Monday, April 20, 2020

[KU-111/2020] Kereta Api India Sementara Diubah jadi Rumah Sakit Pasien


TEMPO.CO, Jakarta - Kereta api di India akan diubah menjadi rumah sakit untuk menampung pasien virus corona (Covid-19). Pengubahan fungsi sementara itu ditetapkan setelah jaringan kereta api menunda semua layanan perjalanan penumpang.

Mulai pengujung Maret, layanan kereta api di India tak lagi mengangkut penumpang, seperti dilaporkan Independent, belum lama ini, “Bersiap untuk melawan virus corona dalam sebuah inisiatif baru telah mengubah kereta api menjadi ruang isolasi untuk pasien Covid-19,” kata Menteri Perkeretaapian dan Perdagangan India, Piyush Goyal.

Operator layanan kereta Indian Railways, menjelaskan rencana mengubah gerbong menjadi ruang isolasi. Pengubahan itu berarti pula dilengkapi tempat tidur, posko perawat, kabin dokter, dan ruang persediaan peralatan medis.

Setiap gerbong bisa menampung 16 pasien. Setelah diubah, gerbong kereta akan melakukan perjalanan ke berbagai tempat yang membutuhkan layanan perawatan. Tambahan untuk perawatan itu di seluruh jaringan 7.349 stasiun naungan Indian Railways, yang keseluruhan mencakup 67.368 kilometer lintasan rel.

Penggunaan gerbong tidak berfungsi penuh sebagai rumah sakit. Tetapi, hanya digunakan untuk merawat pasien Covid-19 yang keadannya tidak terlalu kritis.

Mengutip Travel and Leisure, Indian Railways telah menunda layanan perjalanan sebagai bagian dari karantina hingga 14 April. Gerbong kereta menjadi fasilitas karantina prototipe atau model mula.

Pengubahan gerbong kereta itu untuk membantu mengurangi kepadatan rumah sakit di seluruh India. Namun dalam keadaan darurat itu, tempat tidur dalam gerbong juga dibatasi jarak. Setidaknya minimal 1 meter antar tempat tidur.

Sumber : Tempo, 08.04.20.

[English Free Translation]
Trains in India will be converted into hospitals to accommodate corona virus patients (Covid-19). The temporary change of function was established after the train network suspended all passenger travel services. Well, it’s a good initiative.

No comments:

Post a Comment

[KU-179/2021] Dirut KAI Commuter Mukti Jauhari Tutup Usia

  Bisnis.com, JAKARTA - Keluarga besar KAI Group khususnya KAI Commuter hari ini berduka. Direktur Utama KAI Commuter Mukti Jauhari meningg...