Bisnis.com, JAKARTA – PT Kereta Api Indonesia (Persero) mencatat jelang Iduladha permintaan layanan antar
untuk logistik meningkat sebesar 15
persen melalui layanan Rail Express.
VP
Public Relations PT KAI Joni Martinus
mengatakan hal tersebut dikarenakan tarifnya yang lebih murah dan sudah
menjangkau sebanyak 60
stasiun di Pulau Jawa.
“Iya selama menjelang idul adha
ini berbagai macam bisa dari barang yang sifatnya hantaran ya paket kemudian
juga kebutuhan pokok misalnya telur kemudian juga buah-buahan dari akumulasi
dari semua itu sekitar 15 persen,” katanya, Senin (27/7/2020).
Joni menjelaskan KAI juga
sebetulnya menyediakan angkutan hewan tetapi tingkat permintaannya tidak begitu
tinggi dan saat ini lebih banyak melayani untuk kebutuhan logistik.
“Kami mengakomodir semuanya ya
cuma sementara ini belum ada orang yang kayak ngirim kambing gitu,”imbuhnya.
Sebelumnya
layanan logistik dari stasiun ke stasiun milik KAI mencatatkan pertumbuhan
signifikan hingga 73 persen pada Juni 2020 dibandingkan dengan pada Mei 2020
dari 6.103 ton menjadi 10.581 ton barang ritel.
KAI akan mengenakan tarif minimal 5 kg, kecuali untuk angkutan motor dihitung berdasarkan
kapasitas CC. Saat ini Layanan Rail Express mencakup hampir semua jenis barang
retail di antaranya paket,
motor, produk UMKM, e-commerce, bahan pangan, dan lainnya.
Khusus untuk bahan pangan, Rail
Express melayani pengiriman bahan pokok, biji-bijian, buah, hewani, makanan
olahan, rempah-rempah, sayur, susu, dan telur. Di bulan Juni angkutan pangan
yang dilayani sebanyak 693 ton, meningkat 49 persen dibandingkan dengna Mei sebanyak 464 ton.
Rail Express juga membuka
kesempatan seluas-luasnya kepada para pelanggan KAI untuk mengirim berbagai
jenis komoditi termasuk hortikultura seperti mangga, jeruk, jamur, bawang, dan
sebagainya ke berbagai tujuan.
Joni juga membeberkan beberapa
bahan pangan yang menjadi favorit masyarakat untuk dikirim melalui Rail Express
pada Juni yaitu tahu susu, sebanyak 327
ton, dari wilayah Kertosono, Nganjuk, dan Jombang
dengan tujuan DKI Jakarta; kebab, sebanyak 48 ton, dari daerah pengiriman
Surabaya menuju Jakarta; dan makanan kemasan, sebanyak 47 ton, dari dan menuju
berbagai wilayah.
Sumber : Bisnis, 27.07.20 / Foto : detik.
[English Free Translation]
PT Kereta Api Indonesia (Persero)
noted ahead of Iduladha demand for delivery services for logistics increased by
15 percent through the Rail Express service. This belongs to KAI.
No comments:
Post a Comment