Tuesday, April 14, 2020

[KU-105/2020] Kepala Daerah Bodebek Minta KRL Dihentikan Selama PSBB


Bogor - Para kepala daerah Bogor, Depok dan Bekasi (Bodebek) mengusulkan agar operasional Kereta Rel Listrik (KRL) dihentikan sementara selama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) diberlakukan di daerah tersebut. Penghentian operasional KRL itu diharapkan dapat berlangsung selama 14 hari.

Usulan penghentian sementara operasional KRL tersebut disampaikan dalam rapat pimpinan lima daerah di Bodebek bersama PT KAI dan PT KCI selaku operator commuter line pada Senin (13/4) sore. "Lima kepala daerah di Bodebek memberikan opsi kepada PT KCI dan PT KAI sebagai operator KRL untuk penghentian sementara kereta api selama 14 hari masa pemberlakuan PSBB," kata Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim, Selasa (14/4/2020).

Menurut dia, usulan penghentian sementara operasional KRL ini agar PSBB yang akan diterapkan di Kota dan Kabupaten Bogor, Kota Depok, Kota dan Kabupaten Bekasi dapat berjalan efektif. Usulan tersebut akan disampaikan melalui surat resmi kepada Menteri Perhubungan, Gubernur DKI Jakarta dan Gubernur Jawa Barat.

"Hal ini dimaksudkan agar efektivitas Pembatasan Sosial Skala Besar tercapai dan upaya menurunkan resiko penyebaran COVID-19 berhasil secara kualitatif dan kuantitatif," ujar Dedie.

Jika KRL tetap beroperasi selama PSBB, tutur Dedie, tujuan diberlakukan PSBB bakal sulit tercapai. Sebab, dia menjelaskan, social distancing sebagai upaya pencegahan penyebaran COVID-19 akan susah terwujud di dalam KRL.

Selain itu, Dedie meminta agar pemerintah DKI Jakarta dapat secara tegas menyetop sementara aktivitas perkantoran selain sektor-sektor yang dikecualikan.

"Kalau saja ini dilakukan langkah-langkah tegas tentu mobilitas warga dari Bogor, Depok dan Bekasi yang kerja di Jakarta bisa ditekan," ucap Dedie.

Sekadar diketahui, PSBB di Kota dan Kabupaten Bogor mulai diterapkan pada Rabu (15/4/2020). PSBB diberlakukan sebagai upaya untuk menekan penyebaran virus Corona atau COVID-19.

Sumber : detikNews, 14.04.20 / Foto : Tempo.

[English Free Translation]
The regional heads of Bogor, Depok and Bekasi (Bodebek) proposed that the operation of the Electric Railway / KRL be suspended while the Large-Scale Social Restrictions (PSBB / Pembatasan Sosial Berskala Besar) were imposed in the area. Termination of KRL operations is expected to last for 14 days.

No comments:

Post a Comment

[KU-179/2021] Dirut KAI Commuter Mukti Jauhari Tutup Usia

  Bisnis.com, JAKARTA - Keluarga besar KAI Group khususnya KAI Commuter hari ini berduka. Direktur Utama KAI Commuter Mukti Jauhari meningg...