Monday, March 23, 2020

[KU-083/2020] Efek Corona, Kemenhub Sebut Program Mudik Gratis Dibatalkan


Jakarta, CNN Indonesia -- Kementerian Perhubungan menyatakan seluruh program mudik gratis tahun ini dibatalkan. Keputusan tersebut diambil sebagai langkah antisipasi pemerintah meminimalisir penyebaran virus corona.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi mengungkapkan pembatalan ini berlaku untuk seluruh instansi, baik kementerian/lembaga (K/L), badan usaha milik negara (BUMN), dan perusahaan swasta.

"Betul dibatalkan karena untuk keselamatan bersama, ini termasuk yang BUMN," tutur Budi kepada CNNIndonesia.com, Senin (23/3).

Nantinya, Kementerian Perhubungan akan mengeluarkan surat edaran (se) terkait larangan program mudik gratis ini. Namun, Budi belum memastikan kapan tepatnya surat itu diterbitkan.

"Saya akan keluarkan edaran untuk tidak buat fasilitas mudik gratis. Swasta juga nanti saya kirim surat edaran untuk dukung kebijakan pemerintah tentang social distancing," jelas Budi.

Sebelumnya, Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengimbau masyarakat tak mudik pada Lebaran tahun ini di tengah penyebaran virus corona yang semakin meluas di Indonesia.

"Menurut saya saat ini menjaga diri itu lebih dianjurkan, silaturahmi (mudik lebaran) itu baik tapi menjaga diri jangan sampai berbuat sesuatu yang merugikan itu lebih baik," kata Ma'ruf.

Dia memahami bila ada masyarakat cemas tak bisa pulang ke kampung halaman masing-masing saat libur lebaran nanti. Jika terpaksa mudik, ia meminta masyarakat menjaga diri dari kemungkinan potensi penularan virus corona di kampung halaman.

"Kalau memang harus terpaksa mudik, pastikan bisa menjaga diri dari kemungkinan potensi penularan di sana," kata dia.

Merespons pernyataan Ma'ruf pada pertengahan Maret lalu, Kementerian Perhubungan pun langsung melakukan rapat untuk menindaklanjuti program mudik gratis yang biasanya diselenggarakan setiap tahun.

Budi menyatakan nilai lelang mudik gratis pada tahun ini sebesar Rp36 miliar. Bila program ini dibatalkan, dana itu bisa dialihkan untuk kegiatan lain.

"Kalau misalnya kayak begitu, tidak dilaksanakan, kan ada di ketentuan, kalau terjadi force majeure bisa digagalkan," ucap Budi.

Sementara, khusus Kementerian Perhubungan setiap tahunnya menyediakan fasilitas mudik gratis lewat tiga moda transportasi, yaitu kereta api, bus, dan kapal. Pendaftaran peserta mudik tahun ini seharusnya dilakukan pada 23 Maret 2020, namun jadwal itu ditunda.

Sumber : CNN Indonesia, 23.03.20.

[English Free Translation]
The Ministry of Transportation (MoT) said that all free homecoming programs (read : mudik gratis) this year were canceled. The decision was taken as a step in anticipation of the government to minimize the spread of the corona virus. Absolutely Agree.

No comments:

Post a Comment

[KU-179/2021] Dirut KAI Commuter Mukti Jauhari Tutup Usia

  Bisnis.com, JAKARTA - Keluarga besar KAI Group khususnya KAI Commuter hari ini berduka. Direktur Utama KAI Commuter Mukti Jauhari meningg...