Jakarta, CNN Indonesia -- Jepang baru saja meluncurkan kereta Shinkansen
N700S yang mulai beroperasi pada 1 Juli. Kereta ini disebut telah memecahkan rekor dari sisi kecepatan dan
kelancaran perjalanan.
Kereta juga disebut mampu
mengangkut penumpang dengan aman ketika terjadi gempa bumi. Kereta ini didukung
oleh teknologi termutakhir Jepang sehingga mampu memberikan performa di atas
rata-rata.
Kereta memiliki kecepatan maksimal 360 kilometer per jam, rekor baru yang ditetapkan selama uji coba pada
2019, menjadikannya salah satu kereta tercepat di dunia. Namun dari sisi
operasional, kecepatan akan dibatasi di 285
kilometer per jam.
Perusahaan perakit kereta baru ini sangat menekankan keamanan.
Kereta ini memiliki sistem kendali dan rem otomatis yang ditingkatkan
sehingga berhenti lebih cepat jika
terjadi keadaan darurat.
Kereta juga dilengkapi dengan
sistem self-propulsion baterai
lithium-ion yang pertama dari jenisnya di dunia. Sistem ini memungkinkan kereta tetap
berjalan meski saat listrik padam.
Kereta juga mampu berjalan ke
lokasi yang lebih aman dengan kecepatan rendah apabila kereta berhenti di
daerah berisiko tinggi, misalnya di jembatan atau di terowongan saat gempa
bumi.
Dilansir dari Japan Times, lebih banyak kamera juga telah dipasang di setiap
gerbong, ditingkatkan dari dua kamera
menjadi enam di setiap gerbong.
Beberapa komponen juga
ditingkatkan sehingga akan memakan lebih sedikit di bawah kereta dibandingkan dengan model yang lama. Hal ini membuat jumlah
gerbong bisa ditingkatkan dari 4 menjadi 16 gerbong.
Desain Ini juga mengurangi
konsumsi energi sekaligus mempercepat waktu produksi, menjadikannya pilihan
yang lebih menarik bagi operator internasional.
"Dengan membuat mekanisme di
bawah lantai N700S lebih ringan dan lebih ringkas, kami menciptakan standar
baru. Standar baru ini juga akan membantu dalam mengembangkan bisnis kami ke
luar negeri," ujar wakil
kepala departemen bisnis kereta Central
Japan Railway (JR Central), Masayuki Ueno.
Dilansir dari CNN, penampilan
N700S tidak terlihat terlalu berbeda dari model N700
atau N700A
yang lama.
Tapi apabila dilihat lebih dekat,
kereta baru memiliki hidung
yang lebih bersudut, 'pipi' yang lebih lebar dan desain lampu yang lebih
ramping.
Di bagian
interior, kursi yang dirancang baru memungkinkan penumpang untuk berbaring
lebih jauh, menawarkan kenyamanan lebih terutama untuk pengendara jarak jauh. Setiap kursi juga memiliki colokan listrik
tersendiri.
Pencahayaan interior telah
dirancang untuk menciptakan suasana yang lebih lembut dan lebih santai. Rak
bagasi di atas kepala akan menyala di setiap pemberhentian untuk mengingatkan
penumpang terhadap barang-barang mereka.
Sistem suspensi aktif baru dapat
membantu menyerap gerakan kereta sehingga perjalanan akan terasa lebih mulus
dan minim getaran.
Huruf
'S' dari N700S adalah singkatan dari 'Supreme' melayani jalur Tokaido
Shinkansen, yang menghubungkan Stasiun Tokyo dan Stasiun Shin-Osaka di Osaka.
Ini adalah model kereta peluru
baru pertama yang ditambahkan ke jalur Tokaido Shinkansen oleh JR Central dalam 13
tahun, Peluncuran yang semula
dijadwalkan bertepatan dengan Olimpiade
Tokyo pada 2020 yang ditunda menjadi
2021 akibat pandemi Covid-19.
Sumber : CNN Indonesia, 13.07.20.
[English Free Translation]
Japan has just launched the
Shinkansen N700S train which starts operating on July 1st, 2020. This train is
said to have broken the record in terms of speed and smooth travel. Its another
recognition for Japanese fast train.
No comments:
Post a Comment