Jakarta,
CNN Indonesia -- PT KAI (Persero) resmi mengubah
logo perusahaan. Perubahan logo KAI bertepatan dengan HUT
perseroan Ke-75, yang dimaksudkan sebagai transformasi visi dan budaya
perusahaan.
"Hadirnya
visi dan budaya baru perusahaan perlu diikuti dengan perubahan logo sebagai
upaya transformasi yang berkelanjutan," ujar VP Public Relations KAI Joni Martinus seperti dikutip
dari rilis, Jumat (2/10).
Lebih
lanjut Joni mengatakan perubahan logo merupakan bagian dari rangkaian
transformasi perusahaan di berbagai aspek. Tidak hanya logo, budaya pun
bergeser, dinyatakan sejak 14 Agustus lalu.
Budaya
perusahaan KAI yang baru disingkat 'AKHLAK' atau Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan
Kolaboratif. Ada pun budaya perusahaan sebelumnya adalah 5 nilai utama: Integritas,
Profesional, Keselamatan, Inovasi, dan Pelayanan Prima.
Sejalan
dengan itu, visi KAI pun tak lagi sama. Ambisi KAI kini ialah menjadi solusi
ekosistem transportasi terbaik untuk Indonesia. Sedangkan, visi
KAI sebelumnya tak seluas saat ini, sebatas menjadi penyedia jasa
perkeretaapian terbaik yang berfokus pada pelayanan pelanggan dan memenuhi
harapan stakeholders.
Joni
mengatakan bahwa perubahan logo juga terjadi pada anak usaha KAI. Logo anak usaha
KAI kini terdiri dari logo KAI dan nama anak perusahaan. Harapannya, bisnis KAI
Group akan kian terintegrasikan dan memudahkan proses komunikasi dengan para
pemangku kepentingan.
"Pembuatan
logo tersebut sudah melalui proses pertimbangan yang matang dan mendalam dari
berbagai aspek. Penerapan perubahan logo baru ini akan dilakukan secara
bertahap pada berbagai media yang memungkinkan," tegas Joni.
Dia
menyebut bahwa perubahan ini dapat memberikan semangat dan energi baru bagi
para insan KAI untuk menghadirkan pelayanan bagi masyarakat. Hal ini dibuktikan
dengan banyaknya inovasi dalam upaya peningkatan layanan yang diberikan bagi
pelanggan dalam rangkaian HUT ke-75 KAI.
Inovasi-inovasi
yang dimaksudnya, yaitu layanan Last Mile atau transportasi lanjutan untuk
angkutan penumpang dan barang, Membership KAI Access, dan pembayaran
tiket kereta api menggunakan QRIS.
Selain
itu juga diluncurkan kartu COMMUTERPAY, fasilitas Skybridge Stasiun
Bandung, pencanangan Slasar
Malioboro, pengelolaan KA Lokal oleh KCI di 2 wilayah, dan peluncuran Loko
Coffee Shop Semarang.
Dia
berharap hadirnya logo baru ini akan menjadikan momentum bagi KAI untuk dapat
bertahan pada masa pandemi dan terus berkembang di masa yang akan datang.
"Dengan
semangat dan energi baru yang muncul dari logo ini, akan memacu seluruh insan
KAI untuk terus berinovasi dalam menghadirkan berbagai peningkatan pelayanan
bagi para pelanggan," tandasnya.
Sumber
: CNN Indonesia, 02.10.20.
[English
Free Translation]
PT KAI (Persero) officially changed the company logo. The change in the KAI logo coincides with the company's 75th anniversary, which is intended as a transformation of the company's vision and culture.
No comments:
Post a Comment