Thursday, October 8, 2020

[KU-282/2020] Jalur Kereta Api Cirebon-Jombang Sudah Tersambung

 

Jakarta, CNN Indonesia -- Kementerian Perhubungan mengatakan jalur ganda kereta api (KA) lintas selatan Jawa mulai dari Cirebon-Jombang telah tersambung. Jalur tersebut memiliki panjang 550 kilometer (km).

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengungkapkan jalur ganda KA lintas selatan Jawa yang telah tersambung itu meliputi Cirebon-Purwokerto-Kroya-Yogyakarta-Solo-Madiun-dan Jombang. Namun, masih ada beberapa rute yang masih dalam proses pengerjaan.

"Proyek jalur ganda KA lintas selatan Jawa tinggal menyisakan pekerjaan sekitar 65 km lagi," ungkap Budi dalam keterangan resmi, dikutip Kamis (8/10).

Budi menjabarkan proyek yang belum selesai itu adalah jalur ganda KA lintas selatan Jawa antara Jombang-Mojokerto-Wonokromo. Ia menargetkan proses pengerjaan akan selesai dalam 1 tahun sampai 2 tahun mendatang.

Secara keseluruhan, sambung Budi, jalur ganda KA lintas selatan Jawa memiliki panjang total sekitar 694 km. Jalur itu terbentang dari Cirebon-Prupuk-Purwokerto-Kroya-Gembong Kutoarjo-Yogyakarta-Solo-Kedung Banteng-Madiun-Jombang-Mojokerto-Wonokromo-Surabaya.

"Dengan selesainya jalur ganda KA lintas selatan Jawa akan menyambungkan 3 kota aglomerasi besar, yaitu Jabodetabek-Joglosemar-Gerbangkertasusila," terang Budi.

Ia menjelaskan ada tiga terowongan yang dibangun dalam proyek jalur ganda KA lintas selatan Jawa. Tiga terowongan itu adalah terowongan Notog, terowongan Kebasen, dan terowongan Ijo.

Lebih lanjut Budi menyatakan pendanaan proyek ini bersumber dari Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) dengan kontrak multiyears yang dimulai pada 2013 lalu. Skema ini sengaja digunakan di tengah terbatasnya kemampuan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

"Proyek-proyek infrastruktur kereta api yang dibiayai melalui skema SBSN ini telah memiliki dampak yang cukup baik pada peningkatan level of service kereta api dari berbagai aspek seperti pengoperasian, pelayanan dan keselamatan," papar Budi.

Ia mengklaim dampak dari hasil pembangunan jalur ganda KA lintas selatan Jawa sudah terlihat. Salah satunya dari peningkatan jumlah perjalanan kereta api antar kota dari 172 kereta per hari pada 2015 menjadi 291 kereta per hari pada 2019.

Budi menambahkan alokasi anggaran pembangunan infrastruktur perkeretaapian menjadi yang terbesar dalam 2 tahun terakhir. Rinciannya, alokasi anggaran pada 2019 sebesar Rp17 triliun dan tahun ini sebesar Rp10 triliun.

Sumber : CNN Indonesia, 08.10.20 / Foto : detikFinance.

[English Free Translation]

The Ministry of Transportation (MoT) said the double track railway crossing southern Java starting from Cirebon-Jombang has been connected. The line has a length of 550 kilometers (km).

No comments:

Post a Comment

[KU-179/2021] Dirut KAI Commuter Mukti Jauhari Tutup Usia

  Bisnis.com, JAKARTA - Keluarga besar KAI Group khususnya KAI Commuter hari ini berduka. Direktur Utama KAI Commuter Mukti Jauhari meningg...