Bisnis.com, JAKARTA - PT
Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI melayani sebanyak 3.860
pelaku perjalanan mendesak untuk kepentingan non mudik pada hari
kedua masa peniadaan mudik 2021, Jumat (7/5/2021).
VP Public
Relations KAI Joni Martinus
mengatakan jumlah tersebut sebesar 23 persen dari total kapasitas yang
tersedia sebanyak 16.552 tempat duduk. Dia menjelaskan rute yang paling
banyak digunakan oleh orang-orang yang dikecualikan untuk naik KA Jarak Jauh
tersebut adalah Jakarta - Yogyakarta, Jakarta - Surabaya, dan Surabaya -
Jakarta.
"Pada hari tersebut
juga, KAI menemukan 275 calon penumpang yang tidak melengkapi berkas-berkas
persyaratan naik KA Jarak Jauh. Rinciannya, 218 orang tidak membawa Surat Izin
Perjalanan dan 57 orang tidak membawa surat bebas Covid-19 yang masih
berlaku," ujarnya melalui siaran pers, Sabtu (8/5/2021).
Pada masa peniadaan mudik
lebaran 6 Mei 2021 -17 Mei 2021, KAI mengoperasikan 10 perjalanan KA Jarak Jauh
Komersial dan 28 perjalanan KA Jarak Jauh PSO untuk melayani orang-orang yang
dikecualikan sesuai aturan yang ditetapkan pemerintah, bukan untuk kepentingan
mudik.
Sebelumnya KAI menemukan
sebanyak 403 calon penumpang yang tidak melengkapi berkas-berkas persyaratan
naik KA Jarak Jauh pada hari pertama peniadaan mudik 6 Mei 2021.
Rinciannya sebanyak 329
orang tidak membawa Surat Izin Perjalanan dan 74 orang tidak membawa surat
bebas Covid-19 yang masih berlaku. Verifikasi berkas calon penumpang dilalukan
oleh petugas di stasiun akan melakukan verifikasi berkas-berkas secara cermat
dan teliti.
Dia menegaskan apabila
ditemukan penumpang yang tidak sesuai berkasnya, maka tidak diperbolehkan untuk
melanjutkan perjalanan dan tiket akan dibatalkan. Verifikasi tersebut dilakukan
guna memastikan bahwa hanya orang-orang yang dikecualikan saja yang dapat
menggunakan KA Jarak Jauh dan bukan untuk kepentingan mudik Lebaran.
Dia mengimbau kepada calon
penumpang agar perjalanan aman dan nyaman agar melengkapi berkas sebelum tiba
di stasiun. Pastikan juga, sambungnya, berkas yang disiapkan sudah sesuai
dengan ketentuan yang ditetapkan oleh pemerintah.
Sumber : Bisnis, 08.05.21.
[English Free Translation]
PT Kereta Api Indonesia
(Persero) or KAI serves as many as 3,860 urgent travelers for the benefit of
non-homecoming on the second day of the elimination of homecoming in 2021,
Friday (May 7, 2021).
No comments:
Post a Comment