Thursday, September 6, 2012

[KU-220/2012] Gubernur Sumsel : 9 SPBU Tetap Tidak Boleh


SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Gubernur Sumsel H Alex Noerdin mengatakan, angkutan batubara boleh membeli bahan bakar minyak (BBM) bersubdisi, kecuali disembilan SPBU yang sudah ditetapkan Pertamina, yakni 3 di Lahat, 3 di Muaraenim, 2 di Prabumulih dan 1 di Palembang.

Penegasan tersebut menyikapi aksi unjuk rasa yang dilakukan ribuan sopir angkutan batu bara di halaman Kantor Gubernur Sumsel, Rabu (5/9/2012).

“Kita sudah bicarakan ini dengan pihak Pertamina. Kesimpulannya ya itu tadi, angkutan batubara tetap tidak boleh mengisi BBM bersubsidi di 9 SPBU. Cirinya ada spanduk pelarangan,” ujar Alex saat menemui para pengunjuk rasa.

Saat itu ribuan sopir mendatangi Kantor Gubernur Sumsel untuk minta perhatian mengenai pelarangan kendaraan pertambangan dan perkebunan menggunakan BBM bersubsidi. Massa menilai, kebijakan ini sangat tidak adil karena dianggap sudah terjadi salah kaprah mengenai aturan ini.

Kordinator Massa, Deli Lani mengatakan, jika yang dilarang itu kendaraan operasional pertambangan yang memang milik perusahaan, itu sangat wajar dan memang sudah seharusnya demikian. Tapi ribuan mobil yang ada ini adalah milik pribadi masyarakat sekitar yang didapat melalui cicilan dengan menggadaikan tanah. Sementara penghasilan mereka dari menyewakan truk ke pihak perusahaan hanya menghasilkan Rp 1.160 ribu per 10 ton.

“Kalau kami harus menggunakan BBM nonsubsidi seharga Rp 10.900 jelas kami keberatan,” ujarnya.

Untuk alasan ini pula, pihaknya mendatangi kantor gubernur untuk menyampaikan aspirasi. Agar segera ditanggapi, pihaknya membawa truk batu bara dan memarkirnya di sekeliling kantor gubernur hingga menutup semua akses jalan disekitar.

Sumber : Sriwijaya Post, 05.09.12.

Rujukan sebelumnya, baca [KU-219/2012] Truk Batubara Kepung Kantor Gubernur Sumsel.

[English Free Translation]
South Sumatera Governor, H. Alex Noerdin said coal transportation may purchase subsidies fuel oil (BBM), except in nine predefined Pertamina petrol stations, ie 3 in Lahat, 3 in Muaraenim, 2 in Prabumulih and 1 in Palembang.

No comments:

Post a Comment

[KU-179/2021] Dirut KAI Commuter Mukti Jauhari Tutup Usia

  Bisnis.com, JAKARTA - Keluarga besar KAI Group khususnya KAI Commuter hari ini berduka. Direktur Utama KAI Commuter Mukti Jauhari meningg...