Jakarta, CNN Indonesia -- PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI menyatakan loket hanya difungsikan untuk pembelian
tiket tiga jam sebelum jadwal keberangkatan saat tatanan normal baru (new
normal) diterapkan. Sementara, pemesanan tiket hanya dapat dilakukan secara
online yaitu melalui aplikasi KAI Access, web KAI, dan mitra penjualan tiket
resmi lainnya.
Hal itu sejalan dengan pedoman
pada bisnis angkutan penumpang maupun barang yang mengurangi kontak fisik dan
menerapkan protokol kesehatan.
VP
Public Relations KAI Joni Martinus
mengatakan, pedoman yang akan diterapkan ketika Kereta Api Jarak Jauh Reguler
kembali beroperasi itu mengacu pada Keputusan Menteri Kesehatan No
HK.01.07/Menkes/328/2020.
Saat ini, KAI masih menunggu
arahan dari Kementerian Perhubungan dan terus memperhatikan perkembangan
penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di berbagai daerah.
Dalam era new normal, saat memasuki
area stasiun masyarakat diwajibkan untuk memakai masker dan bersuhu tubuh
kurang dari 37,3 derajat Celsius.
Pada proses boarding, penumpang
harus menunjukkan tiket dan identitas penumpang kepada petugas boarding. Jika
sudah diperiksa, maka penumpang melakukan scan tiket secara mandiri.
"Langkah ini untuk
meminimalisasi kontak fisik antara penumpang dan petugas," ujar Joni.
Selama perjalanan, selain
menggunakan masker, penumpang juga diharuskan mengenakan pelindung wajah (face shield) yang disediakan oleh KAI. Face shield tersebut
wajib digunakan penumpang hingga keluar dari area stasiun kedatangan.
Guna memastikan kesehatan
penumpang, petugas akan mengukur suhu badan penumpang di atas kereta tiap 3 jam
sekali. Jika ada penumpang yang kedapatan bersuhu badan 37,3 derajat Celsius
atau lebih dan mengalami gejala covid-19, maka penumpang tersebut akan dipindah
ke ruang isolasi yang ada di kereta.
"Bila kondisi penumpang
perlu penanganan segera, kami akan menghubungi dokter atau petugas kesehatan di
stasiun terdekat yang memiliki fasilitas pos kesehatan," ujar Joni.
Untuk menjamin kebersihan selama
perjalanan, petugas rutin membersihkan objek-objek yang sering terpegang tangan
setiap 30 menit sekali secara bergantian. Objek seperti pegangan pintu,
pengunci pintu, keran air, tombol flush toilet, sandaran tangan, meja lipat,
dan lainnya dibersihkan menggunakan pembersih yang mengandung disinfektan.
Joni mengatakan, dalam melayani
pelanggan pada new normal, petugas frontliner KAI yang berpotensi kontak jarak
dekat dengan penumpang dibekali dengan APD berupa masker, sarung tangan, dan
face shield.
Petugas tersebut antara lain
petugas loket, customer service, petugas boarding, kondektur, Polsuska,
pramugari kereta, dan petugas kebersihan di atas kereta.
"Petugas juga kami lengkapi
APD agar memberikan rasa aman kepada para pelanggan yang dilayani oleh petugas
kami," jelas Joni.
"Kami mengimbau kepada para
penumpang untuk tetap memperhatikan protokol kesehatan dengan menjaga jarak,
melakukan cuci tangan, membawa hand sanitizer pribadi, menjaga kesehatan,
melaksanakan Pola Hidup Bersih dan Sehat, serta tidak ragu melapor kepada
petugas jika tiba-tiba merasa tidak sehat," kata Joni.
Selain angkutan penumpang, KAI
juga menerapkan pedoman new normal untuk angkutan barang seperti jaga jarak
(physical distancing) di loket pelayanan barang, penyediaan wastafel portabel
dan hand sanitizer.
KAI juga akan memastikan
kebersihan fasilitas angkutan barang, memeriksa barang-barang yang akan
diangkut secara mendetail serta mewaspadai setiap kiriman hewan dan atau
kiriman lain yang berpotensi membahayakan kesehatan.
"Melalui pedoman ini, kami
mempersiapkan seluruh aspek operasional bisnis perusahaan dalam menghadapi new
normal nantinya," tutup Joni.
Sumber : CNN Indonesia, 29.05.20.
[English Free Translation]
PT Kereta Api Indonesia (Persero)
or KAI said the counters only functioned for purchasing tickets three hours
before the scheduled departure when the new normal order was applied.
Meanwhile, ticket bookings can only be done online through the KAI Access
application, KAI web, and other official ticket sales partners.
No comments:
Post a Comment