Wednesday, October 28, 2020

[KU-302/2020] Libur Panjang, Penumpang Diimbau Rapid Test H-1 Jadwal Kereta


Jakarta, CNN Indonesia -- Kepala Humas Kereta Api Indonesia (KAI) Daop I Jakarta, Eva Chairunisa mengimbau penumpang kereta api jarak jauh melakukan rapid test minimal H-1 sebelum keberangkatan untuk mengantisipasi antrean panjang di stasiun.

Eva mengatakan, pada 24 dan 25 Oktober 2020, layanan rapid di Stasiun Pasar Senen dan Gambir bisa mencapai hingga 1.100 calon penumpang.

"Untuk menghindari keterlambatan atau tertinggal KA, Penumpang diimbau agar melakukan rapid tes H-1 sebelum jadwal keberangkatan bagi calon penumpang yang ingin memanfaatkan layanan rapid tes di stasiun," kata Eva dalam keterangan tertulis, Minggu (25/10).

Sementara bagi calon penumpang KAI yang akan melakukan rapid tes di hari yang sama, diharapkan dapat mengatur waktu keberangkatannya sehingga memiliki cukup waktu untuk mengantri.

"Tidak disarankan datang 3 jam sebelum keberangkatan untuk menghindari risiko tertinggal KA mengingat antrian Rapid Tes di stasiun cukup padat," imbuhnya.

Rapid tes bagi calon penumpang KAI dapat dilakukan di klinik atau fasilitas kesehatan yang menyediakan layanan rapid tes. Sementara untuk pemeriksaan rapid tes di stasiun di Jakarta, hanya tersedia di Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen dengan biaya Rp85 ribu.

Bagi calon penumpang KAI yang ingin melakukan rapid tes di stasiun harus memiliki kode booking tiket KAJJ yang telah terbayar lunas. Calon penumpang yang kedapatan reaktif saat rapid tes tidak diperkenankan melakukan perjalanan KA dan biaya tiket akan dikembalikan 100 persen.

KAI mencatat terjadi peningkatan jumlah penumpang kereta api jarak jauh (KAJJ) yang berangkat dari wilayah PT KAI Daop 1 Jakarta.

Berdasarkan data pemesanan tiket per tanggal 24 Oktober 2020, keberangkatan pada 27 Oktober 2020 sekitar 7.270, Rabu 28 Oktober 2020 dengan volume sementara sekitar 7.679 penumpang. Data tersebut masih dapat berubah karena tiket masih tersedia secara online.

"Jumlah rata-rata penumpang per hari pada momen libur panjang tersebut bertambah  2 kali lipat lebih jika dibandingkan akhir pekan minggu lalu pada Jumat, 16 Oktober 2020 yakni sebesar 2.876 penumpang dengan total KA yang dioperasikan sebanyak 18 KA," ucap Eva.

Selama momen libur panjang dan cuti bersama, KAI Daop I Jakarta melakukan 27 perjalanan KAJJ per hari yang akan berangkat dari area Daop 1 Jakarta dengan berangkatan awal Stasiun Gambir, Stasiun Pasar Senen dan Stasiun Jakarta Kota.

Sumber : CNN Indonesia, 23.10.20.

[English Free Translation]

Minister of Transportation Budi Karya Sumadi asked operators of air, land and sea transportation modes to increase the number of departures and apply health protocols. Yaps, that is a MUST !

1 comment:

  1. AJOQQ menyediakan permainan poker,domino, bandarq, bandarpoker, aduq, sakong, bandar66, perang bacarat dan capsa :)
    ayo segera bergabung bersama kami dan menangkan uang setiap harinya :)
    AJOQQ juga menyediakan bonus rollingan sebanyak 0.3% dan bonus referal sebanyak 20% :)
    WA;+855969190856

    ReplyDelete

[KU-179/2021] Dirut KAI Commuter Mukti Jauhari Tutup Usia

  Bisnis.com, JAKARTA - Keluarga besar KAI Group khususnya KAI Commuter hari ini berduka. Direktur Utama KAI Commuter Mukti Jauhari meningg...