Tuesday, June 24, 2014

[KG-172/2014] Direksi KALOG “Kepung” Surabaya


SuRaBaYa: Direksi PT Kereta Api Logistik (KALOG) hari ini mengepung Kota Surabaya dan menyebar ke 2 (dua) lokasi berbeda. Direktur Utama dan Direktur Operasi & Pemasaran menerima undangan rapat menilik potensi Teluk Lamong dan Direktur Keuangan menyambangi Kalimas.



Pertemuan pertama di Teluk Lamong, Dirut dan Diropsar ditemani oleh VP Corporate Planning & Biz Development serta Manager Area Kalimas, Surabaya (foto 1, atas). Sedangkan Dirkeu rapat di Kalimas, bersama tim JO Bumi KALOG serta menyempatkan mampir menengok tim KALOG KLM (foto 2, bawah).


Sebelum kembali, Dirkeu sempat berfoto bersama tim KALOG Kalimas. Sore ini semua direksi berencana kembali ke Jakarta. Hasil rapat, biarlah menjadi konsumsi internal KALOG saja. Siiiiip !

Sumber : KALOG / Foto : RAM - Edi Sudiarto

[English Free Translation]
Today, Directors of PT Kereta Api Logistik (KALOG) laid siege to the city of Surabaya and spread to two (2) different locations. Managing Director and Director of Operations & Marketing accept a meeting invitation to consider the potency of Lamong Bay and Director of Finance visited Kalimas.

Monday, June 23, 2014

[KA-171/2014] Dirut PT KAI : Satu Lagi Landmark Dari KAI


JAKARTA: Setelah Stasiun Medan, Penertiban 71 stasiun di JABODETABEK,  E-gate KRL Jabodetabek, Control Room KCJ, 50 Lok CC205 dan 100 Lok CC 206, serta ribuan KKBW, ratusan KRL, KA Bandara Kuala Namu, SAP dan belasan stasiun baru dan partial double track di Sumbagsel, Customer Service dan Call Center 121, Penataan Aset, maka sekarang kita bisa melihat kantor modern KAI yang pertama kali yaitu Kantor Daop 1 di Stasiun Cikini.

Saya menghaturkan terima kasih kepada EAB dan staf serta KAPM yang bekerja dengan baik sehingga bisa terwujudnya kantor KAI yang dapat menjadi percontohan yang luar biasa ini.

Saya minta agar jajaran Daop 1 wajib menjaganya dengan baik dan bersih serta rapi termasuk lingkungannya.

Berikutnya adalah pembenahan Kantor Divre 3 serta Kantor Subdiv 3.2 Tnk yang perlu dipoles serta pembangunan kantor modern Subdiv 3.1 diluar Kertapati dalam tahun ini. Direktur Logistik agar menjadi penanggungjawab atas. Ketiga hal ini, saya harap semua terjadi dalam tahun ini.

Namun, landmark KAI  yang sesungguhnya saya harapkan adalah kultur keselamatan, ketepatan waktu, disiplin dan tertib serta semangat melayani dari seluruh insan KAI.

Selamat sekali lagi.

Sumber : Ignasius Jonan, 22.06.14 / Foto : Myrna.

[English Free Translation]
President Director of PT Kereta Api Indonesia (Persero) Ignasius Jonan specifically mentions the inauguration of the new office Daop 1 Cikini as the latest landmark among so many successful achievements made ​​by the national railway company at this time. Amazing !

Sunday, June 22, 2014

[KG-170/2014] KALOG Galakkan Angkutan Kontainer, Semen, Kurir

JaKaRTa: Bulan Juni ini bakal menjadi bulan yang cukup sibuk dibanding bulan-bulan sebelumnya. Pasalnya, sejumlah angkutan baru maupun penambahan relasi, maujud di pertengahan tahun ini. Ibaratnya, moda kereta api (KA) tengah digandrungi.

Pertama, yang sudah mulai berjalan awal bulan ini yakni angkutan semen PT Bosowa di relasi Banyuwangi - Kalimas, Surabaya. Kemudian tak lama kemudian menyusul angkutan air mineral "Aqua" dari Cicurug (Sukabumi) - Jakarta Gudang (Jakarta).

Ke-2, pemindahan layanan angkutan kontainer ke lahan yang baru dibangun di Stasiun Kalimas, Surabaya, efektif tgl 20/06. Lahan ini dibangun oleh pihak PT Kereta Api Logistik (KALOG) bekerjasama dengan pihak swasta. Layanan yang akan dipindah yakni “KALOG 3” dan “KALOG 4”. Stasiun yang selama ini digunakan yakni Stasiun Benteng, sekitar 2km dari lokasi Kalimas.

Ke-3, dalam waktu dekat, produsen semen PT Indocement Tunggal Prakarsa (ITP) Tbk segera akan mengoperasikan rute baru dari : Nambo-Banyuwangi, Nambo-Brambanan dan Nambo-Cisaat.

Yang langsung mendapat prioritas dijalankan terlebih dahulu yakni Nambo - Brambanan (NMO - BBN), efektif per tgl 20/06. Yang lainnya segera menyusul. Liputan peresmian rute NMO - BBN, silahkan simak [KG-168/2014]Peluncuran KA Angkutan Semen ITP Relasi NMO-BBN.

Ke-4, info menggembirakan datang dari divisi BHP Kurir. Kabarnya, terhitung KALOG bakal mendapat KA tambahan, yakni KA Kahuripan – terhitung 23/06/14 (relasi BD-KD 5 ton), KA Bima – 30/06 (relasi MRI-ML 20 ton) dan KA Mutsel – 30/06 (relasi BD-SBK 20 ton).  

Semoga bisnis PT KALOG terus berkembang dan semakin sukses!

Sumber : KALOG.

[English Free Translation]
June will be the busiest month during 2014 due to so many new projects are executed, ranging from  Aqua project, Tiga Roda cement, container until courier service. Congrats !

Saturday, June 21, 2014

[KA-169/2014] Peresmian Kantor Daop 1 + Ultah Dirut PT KAI

JaKaRTa: Sabtu 21/06, dilaksanakan peresmian kantor baru Daop 1 Jakarta – PT Kereta Api Indonesia (Persero) di Stasiun Cikini, Jakarta. Disaat bersamaan diadakan peluncuran buku “Neverending Improvement”.

Seperti biasa, ada sambutan dari Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero), Ignasius Jonan. Kemudian dilanjutkan penandatanganan prasasti, peluncuran buku sampai bagi-bagi buku. Salah satu yang beruntung adalah Dirut PT Pelni, Sulistyo Wimbo Hardjito.  


Di penghujung acara, ada acara syukuran hari jadi Dirut PT KAI yang juga bertepatan dengan acara peresmian kantor Daop 1 Jakarta dan peluncuran buku Neverending Improvement. Lengkapnya, semacam program “3 in 1”.


Singkat kata, top markotop ‘lah. Silahkan menilai dari sisi Pembaca atas prestasi yang sudah dibangun PT KAI sejak Ignasius Jonan menjabat menjadi Dirut. Enjoooooy.



Sumber : Humaska.

[English Free Translation]
Saturday 21/06, held the inauguration new office Daop 1 Jakarta - PT Kereta Api Indonesia (Persero) in Cikini Station, Jakarta. At the same time, was held the launch of the new book with title "Neverending Improvement" and the CEO celebrate his birthday. Complete package 3 in 1 he he he. Congrats !


Friday, June 20, 2014

[KG-168/2014] Peluncuran KA Angkutan Semen ITP Relasi NMO-BBN

NaMBo: Sejak sehari sebelumnya, kesibukan insan perkeretaapian untuk menyambut peluncuran layanan baru, terus dipersiapkan. Mulai dari pemuatan, doa dan syukuran bersama anak yatim hingga run-down acara peluncuran menjelang tengah malam.

Jumat 20/06 menjadi momen bersejarah bagi PT Indocement Tunggal Prakarsa (ITP), PT Kereta Api Indonesia (Persero) dan PT Kereta Api Logistik (KALOG) saat peluncuran KA angkutan semen perdana relasi Nambo - Brambanan (NMO - BBN) diresmikan.

Peresmian dilakukan oleh Komisaris Utama PT KALOG pada pukul 22.30, bersama jajaran Direksi PT KALOG dan Daop 1 Jakarta. Adapun rangkaian KA-nya terdiri dari 18 GD ato setara 720 ton/hari, kode KA 2701 / 2704 dan menempuh jarak 588 km.

Selamat dan sukses.


Sumber : KALOG - PT KAI / Kredit Foto : Humaska.

[English Free Translation]
Friday 20/06 be a historic moment for the PT Indocement Tunggal Prakarsa (ITP), PT Kereta Api Indonesia (Persero) and PT Kereta Api Logistik (KALOG) at the launch of cement transportation in the new route  Nambo - Brambanan (NMO - BBN), was inaugurated.

Thursday, June 19, 2014

[KG-167/2014] Survei Kodja + Pendalaman TUKS


JaKaRTa: PT Kereta Api Logistik (KALOG) saat ini tengah melirik bisnis kepelabuhanan, guna melengkapi layanan jasa logistik yang telah dimilikinya. Bisa bekerjasama dengan pihak ketiga ato bisa juga apa ya ? Kasih tahu gak ya ha ha ha.

Selain itu, KALOG juga dilibatkan mempelajari koneksi jalur kereta api (KA) dari Stasiun Pasoso Jakarta ke area pelabuhan Tanjung Priok (yang ini domainnya PT Kereta Api Indonesia / PT KAI), apakah bisa bermanfaat bagi Pelanggan dalam proses mengirimkan barang atau gimana.

Terminal dimaksud memang akan dipergunakan sendiri, karena daya tampungnya masih kecil. Kedepannya, tidak menutup kemungkinan untuk dikembangkan dan terus dibesarkan. Untuk itu VP Corporate Planning & Biz Development PT KALOG hari Kamis 19/06 kemarin, menghadiri pertemuan di Palembang untuk mendalami sisi perijinan, legal, persyaratan dan lain sebagainya. Total ada 25 peserta Tersus dan TUKS.


Terlepas dari itu semua, sebuah perusahaan membutuhkan inovasi dan komitmen agar dipercaya Pelanggan, guna mengeksekusi produk yang akan dijual dengan memberikan produk layanan terbaik.

Semoga. Sebagai tambahan, kami sertakan berita yang kami pinjam dari sebuah media cetak nasional, terkait dengan niatan mengurangi kemacetan lalu lintas di ibukota Jakarta dan adanya opsi jasa KA masuk ke wilayah pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta.

Selamat menyimak.

Sumber : KALOG / Foto : Edi Sudiarto.

--- quote ---

(Artikel) KAI Siap Ambil Alih Proyek

JAKARTA: PT KAI sedang menjajaki untuk mengambil alih proyek pembangunan jalur KA Sta Pasoso, Jakarta Utara menuju Pelabuhan Tj. Priok senilai Rp 56,9 miliar, yang sekarang ditangani Kemenhub.

Dirut PT KAI mengungkapkan pada prinsipnya KAI siap mengalokasikan dana internal guna membiayai proyek tersebut sehingga tidak membebani APBN. Ditambahkan, VP PR PT KAI mengakui manajemen telah melakukan pembicaraan intensif dengan Ditjenka Kemenhub terkait dengan percepatan & pengambilalihan proyek pembangunan jalur KA tersebut.

Saat dihubungi, Dirjenka Kemenhub Hermanto Dwiatmoko mempersilakan manajemen PT KAI melanjutkan proyek pembangunan jalur KA menuju dermaga Tj. Priok.

Proyek pembangunan jalur KA menuju dermaga di Tj. Priok sudah diprogramkan sejak 2004 & menjadi tanggung jawab Kemenhub. Namun proyek ini masih terkendala masalah pembebasan lahan.

Sumber : Bisnis Indonesia, 19.06.14.

[English Free Translation]
PT Kereta Api Logistik (KALOG) currently glanced port business, in order to complete the logistics services he had. Also studying the impact of railway network connection to the port of Tanjung Priok and other ports in the country.

Wednesday, June 18, 2014

[KU-166/2014] PT. Kereta Api Logistik Incar Distribusi Toyota



JAKARTA:  PT Kereta Api Logistik (KALOG) siap bekerja sama dengan Toyota untuk distribusi mobil produk perusahaan tersebut. Dirop & Marketing PT KALOG, Dwiyana Slamet Riyadi mengatakan, saat ini biaya angkutan mobil dengan KALOG memang masih lebih tinggi dibandingkan dengan truk. Untuk 1 unit mobil, jika menggunakan truk, biayanya sekitar Rp 1,5 juta per unit, namun dengan kereta logistik mencapai Rp 1,8juta.

"Lebih mahal memang. Tapi kami menjamin jika barang akan tiba tepat waktu karena kita mempunyai jadwal yang jelas," ujarnya. Jaminan kepastian kedatangan & kecepatan memang menjadi salah satu andalan kereta logistik. Selama ini, produsen mobil masih belum melirik kereta logistik untuk distribusi produk mereka. Mereka mengandalkan truk untuk distribusi antar kota, padahal truk perlu 2-3 hari untuk menjalani rute Jakarta-Surabaya.

Jika menggunakan kereta logistik, waktu distribusi bisa dipersingkat menjadi 16 jam. Dengan kereta logistik, mobil yang dikirim lebih aman karena dimasukkan dalam kontainer tertutup ukuran 40 feet. 1 kontainer diperkirakan bisa memuat dua mobil Toyota Innova. Namun saat ini, PT KALOG sedang mencari akal akal bisa muat lebih dari 2 unit dengan cara memasang rak khusus dalam kontainer.

"Kami jamin mobil aman. Tak butuh biaya recovery lagi seperti mengecat ulang mobil karena aspal yang menempel atau tergores saat pengiriman," ujarnya. Ia yakin, jika dihitung-hitung secara keseluruhan, maka harga yang ditawarkan oleh PT KALOG lebih murah.

"Kereta logistik memang hanya untuk yang menginginkan kecepatan & keamanan," ujarnya.

Sumber : Tempo, 15.06.14 (disempurnakan dan dilengkapi, editor) / Kredit Foto - Ilustrasi : Michael Taylor.

[English Free Translation]
PT Kereta Api Logistik (KALOG) ready to work with Toyota to distribute the car of the company's product. Director of Operations & Marketing PT KALOG, Dwiyana Slamet Riyadi said the current cost of freight cars is relatively higher than the truck but the timeliness factor going forward, will be a priority.

[KU-179/2021] Dirut KAI Commuter Mukti Jauhari Tutup Usia

  Bisnis.com, JAKARTA - Keluarga besar KAI Group khususnya KAI Commuter hari ini berduka. Direktur Utama KAI Commuter Mukti Jauhari meningg...