Wednesday, August 19, 2020

[KU-232/2020] Libur Panjang, KAI Tambah Rute ke Malang Hingga Surabaya

 

Jakarta, CNN Indonesia -- PT Kereta Api Indonesia (Persero) menambah beberapa perjalanan KA dengan rute dari Jakarta dan Bandung menuju Malang, Purwosari, hingga Surabaya. Penambahan dilakukan untuk menyambut libur panjang akhir pekan pada 19-23 Agustus 2020.

"KAI menambah perjalanan kereta api dalam rangka menyambut libur Tahun Baru Islam dan cuti bersama akhir pekan ini," ujar VP Public Relations KAI Joni Martinus dalam keterangan resmi, Rabu (19/8).

Joni merinci penambahan perjalanan dilakukan untuk KA Gajayana dengan rute Gambir-Malang PP, KA Jayabaya rute Pasar Senen-Malang PP, dan Jaka Tingkir rute Pasar Senen-Purwosari PP.

Lalu, berlaku di KA Dharmawangsa rute Pasar Senen-Surabaya Pasarturi PP, KA Harina rute Bandung-Surabaya Pasarturi PP, KA Pasundan rute Kiaracondong-Surabaya Gubeng PP, dan berbagai KA dengan tujuan kota-kota lainnya.

Dengan penambahan jumlah perjalanan, operasional kereta KAI akan mencapai 260 kereta per hari. Jumlahnya meningkat sekitar 21 persen dari 215 kereta per hari pada periode yang sama pada pekan sebelumnya.

Khusus perjalanan KA Jarak Jauh, jumlah rata-rata kereta yang beroperasi mencapai 88 kereta per hari. Jumlahnya meningkat 49 persen dari 59 kereta per hari.

"Dengan adanya hari libur yang berdekatan ini, minat masyarakat untuk naik kereta api terus tumbuh dari hari ke hari," ucapnya.

Joni mengatakan jadwal lengkap operasional dan pemesanan tiket kereta berdasarkan rute bisa dilihat di aplikasi KAI Access, situs resmi, dan seluruh saluran penjualan resmi tiket KAI lainnya. Pemesanan pada loket di stasiun hanya dilayani tiga jam sebelum jadwal keberangkatan.

Sementara pada libur akhir pekan lalu yang bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) yang diperingati setiap tanggal 17 Agustus, jumlah penumpang kereta juga meningkat. Tercatat, jumlah penumpang mencapai 266.424 orang pada 14-17 Agustus 2020.

Jumlahnya meningkat 29 persen dari 207.297 orang pada periode yang sama pada pekan sebelumnya. Sedangkan jumlah penumpang KA Jarak Jauh naik sekitar 45 persen dari 59.436 orang menjadi 85.983 orang

Jumlah penumpang KA lokal ikut naik 22 persen dari 147.861 orang menjadi 180.441 orang. KAI menghimbau penumpang tetap menjalankan protokol kesehatan nasional seperti mencuci tangan, menggunakan masker, dan menjaga jarak.

Sumber : CNN Indonesia, 19.08.20.

[English Free Translation]

PT Kereta Api Indonesia (Persero) added several train trips with routes from Jakarta and Bandung to Malang, Purwosari, and Surabaya. Additions were made to welcome the long weekend on August 19-23, 2020.

No comments:

Post a Comment

[KU-179/2021] Dirut KAI Commuter Mukti Jauhari Tutup Usia

  Bisnis.com, JAKARTA - Keluarga besar KAI Group khususnya KAI Commuter hari ini berduka. Direktur Utama KAI Commuter Mukti Jauhari meningg...