Saturday, March 31, 2012

[KU-089/2012] Kereta Api : KAI Bangun Rel Ganda Di Prabumulih-Tanjung Enim Baru


PALEMBANG: PT Kereta Api Indonesia membangun rel ganda kereta api lintas Prabumulih-Tanjung Enim Baru Sumatra Selatan sepanjang 100 km senilai Rp800 miliar.

Investasi pembangunan prasarana kereta api (KA) untuk umum ini merupakan yang pertama kali dilakukan PT Kereta Api Indonesia (KAI) yang dibiayai dari internal perusahaan.

Kepala PT KAI Divisi Regional III Sumatra bagian Selatan S. Suseno mengatakan pembangunan jalur rel ganda yang dimulai dari X6 (pertemuan antara jalur KA lintas Kertapati dan Tanjung Karang) menuju Tanjung Enim Baru tersebut untuk melengkapi rel yang sudah ada, sehingga yang tadinya satu jalur (single track) menjadi dua jalur (double track).

"Ini adalah investasi pertama PT KAI dalam pembangunan prasarana KA yang selama ini pendanaannya dari pemerintah," katanya ketika mendampingi Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono meninjau sarana dan prasarana perkeretaapian di Palembang, Kamis, 29 Maret 2012.

"Untuk 20 km yang sedang konstruksi pada April sudah bisa dioperasikan, adapun 80 km lainnya konstruksi tahun ini dan akan beroperasi pada 2015," kata Suseno.

Dari target 100 km jalur ganda sepanjang Prabumulih-Tanjung Enim Baru, imbuh Suseno, yang tengah konstruksi baru sepanjang 20 km yakni dari Penimbur (Prabumulih)-Niru sedangkan dari Niru-Tanjung Enim Baru sepanjang 80 km sedang proses tender.

Suseno mengatakan dengan menjadi jalur KA ganda, PT KAI bisa meningkatkan kapasitas lintas perjalanan KA. Saat ini, kapasitas lintas per hari hanya 60 rangkaian KA yang masing-masing terdiri dari 40-44 gerbong KA.

Ketika rel ganda, kapasitas lintas bertambah tiga kali lipat menjadi 180 rangkaian KA per hari. Jalur KA itu mayoritas melayani KA barang (petikemas) dan sebagian KA penumpang.

Investasi per km di luar elektrifikasi sekitar Rp7 miliar - Rp8 miliar, sedangkan elektrifikasi Rp3 milliar per km.

Pendanaan sepenuhnya dari internal perusahaan sebagai bentuk investasi, dari pinjaman perbankan cuma yang tahu pasti itu PT KAI Pusat. "Kami mendapat izin membangun rel KA ini dari Menteri Perhubungan karena memang penggunaanya untuk khusus angkutan barang," kata dia.(msb)

Sumber : Bisnis Indonesia, 29.03.12. Foto : RAM.

[English Free Translation]
PT Kereta Api Indonesia (KAI) to build a double track railway across Tanjung Enim Baru - Prabumulih, South Sumatera along 100 miles worth Rp800 billion. This is for the first time railway infrastructure investment for public, financed from internal sources.

No comments:

Post a Comment

[KU-179/2021] Dirut KAI Commuter Mukti Jauhari Tutup Usia

  Bisnis.com, JAKARTA - Keluarga besar KAI Group khususnya KAI Commuter hari ini berduka. Direktur Utama KAI Commuter Mukti Jauhari meningg...