mari sama-sama kita saksikan Gebyar Dirgantara Sriwijaya," seru Ramot.

Ramot mengajak warga masyarakat di Sumsel dan sekitarnya, terkhusus warga sekitar Lanud untuk datang menyaksikan secara langsing gratis kepiawaian tim aerobatik dan alutsita yang dimiliki TNI.

Direncanakan dari pukul 08.30, pesawat akan tiba dari Singapura CN295, KT-1, Hercules. Statik Show. Pesawat disiapkan. Masyarakat bisa antre masuk pesawat. Tetap diperiksa dan dikawal terkait keamanan alutsita.
Untuk aerobatic show disiapkan pukul 13.30 disesuaikan dengan jadwal Gubernur Sumsel H Alex Noerdin.
Selain itu juga akan ada lomba fotografi, workshop fotografi, dan lomba mewarnai anak-anak.

"Itu lombanya tanggal 3 Februari ada seasion fotografi dan wartawan untuk landing dan statik. Ada pesawat datang. Pecinta foto. Silahkan momen ini sangat langkah. Komunitas," kata TJ, event organizer yang ditunjuk Lanud Palembang.

"Saya izinkan di tanggal 3 Februari motret di ujung pesawat. Syaratnya mesti ikut lomba fotografi. Jurinya dari Majalah Angkasa, mas Agus," kata Ramot.

Sumber : Sriwijaya Post, 31.01.14 / Kredit Foto : Indonesiarayanews.

[English Free Translation]

Sultan Mahmud Badaruddin II (SMB II) Palembang International Airport is predicted to be slightly disturbed closed temporarily (aerodrome close) on February 17, 2014. The reason, in order to welcome the anniversary of the 68th Air Force, will be held festivities which bring in 10 aircraft for aerobatic show.

Wednesday, February 5, 2014

[KG-036/2014] KALOG : HRIS Go Live !

JaKaRTa: Satu langkah maju lagi. Hal itulah yang diumpamakan atas segala upaya yang selama ini diperjuangkan, agar setiap aktifitas yang ada bisa dipermudah dengan mendokumentasikannya via software ato sistem yang mendukung pola kerja seseorang sehingga bertambah mudah dan gampang.

Akhir Januari 2014, merupakan hari yang bersejarah bagi insan PT Kereta Api Logistik (KALOG) saat HRIS (Human Resources Information System) berhasil diluncurkan – tepatnya hari Kamis 30/01 – dan merupakan awal implementasi sistem ERP (Enterprise Resources Planning).

Sejak tahun 2013, KALOG berupaya mewujudkan ERP menjadi bagian dari sistem informasi terpadu dan yang mendapat kehormatan tuntas duluan HRIS Database. Didalamnya mencakup : Time Management, Medical Reimbursement, Recruitment, Performance Management, Competency Management dan Training Management.

HRIS Database ini memiliki kelebihan, antara lain: menggunakan Bahasa Indonesia, memiliki menu Employee Self Service (ESS) untuk data karyawan, seperti upload foto, data keluarga, pekerjaan dan pelatihan). Dan satu lagi : web-based serta user friendly.    

Aplikasi ini bisa dijalankan di semua browser, baik itu Windows Explorer, Firefox, Google Chrome bahkan browser dari mobile phone. Hal-hal lain yang terkait dengan aplikasi dan penggunaannya, akan disampaikan oleh tim IT KALOG.

Congrats HRIS Go Live !

Sumber : KALOG.

[English Hree Translation]

End of January 2014, is a historic day for the employee of PT Kereta Api Logistik (KALOG) when HRIS (Human Resources Information System) successfully launched - precisely on Thursday 30/01 - and this is a milestone in the implementation of the ERP (Enterprise Resource Planning) system.

Tuesday, February 4, 2014

[KG-035/2014] Uji Statis Angkutan Air Mineral "Aqua"

BaNDuNG: Selasa 28/01 lalu, dilaksanakan uji statis untuk angkutan air mineral "Aqua" di salah satu sudut Kota Kembang. Tujuan utama : agar hasilnya optimal, memenuhi standar keselamatan yang ditetapkan dan dapat berjalan lancar seperti yang diharapkan oleh semua pihak.

Rentang waktu untuk mewujudkan angkutan air mineral dari Sukabumi ke Jakarta tergolong cukup lama dan hingga saat ini masih berlangsung. Konsep terus dipelajari dan dimatangkan oleh tim teknis untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. 

Tahap selanjutnya, menyiapkan sarana dan prasarana di stasiun muat dan bongkar. Perlu waktu untuk membenahi emplasemen yang nantinya akan dipergunakan sebagai basis pemuatan air mineral ke kereta api (KA), khususnya.

Intinya, uji coba pemuatan (loading) ke atas Gerbong Datar (GD) sudah pernah dilakukan di stasiun Jakarta Gudang (JAKG) tempo hari dan guna meyakinkan semua pihak dan tidak mengabaikan unsur "safety", maka dilakukanlah uji statis tadi dengan berat beban tertentu serta sejumlah opsi sudut kemiringan dan diberi target guncangan
(serupa efek selama dalam perjalanan).

Sejauh ini hasilnya bisa dibilang bagus dan oke. Semoga dalam waktu dekat, bisa segera diwujudkan "mimpi bersama" dalam mendistribusikan air mineral menggunakan moda KA dan pastinya meringankan beban jalan raya, sekaligus mengurangi kemacetan lalu lintas jalur Sukabumi - Bogor - Jakarta dan sebaliknya.

Tim yang hadir dalam kegiatan tersebut diatas, yakni: PT Kereta Api Indonesia (Persero) kantor pusat, perwakilan PT Tirta Investa (Aqua Danone) Bandung serta PT Kereta Api Logistik (KALOG)
kantor pusat.

Sejumlah aktifitas uji statis dapat dilihat dalam rangkuman foto-foto berikut ini. Tinggal menunggu waktu yang pas. Rujukan sebelumnya, silahkan baca [KG-319/2013] Simulasi Angkutan Aqua edisi tanggal 30 November 2013.


Sumber : KALOG / Foto : RAM.

[English Free Translation]
Tuesday 28/01, conducted a static test for “Aqua” mineral water transportation in Bandung. The main purposes: optimalization, meet the safety standards and the transport can run smoothly as expected by all parties.














                                                                      - e n d -

Monday, February 3, 2014

[KU-034/2014] Interkoneksi Antarmoda Tekan Biaya Logistik

JAKARTA: Meneg BUMN Dahlan Iskan meresmikan revitalisasi jalur KA menuju Pelabuhan Panjang, Bandar Lampung, dan modernisasi Terminal Curah Kering di Pelabuhan Panjang. Interkoneksi antara pelabuhan dan jalur KA diyakini dapat menekan biaya logistik dari Pelabuhan Panjang menuju beberapa daerah di Sumatera ataupun sebaliknya.

GM Pelabuhan Panjang Doso Agung mengatakan, revitalisasi jalur KA akan membawa banyak keuntungan. "Dengan masuknya KA ke dalam wilayah pelabuhan, biaya logistik dapat ditekan, kecelakaan dan kerusakan jalan bisa dikurangi, serta dapt menjangkau konektivitas di beberapa daerah di Sumatera," katanya.

Hingga saat ini PT Pelindo II dan PT KAI baru menyambungkan jalur KA dari Pelabuhan Panjang menuju Tanjung Enim Baru, Sumsel, dan Tanjung Siapi-api, Sumsel, ataupun sebaliknya. EVP Divre 3 menjelaskan, angkutan logistik menggunakan KA memiliki daya angkut lebih banyak daripada menggunakan truk.

"Satu truk mengangkut beban 19 ton, sedangkan satu gerbong kereta mampu mengangkut 50 ton. Apabila dalam sekali perjalanan, lokomotif mampu menarik 60 gerbong, itu berarti ada 3.000 ton yang diangkut dalam sekali jalan," ujarnya.

Selain itu, biaya yang dikeluarkan apabila menggunakan KA juga bisa ditekan. Suseno mengatakan, distribusi menggunakan truk memakan biaya Rp 700 per ton per kilometer. Adapun menggunakan KA, biayanya hanya sekitar Rp 500 per ton per kilometer.

Saat ditanya mengapa hal ini tidak diterapkan di Pulau Jawa yang biasa mengandalkan jalur pantura, Meneg BUMN Dahlan Iskan mengatakan, hal itu tidak mudah. Ia mengatakan, Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, juga memiliki akses jalur KA.

"Namun, jalur itu belum tersambung ke pelabuhan. Jaraknya masih kurang 400 meter untuk dapat tersambung dengan pelabuhan," ujarnya.

Sumber : Kompas, 25.01.14.

[English Free Translation]
State Enterprises Minister (Menteri BUMN) Dahlan Iskan inaugurated the revitalization of the railway line to the Port of Panjang, Bandar Lampung, and checked modernization of the dry bulk terminal. Interconnection between the port and the railway line is believed to reduce the cost of logistics from Port of Panjang to the several areas in Sumatera or otherwise.

Sunday, February 2, 2014

[KU-033/2014] Perusahaan Tambang Batu Bara di Lahat Tak Peduli Pendidikan

SRIPOKU.COM, LAHAT - Meski di Kabupaten Lahat cukup banyak terdapat perusahaan tambang batubara, namun hampir semua sama sekali tidak peduli dengan dunia pendidikan. Hal tersebut dikeluhkan Dinas Pendidikan Kabupaten Lahat, yang sangat berharap perusahaan bisa membantu berbagai kekurangan yang terjadi. Namun justru berbagai permohonan yang mereka ajukan, tidak pernah ada realisasi.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lahat Drs Cholil Mansyur yang ditemui Selasa (28/1/2014) menjelaskan, Pemerintah Kabupaten Lahat terus berusaha untuk meningkatkan kualitas dunia pendidikan di Kabupaten Lahat. Anggaran dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) juga dimaksimalkan, sehingga berbagai hal yang belum maksimal bisa tertutupi.

Namun tetap saja masih banyak terdapat kekurangan, karena keterbatasan dana yang tersedia, terutama dari infrastruktur serta sarana dan prasarana. Baik berupa gedung sekolah, meja dan kursi belajar, hingga peralatan dan perlengkapan pendukung untuk menunjang proses belajar mengajar. Hal tersebut terjadi terutama di daerah terpencil, dan jauh dari pusat Kota.

Untuk mengatasi hal tersebut, pihaknya mencoba memaksimalkan keberadaan perusahaan tambang batubara yang ada di Kabupaten Lahat. Dengan harapan managemen bisa menyalurkan dana corporate social responsibility (CSR) atau sejenisnya, untuk kepentingan dunia pendidikan. Namun berkali-kali usulan yang mereka ajukan tidak digubris, dan hingga kini tidak ada kabar sama sekali.

Padahal mereka sebelumnya sangat berharap, perusahaan peduli dengan dunia pendidikan. Apalagi jumlahnya cukup banyak, dan memiliki kewajiban menyalurkan dana CSR kepada masyarakat. Sehingga bisa membantu dunia pendidikan, meskipun kadarnya tidak terlalu banyak.

"Kami sudah mengajukan berkali-kali, tapi tidak ada jawaban. Padahal sudah sesuai instruksi kepala daerah," ujar Drs Cholil Mansyur.

Sumber : Sriwijaya Post, 28.01.14.

[English Free Translation]
Although in Lahat regency there are quite a lot of coal mining companies, but almost all not too concerned with education. It complained by Lahat District Education Office, which is hoping the company can help a variety of deficiencies that occur. But instead they pose any appeal, there has never been realized. Oo ... oohh ..

Saturday, February 1, 2014

[KG-032/2014] Kunker Diropsar KALOG Ke Surabaya - 30/01/14

JaKaRTa: Disela-sela kesibukan sebagai Direktur Operasi & Pemasaran (Diropsar) baru di PT Kereta Api Logistik (KALOG) dan juga kini dipercaya menjabat PYMT Direktur Utama, sepeninggal Rustam Harahap yang tutup usia pada tanggal 12/01/2014 lalu.

Hari-hari Dwiyana Slamet Riyadi (kerap disapa dengan panggilan Edo) selaku Diropsar cukup menyita waktu. Diakuinya, selain harus mendalami bisnis logistik dibanding waktu sebelumnya, Dwiyana juga “blusukan” menjelajah wilayah operasi KALOG.

Pada kunjungan kemarin, Diropsar ditemani VP Operational, VP Infrastruktur, GM B-KALOG dan Advisor Legal. Juga didampingi pejabat PT KAI setempat. Kunjungan sehari penuh tersebut mencakup area stasiun Waru, stasiun Kalimas dan Benteng Miring.

Bravo !

Sumber : KALOG.

[English Free Translation]
On Thursday 30/01, Director of Operations & Marketing PT KALOG, Dwiyana Slamet Riyadi carry the day courtesy call to Surabaya to review the activities in Waru, Kalimas and Benteng Miring in Suarabaya, East Java.

[KU-179/2021] Dirut KAI Commuter Mukti Jauhari Tutup Usia

  Bisnis.com, JAKARTA - Keluarga besar KAI Group khususnya KAI Commuter hari ini berduka. Direktur Utama KAI Commuter Mukti Jauhari meningg...