Monday, November 9, 2020

[KU-314/2020] Cagar Budaya Depo Lokomotif Jatinegara Dibongkar

 

Jakarta, CNN Indonesia -- Komunitas pelestari menyayangkan proyek pengembangan Stasiun Jatinegara, Jakarta Timur, yang turut membongkar Depo Lokomotif. Pasalnya Depo Lokomotif itu sejatinya adalah cagar budaya.

"Sebenarnya ya kalau saya pribadi dan teman-teman komunitas ya kita menyayangkan," kata Adhitya Hatmawan dari Indonesian Railway Preservation Society (IRPS) saat dihubungi CNNIndonesia.com, Senin (9/11).

Kendati demikian, Adhitya menuturkan pihaknya juga tak bisa menolak langkah tersebut. Sebab, pembongkaran itu bertujuan untuk kepentingan umum yakni pengembangan Stasiun Jatinegara.

"Kita tidak bisa akhirnya mempertahankan juga bangunan itu demi perkembangan zaman, jadi kena juga dengan proyek double-double track itu," ujarnya.

Adhitya mengungkapkan awalnya pihaknya menerima informasi bahwa yang akan dibongkar hanya los bagian luar saja. Namun, ternyata pembongkaran itu dilakukan sampai los bagian dalam.

"Ternyata kena juga bangunan deponya gitu, sampai juga turntable atau pemutar lokomatif itu juga ternyata kena juga, sudah dibongkar juga," ujarnya.

Lebih lanjut, Adhitya berharap agar pihak otoritas terkait, baik PT KAI ataupun Ditjen Perkeretaapian Kemenhub bisa membuat sesuatu untuk mengabadikan depo bersejarah itu.

Tanda pengingat itu, menurut Adhitya bisa ditempat di sebuah sudut di Stasiun Jatinegara ataupun di Depo lokomotif Cipinang. Untuk diketahui, operasional di depo lokomotif Jatinegara saat ini dipindahkan ke depo lokomotif Cipinang.

"Mungkin bisa ada tempat di Stasiun Jatinegara yang baru ataupun di depo Cipinang, tempat atau sudut galeri sejarah atau apa untuk mengingatkan, untuk merekam jejak visualisasi," tutur Adhitya.

Pembongkaran Depo Lokomotif Jatinegara itu sebelumnya memicu polemik di media sosial. Salah satunya lewat kicauan sutradara Fajar Nugros lewat akun twitter terverifikasinya, @fajarnugros.

Pria yang juga dikenal sebagai penggila kereta api itu bahkan mencolek akun twitter Menteri BUMN Erick Thohir menunjukkan foto yang menandakan Depo Lokomotif Jatinegara sebagai bangunan cagar budaya.

Pada plang tersebut tertulis, 'Dipo Lokomotif Jatinegara adalah bangunan cagar budaya milik PT Kereta Api (Persero) yang dilindungi UU RI Nomor 5 tahun 1992 Tentang Cagar Budaya. Dilarang Membongkar, Merusak, Mengganti Keaslian Bangunan Ini'.

Sumber : Bisnis, 09.11.20.

[English Free Translation]

The conservation community regrets the Jatinegara Station development project, East Jakarta, which also dismantled the Locomotive Depot. This is because the locomotive depot is actually a cultural heritage.

No comments:

Post a Comment

[KU-179/2021] Dirut KAI Commuter Mukti Jauhari Tutup Usia

  Bisnis.com, JAKARTA - Keluarga besar KAI Group khususnya KAI Commuter hari ini berduka. Direktur Utama KAI Commuter Mukti Jauhari meningg...