Saturday, April 7, 2012

[KU-096/2012] Jembatan Selat Sunda : Draft Perjanjian Studi Kelayakan Rampung


JAKARTA: Draft perjanjian pelaksanaan studi kelayakan proyek Jembatan Selat Sunda (JSS) antara pemerintah dan konsorsium PT Graha Banten Lampung Sejahtera, telah rampung disusun dan tinggal menunggu persetujuan dari Menteri Keuangan.

Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto mengatakan keputusan tersebut ditargetkan keluar dalam satu pekan kedepan. Selanjutnya, pemerintah akan segera menegosiasi dengan konsorsium untuk kesepakatan perjanjian sebelum diteken bersama.

“Draftnya sudah dibahas tadi, dengan wakil menteri PU, wamen Keuangan, Wamenhub, dan Dirjen yang terkait menjadi penanggung jawab dalam proyek tersebut," ujarnya di Jakarta, Kamis, 22 Maret 2012.

Dia memastikan pelaksanaan studi kelayakan akan tetap berjalan selama 24 bulan, sampai kepastian proyek dinyatakan layak atau tidaknya untuk dibangun. Jika proyek layak dilanjutkan, maka diharapkan studi kelayakan bisa langsung dimulai pada April 2012.

Apalagi, katanya, Perpres pembentukan konsorsium itu sudah ditetapkan sejak Desember 2011 lalu, yang menetapkan Provinsi Lampung, Banten dan PT Bangun Graha Sejahtera Mulia sebagai pelaksana studi kelayakan.

Konsorsium, juga ditugaskan untuk menghitung ulah besaran investasi dan tingkat pengembalian investasi proyek senilai Rp100 triliun tersebut. Karena diperkirakan angka meningkat menyusul rencana pengembangan kawasan di kedua wilayah tersebut.

Pembangunan JSS ini rencananya akan dibangun sepanjang 29 kilometer dengan menghubungkan Provinsi Lampung dan Banten. Rencananya jembatan akan terkoneksi dengan tol Jakarta-Merak di Banten, dan tol Bakaheuni-Tengineneng yang masalah dalam persiapan.(msb)

Sumber : Bisnis Indonesia, 23.03.12.

Rujukan berita sebelumnya, baca [KU-085/2012] Jalan Tol : Trans Sumatera High Grade Butuh Waktu, edisi tanggal 28/03/2012.

[English Free Translation]
Draft agreement related with implementation feasibility study of Sunda Strait Bridge or Jembatan Selat Sunda (JSS) project, between the government and a consortium of PT Graha Banten Lampung Sejahtera, has been prepared and completed just waiting for approval from the Minister of Finance.

No comments:

Post a Comment

[KU-179/2021] Dirut KAI Commuter Mukti Jauhari Tutup Usia

  Bisnis.com, JAKARTA - Keluarga besar KAI Group khususnya KAI Commuter hari ini berduka. Direktur Utama KAI Commuter Mukti Jauhari meningg...