RMco.id Rakyat Merdeka - Rail
Express, layanan PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI untuk jasa angkutan retail station to
station dengan harga terjangkau, semakin diminati masyarakat. Pada periode Juni 2020, KAI telah melayani 10.581 ton
barang retail, naik 73 persen dibanding Mei 2020 sebesar 6.103 ton.
“Kami sangat mengapresiasi
pelanggan KAI yang telah mempercayakan pengiriman barangnya melalui Rail
Express. Kami akan terus meningkatkan layanan Rail Express yang murah, cepat,
aman,” ujar VP
Public Relations KAI Joni Martinus, dalam
keterangannya, Kamis (23/7).
Tarif murah menjadi salah satu
keunggulan Rail Express. Misalnya, untuk rute Jakarta ke Bandung tarifnya hanya
Rp 600 per kg, Jakarta ke Surabaya cuma Rp 1.500 per kilogram, dan Jakarta ke
Malang cuma Rp 1.700 per kilogram. Tarif yang dikenakan adalah minimal 5 kilogram,
kecuali untuk angkutan motor dihitung berdasarkan kapasitas CC.
"Meski murah, KAI tetap
menjamin keamanan barang dan selalu memberikan pelayanan yang maksimal,” kata
Joni.
Layanan Rail Express mencakup
hampir semua jenis barang retail. Di antaranya paket, sepeda motor, produk
UMKM, e-commerce, bahan pangan, dan lainnya.
Pelanggan cukup menyerahkan
barang ke loket Rail Express di stasiun dan mengambilnya di loket Rail Express
stasiun tujuan. Layanan Rail Express tersedia di 60 stasiun di Pulau Jawa.
Khusus untuk bahan pangan, Rail
Express melayani pengiriman bahan pokok, biji-bijian, buah, hewani, makanan
olahan, rempah-rempah, sayur, susu, dan telur.
Di bulan Juni, angkutan pangan
yang dilayani sebanyak 693 ton, meningkat 49 persen dibanding Mei sebanyak 464
ton.
“Rail Express membuka kesempatan
seluas-luasnya kepada para pelanggan KAI untuk mengirim berbagai jenis komoditi
termasuk hortikultura seperti mangga, jeruk, jamur, bawang, dan sebagainya ke
berbagai tujuan,” tambah Joni.
Bahan pangan favorit masyarakat
yang dikirim melalui Rail Express pada Juni lalu, di antaranya adalah tahu susu
sebanyak 327 ton dari wilayah Kertosono, Nganjuk, dan Jombang dengan tujuan DKI
Jakarta.
Juga ada kebab sebanyak 48 ton,
dari daerah pengiriman Surabaya menuju Jakarta. Lalu, makanan kemasan sebanyak
47 ton dari dan menuju berbagai wilayah.
Pelanggan tak perlu khawatir
mempercayakan pengiriman barang melalui Rail Express. Sebab, KAI senantiasa
menerapkan protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19.
Di loket pelayanan Rail Express,
KAI menerapkan social distancing, menyediakan fasilitas cuci tangan dan hand
sanitizer, petugas wajib menggunakan masker dan rutin diperiksa kesehatannya.
Di samping itu, petugas tetap
melakukan pemeriksaan barang dan menjaga kebersihan sarana angkutan.
Rail Express merupakan bagian
dari peningkatan layanan angkutan barang KAI, di tengah belum maksimalnya
kinerja angkutan penumpang di masa pandemi Covid-19.
"Layanan Rail Express ini,
diharapkan dapat membantu urusan pengiriman logistik masyarakat di masa
adaptasi kebiasaan baru dengan murah, cepat, dan aman,” tutup Joni.
Untuk informasi lebih lanjut
terkait layanan Rail Express, masyarakat dapat menghubungi Contact Center KAI
melalui telepon di (021)
121, email cs@kai.id, atau media
sosial KAI121.
Sumber : RMco, 23.07.20 / Foto : KAI.
[English Free Translation]
Rail Express, PT Kereta Api
Indonesia (Persero) or KAI services for retail station-to-station transport
services at affordable prices, has increasingly attracted the public. In the
June 2020 period, KAI had served 10,581 tons of retail goods, up 73 percent
compared to May 2020 of 6,103 tons.
No comments:
Post a Comment