Friday, August 28, 2020

[KU-241/2020] Jalur Kereta Api Klakah-Pasirian Disurvei Dishub Jatim, Akankah Diaktifkan Lagi ?

 


Beberapa hari lalu, Dinas Perhubungan Jawa Timur, Balai Teknik Perkeretapian Kementerian Perhubungan. PT. KAI Jember dan PT. INKA melakukan survei jaur kereta api Klakah-Pasirian, yang ditutup sejak tahun 1988 lalu.

Plt. Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Lumajang Nugraha Yudha M.Si kepada Jatimtimes mengatakan, survei ini dilakukan, salah satu tujuannya untuk mejajaki kemungkinan diaktifkannya kembali jalur kereta api Klakah-Pasirian.

"Ya salah satu tujuannya itu. Tapi ini memang baru tahap awal. Jadi ada rencana untuk menghidupkan kembali jalur kereta api dari Klakah ke Pasirian, dan dari Lumajang ke Rambipuji melalui jalur selatan," kata Nugraha Yudha kepada Jatimtimes.com.

Usai melakukan survei pada jalur Klakah Pasirian, rombongan dari Dinas Perhubungan ini, juga bertemu dengan Bupati Lumajang H. Thoriqul Haq di Pemkab Lumajang. Belum kami peroleh konfirmasi terkait hasil pertemuan itu.

Walau demikian, Sekda Lumajang Drs. Agus Triono, M.Si menyatakan dukungannya jika angkutan kereta api dari Pasirian ke Klakah diaktifkan kembali.

"Kalau kami dari Pemkab tentu sangat mendukung kalau kereta api dari Pasirian ke Klakah kembali diaktifkan. Karena ini akan menjadi alternativ bagi angkutan umum menuju ke stasiun Klakah," kata Sekda Lumajang Agus Triono.

Menurut Agus Triono, belakangan ini angkutan umum berupa MPU jumlahnya mulai berkurang. Belum lagi dari sisi ketepatan waktu, kereta api lebih pasti jam berangkatnya.

"Kami ingin secepatnya diaktifkan jika memang bisa untuk angkutan barang dan orang. Dari sisi ketepatan, kereta api lebih tepat jam berangkat dan kedatangannya. Saya yakin akan sangat diminati," kata Sekda Lumajang kemudian.

Sumber : Jatim Times, 28.08.20.

[English Free Translation]

A few days ago, the East Java Transportation Service, Railway Engineering Center of the Ministry of Transportation. PT. KAI Jember and PT. INKA conducted a survey of the Klakah-Pasirian railway line, which was closed since 1988. What's the good news?

1 comment:

  1. menang dengan mudah bermain di IONQQ
    ayo segera daftar dan coba
    WA; +855 1537 3217

    ReplyDelete

[KU-179/2021] Dirut KAI Commuter Mukti Jauhari Tutup Usia

  Bisnis.com, JAKARTA - Keluarga besar KAI Group khususnya KAI Commuter hari ini berduka. Direktur Utama KAI Commuter Mukti Jauhari meningg...