Tuesday, March 13, 2012

[KU-071/2012] BUMN Transportasi : Penggabungan Mulai Dirintis

JAKARTA: Kementerian Perhubungan mendukung sepenuhnya akusisi Perum Damri dan Perum PPD oleh PT Kereta Api Indonesia yang akan mulai dirintis pada tahun ini. Sinergisitas antar-BUMN transportasi ini akan dijadikan armada antarmoda.

“Kami sangat mendukung penggabungan perusahaan BUMN transportasi ini, kita mulai rintis tahun ini juga,” kata Menteri Perhubungan EE Mangindaan, Selasa, 13 Maret 2012.

Dia menambahkan meskipun rencana akuisisi itu melibatkan antar moda, pihaknya optimistis hal itu akan lebih menyinergikan operasional PT Kereta Api Indonesia (KAI).

Menhub menyontohkan sudah saatnya kereta masuk bandara, kereta masuk pelabuhan, dan kereta masuk terminal yang diharapkan terealisasi pada 2013.

Sinergitas antara KAI, PPD dan Damri, kata Mangindaan, kedepannya dibutuhkan pembangunan prasarana dan sarana seperti sarana kereta api Bandara Kuala Namu di Medan yang digarap KAI. Demikian juga proyek rel kereta api Bandara Soekarno-Hatta melalui Manggarai, Jakarta.

Pemerintah juga merencakan realisasinya pada tahun ini dan menunggu hasil penelitian persiapan penambahan rel dari single track menjadi double track.

“Damri yang selama ini menjadi perusahaan BUMN terbesar yang menangani angkutan darat bandara pastinya akan berbagi tugas dengan PT KAI. Jadi, tak ada persaingan usaha yang tercipta,” katanya. (ra)

Sumber : Bisnis Indonesia, 13.03.12.

Informasi terkait, baca [KU-060/2012] PT KAI Akan Mengambil Alih Damri dan PPD.

[English Free Translation]
Ministry of Transport supports the full acquisition Perum Damri and Perum PPD by PT. Kereta Api  Indonesia (KAI) will be initiated this year. Synergy of inter-state transport fleet will be used as intermodal in the country. Related issue, please read more [KU-060/2012] PT KAI Akan Mengambil Alih Damri dan PPD.

No comments:

Post a Comment

[KU-179/2021] Dirut KAI Commuter Mukti Jauhari Tutup Usia

  Bisnis.com, JAKARTA - Keluarga besar KAI Group khususnya KAI Commuter hari ini berduka. Direktur Utama KAI Commuter Mukti Jauhari meningg...