Friday, January 3, 2020

[KU-003/2020] Banjir Jakarta, Kereta dan Bus Alami Keterlambatan


Jakarta, CNN Indonesia -- Banjir yang melanda kawasan Jakarta mengakibatkan perjalanan sejumlah kereta api dan bus terlambat. Setidaknya empat kereta api (KA) jurusan Surabaya atau yang mengarah ke wilayah Jawa Timur sempat mengalami keterlambatan tiba akibat banjir yang menggenangi sebagian wilayah Jakarta.

Dikutip dari Antara, Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Suprapto mengatakan empat KA yang sempat mengalami keterlambatan tiba masing-masing KA 136 (KA Dharmawangsa) relasi Stasiun Pasar Senen Jakarta ke Stasiun Surabaya Pasar Turi dengan keterlambatan sekitar 115 menit.

Kemudian KA 4 (KA Argo Anggrek) relasi Stasiun Gambir-Stasiun Surabaya Pasar Turi dengan keterlambatan sekitar 58 menit, berikutnya KA Matarmaja Tambahan relasi Stasiun Pasar Senen Jakarta-Stasiun Malang dengan keterlambatan sekitar 221 menit.

Terakhir KA Gaya Baru Malam Selatan relasi Stasiun Pasar Senen Jakarta- Stasiun Surabaya Gubeng dengan waktu keterlambatan sekitar 187 menit.

"Memang dampak dari bencana banjir di Jakarta dan sekitarnya mengakibatkan pemberangkatan KA dari wilayah Jakarta menuju sejumlah wilayah, termasuk ke arah wilayah Daop 8 Surabaya seperti ke arah Surabaya dan Malang mengalami keterlambatan," katanya.

Sesuai aturan di pelayanan di PT KAI, para penumpang KA yang mengalami keterlambatan di atas 3 jam (di atas 180 menit) akan diberikan layanan "Service Recovery" berupa makanan dan minuman.

"Kami dari pihak PT KAI Daop 8 Surabaya, mohon maaf yang sebesar-besar kepada penumpang yang pada saat ini mengalami keterlambatan dan ketidaknyamanan akibat dari dampak banjir di wilayah Jakarta. Harap menjadi maklum," katanya.

Sementara untuk kedatangan hari ini, kata dia, sudah kembali normal dan sejumlah KA juga sudah datang tepat waktu di stasiun wilayah Daop 8 Surabaya.

"KA Anggrek pagi, KA Kertajaya tambahan, semuanya datang ke Stasiun Surabaya Pasar Turi sudah bisa tepat waktu," katanya.

40 Bus Telat Tiba

Sejumlah bus dari Jakarta juga mengalami keterlambatan masuk di Yogyakarta. Setidaknya 40 bus belum masuk ke terminal Giwangan, Yogyakarta sesuai jadwal.

"Pada siang hari, biasanya sudah ada sekitar 400 bus yang masuk ke Giwangan. Tetapi dari catatan kami baru ada sekitar 360 bus. Sisanya, 40 bus belum masuk. Rata-rata dari Jakarta," kata Kepala Satuan Pelayanan Terminal Giwangan Yogyakarta Bekti Zunanta.

Menurut dia, keterlambatan bus masuk ke Terminal Giwangan tersebut erat kaitannya dengan bencana banjir yang melanda sejumlah wilayah di Jakarta serta jalur keluar ke arah Jawa Barat dan Jawa Tengah yang menjadi rute utama bus dari Jakarta ke Yogyakarta.

Meskipun terjadi keterlambatan bus masuk ke Giwangan, namun Bekti mengatakan tidak ada gangguan dalam pelayanan penumpang di terminal, termasuk layanan penumpang ke arah Jakarta dan sekitarnya.

"Sekarang masih dalam masa Angkutan Natal dan Tahun Baru 2020. Pemberangkatan penumpang juga masih cukup ramai. Dalam sehari, kami bisa memberangkatkan sekitar 70 sampai 80 bus ke Jakarta," katanya.

Jumlah bus yang diberangkatkan ke Jakarta selama masa Angkutan Natal dan Tahun Baru 2020 dari Terminal Giwangan pada tahun ini mengalami kenaikan sekitar tujuh persen dibanding periode yang sama tahun sebelumnya.

Jika jumlah penumpang ke arah Jakarta mengalami kenaikan dan bus yang tersedia tidak mencukupi, Bekti mengatakan akan berupaya menjalankan bus cadangan, seperti yang terjadi menjelang malam Natal yaitu menjalankan sekitar 15 armada tambahan.

Sedangkan untuk puncak arus balik pada masa Angkutan Natal dan Tahun Baru 2020 di Terminal Giwangan diperkirakan terjadi pada Sabtu (4/1) dengan jumlah penumpang yang diberangkatkan mencapai sekitar 19.000 orang.

"Siswa sudah kembali masuk sekolah pada awal pekan depan. Kepadatan di Terminal Giwangan untuk arus balik diperkirakan terjadi akhir pekan ini," katanya.

Bekti menambahkan petugas di Terminal Giwangan Yogyakarta rutin melakukan ramp check terhadap bus yang akan diberangkatkan untuk memastikan kondisi bus laik jalan guna mendukung keselamatan penumpang selama di perjalanan. (Antara/osc)

Sumber : CNN Indonesia, 02.01.20.

[English Free Translation]
Floods that hit the Jakarta area resulted in a number of train and bus trips delayed. At least four trains heading to Surabaya or heading to East Java had experienced a late arrival due to floods that inundated parts of Jakarta.

No comments:

Post a Comment

[KU-179/2021] Dirut KAI Commuter Mukti Jauhari Tutup Usia

  Bisnis.com, JAKARTA - Keluarga besar KAI Group khususnya KAI Commuter hari ini berduka. Direktur Utama KAI Commuter Mukti Jauhari meningg...