Saturday, February 15, 2014

[KG-045/2014] Bersih-bersih Usai Kelud Meletus

BaNDuNG: Letusan dahsyat Gunung Kelud di hari Kamis 13/02 jam 22.49 membawa duka bagi masyarakat sekitar, khususnya di Jawa Timur dan warga Jawa Tengah, Jawa Barat serta DIY yang kebagian kiriman abu vulkanik.

Dipastikan 7 (tujuh) bandara ditutup selama Jum'at - Minggu ini dan agar bisa berfungsi kembali, melihat perkembangan terkini. Adalah bus dan kereta api (KA) yang menjadi alternatif andalan. Mendadak sontak tapi pasti, tiket KA ludes untuk rute bolak-balik khususnya di Jawa.

Bagi rekan-rekan kerja di lapangan,
kiriman abu vulkanik di masing-masing area membawa pekerjaan tambahan, yakni harus membersihkan area stasiun termasuk emplasemen, wesel, jalur kereta dan lain-lain seperti di stasiun Kediri ini. Pegawai PT Kereta Api Indonesia (Persero) gotong royong membuka akses (simak gambar 1-6).

Seperti halnya, afiliasi yang punya hajatan di proyek angkutan semen, PT Kereta Api Logistik (KALOG) pun harus membereskan area yang dikelolanya agar aktifitas bongkar muat di area CY yang biasa dipakai tidak libur terlalu lama karena tumpukan abu vulkanik Gunung Kelud yang cukup tinggi (simak gambar
7-10).


Simak aksi bersih-bersih rekan-rekan di KAI maupun KALOG. Walau belum bisa dipastikan sampai kapan Gunung Kelud murung tak urung-urung, pekerjaan harus tetap berjalan. Perkara harus membersihkan lagi, itu sudah menjadi tugas dan kerjakan saja.

Penderitaan sebenarnya dialami masyarakat yang tinggal dekat Gunung Kelud dan kini harus mengungsi. Jumlahnya cukup fantastis : 100.000 orang. Ikut prihatin.

Sumber : KALOG / Foto : Ayi dan
Humas DAOP 9.

[English Free Translation]
After the eruption of Mount og Kelud, PT Kereta Api Indonesia (Persero) and one of its subsidiary PT Kereta Api Logistik (KALOG) got the valuable "lesson", in the presence of volcanic ash in Kediri and Brambanan railway station. Just take the lesson and pray for those who are directly affected. 




Friday, February 14, 2014

[KG-044/2014] Kelud Meletus, Waspadai Dampaknya

JaKaRTa: Belum habis musibah banjir yang menghantam pesisir pantai utara (pantura) Jawa, termasuk ibukota tercinta Jakarta, lantas menyambung insiden Gunung Sinabung di Sumatera Utara dan semalam Gunung Kelud meletus.

Jawa Timur dan sebagian Jawa Tengah tertutup abu vulkanik.  Aktifitas transportasi akan terpengaruh, hingga seberapa dahsyat abu vulkanik ini bisa merambah ke arah barat dan untuk jangka waktu seberapa lama.

Seperti diberitakan oleh hampir semua cetak dan elektronik, Gunung Kelud meletus hari Kamis 13/02 malam  dan secara langsung dirasakan dampaknya oleh masyarakat sekitar hingga radius 30 km, larangan mendekat hingga jarak 10 km.

Sejumlah jalanan utama di Surabaya, Yogyakarta dan Purwokerto dimana PT Kereta Api Logistik (KALOG) memiliki sentra aktifitas bongkar-muat, ikut terkena dampak. Harus meliburkan aktifitas rutin hingga situasi aman dan melihat si-kon.

Aktifitas di Kalimas walau berdebu tapi masih bisa berjalan normal namun stasiun Brambanan (foto bawah) dan Solo (khususnya angkutan barang) berhenti dulu karena jarak pandang pun terbatas. Situasi yang termonitor tim Operasi KALOG : Madiun / Kediri berdebu tebal dan Purwokerto gelap dan gerimis.

Kecepatan kereta api (KA) yang melintas di wilayah selatan pun mengalami penyesuaian. Menurut Humas Daops 6 Bambang SP, kecepatan KA biasanya sekitar 90 km per jam namun saat terkena debu vulkanik hanya bisa dipacu 50 km per jam. Dampaknya ada keterlambatan KA tiba di tujuan.


Untuk diketahui, tinggi letusan Gunung Kelud tahun ini lebih tinggi dan dahsyat dibandingkan tahun 1990. Tinggi letusannya mencapai sekitar 17.000 meter atau 17 kilometer. Tahun 1990 lalu, tinggi letusan hanya 8.000 meter (8 km). Skala letusannya mencapai 4.

Waspada bagi rekan-rekan kerja di seluruh lintas dan tetap semangat. Akan kami update bila ada perkembangan terkini, terkait dampak sebaran abu vulkanik Kelud. Secara umum, wilayah yang terkena dampak abu vulkanik area sebelah selatan Jawa.

Hati-hati ya. Ikut prihatin bagi Saudara-saudaraku di mana saja kalian berada.


Sumber : KALOG.

[English Free Translation]
Thursday 13/02 night, Kelud erupted belching volcanic ash at almost all regions in East Java and Central Java (southern areas). A number of train operations have been affected, but not to stop, especially freight train.

Thursday, February 13, 2014

[KU-043/2014] Jakabaring Pusat Pendidikan Internasional


PALEMBANG – Pelatihan jurnalis se-ASEAN yang dikemas dalam acara Confederation of ASEAN Journalist (CAJ) dimulai, kemarin (11/2). Ikut sekitar 40 peserta dalam pelatihan ini. Mereka para wartawan dari Indonesia, Malaysia, Laos, Singapura, Myanmar, Thailand, Brunei, Kamboja, Vietnam, dan Filipina.

Acara yang mengangkat tema “Bringing ASEAN Closer to People Heart and Mind” ini dihadiri Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam), Djoko Suyanto, tokoh pers nasional maupun lokal, serta jajaran kepala SKPD di lingkungan Provinsi Sumsel.

Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin mengatakan, jurnalis di Sumsel berperan cukup banyak dalam membantu pemerintah mewujudkan pembangunan.  Karena itulah, pihaknya juga memperhatikan dunia jurnalis.

“Tidak hanya ini saja, kami juga akan bangun pusat pelatihan jurnalis ASEAN di Jakabaring,” tegasnya. Alex menganggap acara ini merupakan sejarah baru bagi dunia jurnalis Indonesia maupun tingkat ASEAN. 

Menurut Alex, kawasan Jakabaring memang akan dijadikan pusat pendidikan. Ke depan akan ada beberapa universitas “kelas dunia” yang berencana membuat cabang di sana. “Mereka akan berkumpul sehingga Palembang menjadi kota pendidikan yang benar-benar berkualitas tinggi,” tuturnya. 

Menkopolhukam RI, Djoko Suyanto mengatakan, pers berperan penting dalam mendukung tiga pilar, yakni politik, ekonomi, dan sosial budaya. Pilar-pilar itu juga sudah disepakati ASEAN untuk masuk dalam blue print tiap negara. “Walau sudah ada kebebasan pers, tapi harus tetap ada batasan. Itulah kondisi idealnya,” ujarnya.

Dengan adanya CAJ,  visi tersebut dapat disatukan karena semua wartawan ASEAN dapat saling bertukar informasi. Masing-masing dapat manfaatkan ajang ini untuk bertukar informasi terkait perkembangan dunia pers di negara masing-masing.

Djoko menilai, media memiliki pengaruh kuat terhadap pengambilan kebijakan. Tidak hanya kebijakan dalam negeri, tapi juga secara internasional. Untuk itulah, dibutuhkan profesionalisme pers sehingga mampu menyajikan berita yang memang benar-benar layak.  “Intinya, harus mampu dipertanggungjawabkan,” katanya.

Presiden CAJ, Benny Antiporda mengatakan, pelatihan ini dapat meningkatkan kemampuan media dalam menyajikan berita-berita yang baik. “Dipilihnya Indonesia untuk mengadakan pelatihan ini karena kebebasan pers Indonesia sudah terjamin penuh,” ucapnya. Palembang ditetapkan sebagai pusat pelatihan wartawan ASEAN karena dianggap mampu mengembalikan nama besar daerah ini yang memang merupakan asal Kerajaan Sriwijaya.

Sabam Siagian, redaktur senior The Jakarta Post yang menjadi salah seorang narasumber dalam  pelatihan itu kemarin mengatakan, media harus bijak menyikapi segala permasalahan yang timbul, khususnya antarnegara ASEAN.

Mantan Duta Besar Indonesia untuk Australia ini mencontohkan pemberitaan mengenai penamaan kapal perang Indonesia, KRI Usman Harun yang sedang menghangat dan menimbulkan sedikit gesekan antara Indonesia dan Singapura. Ia menilai, ada kekurangdewasaan dalam menyikapi persoalan itu. “Seharusnya Singapura juga tidak perlu emosi. Tapi saya yakin, masalah ini akan dapat diselesaikan dengan baik oleh pemerintah kita,” tukasnya. (rip/lia/nan/ce4/ndy)

Sumber : Sumatera Ekspres, 11.02.14.

[English Free Translation]

Training for ASEAN journalists who packed in the event of the Confederation of ASEAN Journalists (CAJ) began from 11/2. Approximately 40 participants participated in this training. Those journalists coming from Indonesia, Malaysia, Laos, Singapore, Myanmar, Thailand, Brunei, Cambodia, Vietnam, and the Philippines.

Wednesday, February 12, 2014

[KG-042/2014] Rakor BHP Kurir KALOG 2014

JaKaRTa: Senin 10/02 dan Selasa 11/02, PT Kereta Api Logistik (KALOG) Divisi BHP Kurir melaksanakan acara tahunan, yakni rapat koordinasi (rakor) antar pimpinan cabang se-Jawa di Jakarta.

Bertempat disebuah hotel di kawasan Passer Baroe Jakarta, acara 2 (dua) hari ini membahas berbagai hal, kendala, peluang dan tindakan yang harus segera dicarikan solusinya agar target yang sudah ditetapkan bisa tercapai.

Ringkasan rakor tersebut mencakup review kinerja BHP Kurir tahun 2013, memberikan "reward and punishment" kepada kantor cabang ato perwakilan, serta pencapaian target tahun 2014 diperkuat dengan membubuhkan tandatangan sebagai bukti komitmen bersama.

Selain itu, bakal ada transformasi bisnis BHP Kurir menjadi Jasa Pengiriman Express / Jasa Kurir Express, penambahan jumlah outlet di Pulau Jawa dan luar pulau serta menggandeng operator kurir internasional guna bekerja-bareng.

Ada sejumlah kepala cabang, kepala perwakilan serta petinggi kantor pusat KALOG yang memberikan arahan dan berbagi pengalaman dalam rakor kali ini, yakni : Direktur Operasi & Pemasaran (Diropsar), VP Marketing, VP Operation dan Manager BHP Kurir.

Sebelum penutupan rakor, sempat diadakan foto bersama. Selamat bekerja dan semoga target 0,5 triliun, KITA BISA !

Sumber : KALOG / Foto : G.A.

[English Free Translation]
Monday 10/02 and Tuesday 11/02, PT Kereta Api Logistik (KALOG) - BHP Courier Division held an annual event, the coordination meeting (coordination meetings) between Java branch chief in Jakarta. As a result, satisfactory.

Tuesday, February 11, 2014

[KU-041/2013] Efisiensi Logistik, Shifting Angkutan Barang ke Kereta Api Tak Masalah

Bisnis.com, JAKARTA - Forum logistik nasional menilai pengalihan (shifting) angkutan barang dengan menggunakan moda transportasi kereta api tidak akan berdampak negatif terhadap perusahaan logistik berbasis truk.

Setijadi, Chairman Supply Chain Indonesia, menjelaskan langkah shifting angkutan logistik ke kereta api justru bakal meningkatkan produktivitas angkutan barang yang menggunakan armada truk.

"Shifting ini tujuannya memang untuk efesiensi ongkos logistik secara menyeluruh. Penggunaan KA akan bisa mengurangi beban dan kemacetan di jalan, sehingga jumlah trip truk bisa terdorong. Bahkan kedua moda logistik ini bisa saling bersinergi," katanya, Kamis (3/10).

Dia menambahkan pengurangan beban di jalan raya berpotensi besar mendorong produktivitas truk, khususnya dalam peningkatan jumlah trip bisa semakin meningkat yang selama ini cukup tertekan karena kepadatan maupun kemacetan di jalan.

Selain itu, kata Setijadi, sinergitas kedua angkutan logistik tersebut bisa dilakukan secara efesien mengingat kereta api hanya bisa mengangkut barang antar stasiun, sehingga mendorong penggunaan truk untuk pengangkutan barang dari lokasi pabrik ke stasiun dan sebaliknya.

Menurutnya, dari sisi efisiensi biaya transportasi dan logistik, penggunaan kereta api dinilai sangat penting terutama untuk jarak antara 500 km-1500 km, di mana pada jarak tersebut biaya transportasi termurah adalah dengan menggunakan kereta api.

Sejauh ini, sekitar 80% pergerakan transportasi logistik di Pulau Jawa melalui transportasi jalan lantaran para pelaku usaha lebih memilih penggunaan truk daripada kereta api karena alasan handling, jadwal, aksesibilitas, dan sebagainya.

"Namun shifting logistik dari jalan ke kereta api harus sejalan dengan infrastruktur pendukung yang memadai, seperti terminal dengan fasilitas dan peralatan bongkar muat di stasiun. Selain itu, operasionalisasi kereta api untuk pengangkutan barang harus secara profesional, yang bisa dilakukan melalui kerja sama operasi dengan pihak swasta," kata Setijadi.

Adapun, pergerakan pengiriman barang melalui kereta api terus menunjukkan pertumbuhan di dua wilayah operasional kereta api di Tanah Air.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah barang yang diangkut kereta api sepanjang Januari-Agustus 2013 mencapai 17,3 juta ton, tumbuh 13% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu yang mencapai 15,3 juta ton.

Kepala BPS Suryamin mengemukakan pertumbuhan paling tinggi terjadi di Pulau Jawa dengan pertumbuhan pengiriman barang melalui kereta api hingga 27,6% sepanjang Januari-Agustus 2013. Di Sumatra juga terjadi peningkatan 7,8% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Secara terperinci, realisasi angkutan barang menggunakan kereta api di Pulau Jawa mencapai 5,1 juta ton, sedangkan pada  tahun lalu sebanyak 3,9 juta ton.

Untuk wilayah Sumatra, angkutan barang dengan kereta api pada Januari-Agustus 2013 tercatat 12,2 juta ton, naik dibandingkan dengan tahun lalu 11,3 juta ton.
Sumber : Bisnis Indonesia, 03.10.13.
[English Free Translation]

National logistics forums assess, transfer (shifting) of goods transportation by using railway facilities will not negatively impact the truck-based logistics company. Setijadi, Chairman of Supply Chain Indonesia, said step of shifting freight to rail logistics it will increase the productivity of freight using a fleet of trucks.

Monday, February 10, 2014

[KG-040/2014] Dua Produk Baru KALOG Diluncurkan Hari Ini

JaKaRTa: Senin 10/02 PT Kereta Api Logistik (KALOG) secara bersamaan merilis 2 (dua) produk baru : Kereta Api (KA) Angkutan Kontainer dan KA Angkutan Pasir Merapi - yang sebenarnya masih merupakan tahap ujicoba. Tapi it's ok buat dibuat menu pembuka.

Lambat laun menu pembuka bisa melengkapi menu hidangan utama 'lho. Adalah seorang pengusaha yang bertekad membawa pasir vulkanik dari wilayah Brambanan, Jawa Tengah ke Bogor, Jawa Barat. Apalagi klo bukan untuk dikomersilkan.

Uji coba angkutan pasir merapi menggunakan 2 (dua) gerbong datar dan pasir dikemas dalam jumbo bag ukuran antara 1,4 – 1,8 ton. Nantinya akan dibuatkan standarisasi untuk memudahkan pemuatan seperti halnya angkutan semen.
Angkutan pasir akan memanfaatkan stasiun Brambanan (BBN) sebagai stasiun muat dan stasiun Nambo (NMO) sebagai stasiun bongkaran pasir. Berarti memanfaatkan KA balen / balikan ? Bagi KAI gak berlaku istilah "balen". Dipake ya bayar. Gitu.

Ujicoba muat dilaksanakan jam 14.00 siang hari hingga jam 17.00an. Setelah beres membuat berita acara dan mengevaluasi hasil uji coba angkutan pasir, barulah KA diberangkatkan pukul 19.45 - sesuai alokasi waktu yang memungkinkan. 

Isu lainnya. Angkutan KA kontainer di KALOG memasuki seri ke-4 setelah sebelumnya meluncurkan KALOG 1, 2 dan 3. KALOG 4 diluncurkan per tgl 10/02. Alhamdulillah isi penuh 40 TEUs dan diberangkatkan dari Sungai Lagoa (SAO) jam 13.00.

Congrats ya. Terlampir aktifitas syukuran peluncuran di SAO dengan memotong tumpeng dimana Manager Area SAO Yudhy menyerahkan potongan tumpeng ke KS SAO dan uji coba angkutan pasir merapi di stasiun Brambanan (BBN).

Sumber : KALOG / Foto : RAM.

[English Free Translation]
Monday 10/02 PT Kereta Api Logistik (KALOG) simultaneously released two (2) new products: Container Freight Railway Transport 4 and Merapi’s volcanic sand transport - which is still a testing phase. But you should know what we’ve been done.

Sunday, February 9, 2014

[KG-039/2014] Lagi, Kunjungan Ke Merak - 05/02/14

JaKaRTa: Menjalin kerjasama bisnis, gampang-gampang susah.  Buktinya walau beberapa petemuan sudah dilakukan, masiiiih aja belon ketemu “jiwanya” he he he.

Gak apa-apa, kadang perjuangan mendapatkan hasil yang optimal memang harus ekstra sabar. Tapi survei ke lapangan, jangan pernah ditinggalin. Setidaknya untuk mendapatkan gambaran sehingga gak salah waktu membuat analisis.

Berikut ini bukti liputan survei bersama ke Tonjong Baru dan sekitar Merak, antara tim GPI Group dan tim KALOG Torpus.



Sumber : KALOG / Foto : RAM.

[KU-179/2021] Dirut KAI Commuter Mukti Jauhari Tutup Usia

  Bisnis.com, JAKARTA - Keluarga besar KAI Group khususnya KAI Commuter hari ini berduka. Direktur Utama KAI Commuter Mukti Jauhari meningg...