Tuesday, September 8, 2020

[KU-252/2020] Menhub Kaji Pembangunan Jalur KA Purwokerto-Wonosobo

 

Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi akan mempertimbangkan pembangunan jalur kereta api Purwokerto-Wonosobo, Jawa Tengah.

Ia mengatakan sebelumnya memang ada usulan untuk menghidupkan kembali (reaktivasi) jalur lama yang tak berfungsi. Namun, proposal tersebut belum sempat dipelajari oleh kementeriannya.

"Kami akan pikirkan ke Purwokerto-Wonosobo ini memang belum kami studi. Yang sudah kami studi itu dari Jogja ke Borobudur itu udah diokupasi orang semua (lahannya)," ujar Budi Karya dalam rapat bersama Komisi V DPR, Rabu (2/9).

Menurutnya, ketersediaan lahan merupakan faktor penting yang perlu dipertimbangkan sebelum proyek dimulai. Pasalnya, saat menjalankan proyek reaktivasi kereta Garut-Cibatu, pihaknya dan PT Kereta Api Indonesia (KAI) mendapatkan penolakan dari warga.

"Seperti kami lakukan di Garut tapi kalau penguasaannya sudah demikian mungkin kami harus memindahkan ke tempat yang lain," imbuhnya.

Namun di luar faktor tersebut kementeriannya melalui Ditjen Perkeretaapian juga perlu mempertimbangkan kontur lahan yang akan jadi perlintasan kereta.

Sebab semakin sulit medan yang ditempuh untuk membangun rel maka semakin mahal pula biaya yang perlu dikeluarkan.

"Kalau di Wonosobo permasalahannya yaitu menanjak ke atas, nanti kita lihat kalau memang itu relatif datar dan penguasaan masyarakat relatif sedikit kami akan lakukan (pembangunan)," tandas Budi Karya.

Sumber : CNN Indonesia, 03.09.20 / Foto : Wikipedia.

[English Free Translation]

Minister of Transportation Budi Karya Sumadi will consider the construction of the Purwokerto-Wonosobo railway, Central Java. He said that previously there was a proposal to reactivate the old pathway that was not functioning. However, the ministry had not yet studied the proposal.

No comments:

Post a Comment

[KU-179/2021] Dirut KAI Commuter Mukti Jauhari Tutup Usia

  Bisnis.com, JAKARTA - Keluarga besar KAI Group khususnya KAI Commuter hari ini berduka. Direktur Utama KAI Commuter Mukti Jauhari meningg...