KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Gojek masuk dalam daftar 10 besar BrandZ Most Valuable Indonesian Brand
2019. Adapun merek paling bernilai di Indonesia adalah Gojek yang menempati
posisi enam dan menjadi perusahaan teknologi dengan peringkat paling baik di
antara perusahaan lain.
Dalam
laporan BrandZ 2019, menyatakan bahwa nilai merek atau brand value Gojek pada
2019 sebesar US$ 4,487 miliar, tumbuh 88% dibandingkan 2018.
Menurut BrandZ, perusahaan teknologi penyedia layanan on-demand ini unggul
sebagai The Most Valuable Digital Brand alias
merek digital paling bernilai yang dinilai berdasarkan aspek-aspek Purpose, Innovation, Communications, Experience, dan Love yang membentuk metriks meaningful (bermakna), different
(unik/berbeda dengan brand lain), dan salient (selalu diingat).
Aspek-aspek tersebut menunjukkan bahwa brand health
(kesehatan merek) Gojek sangat baik sehingga mendukung pertumbuhan nilai merek.
Co-Founder Gojek Kevin Aluwi mengatakan,
pihaknya menyambut kabar baik tersebut dan bersyurkur atas predikat ini.
"Ini berarti kehadiran Gojek masih membawa dampak
yang signifikan bagi masyarakat Indonesia. Kami mendirikan Gojek karena ingin
mengatasi masalah mobilitas, keberhasilan solusi yang kami tawarkan melalui
ride-hailing kemudian membawa kami kepada potensi-potensi solusi vertikal
lainnya," kata Kevin dalam keterangannya, Kamis (12/9).
Kevin menyebutkan, saat ini Gojek telah memiliki lebih
dari 20 layanan dalam satu platform termasuk layanan pesan-antar makanan,
dompet digital, gaya hidup, dan lainnya. Pun data dari Nikkei menyebutkan
jumlah pengguna aktif bulanan Gojek di Indonesia paling banyak dibandingkan
dengan aplikasi on-demand lainnya.
"Data yang sama juga menyebutkan bahwa jumlah
pengguna aktif bulanan Gojek di Indonesia setara dengan jumlah pengguna aktif
bulanan aplikasi ride-sharing terbesar dunia di Amerika," ungkapnya.
Dia menjelaskan, data tersebut diperkuat dengan hasil
survei dari Alvara Research Center
pada Juli lalu. Hasilnya membuktikan tiga layanan Gojek yaitu transportasi,
pesan-antar makanan, dan pembayaran digital menjadi pilihan utama milenial
Tanah Air.
"Kami percaya bahwa Gojek tetap terdepan di
Indonesia, karena kami adalah perusahaan karya anak bangsa dengan pemahaman
yang mendalam tentang konsumen dan pasar Indonesia. Ke depannya, kami terus
berupaya untuk menawarkan cara pintar dalam mengatasi tantangan yang dihadapi
para pengguna," tambahnya.
BrandZ
merupakan satu-satunya peringkat penilaian brand yang berdasarkan pendapat
konsumen. Analisis BrandZ memungkinkan merek-merek Indonesia untuk
mengidentifikasi kekuatan mereka di pasar dan memberikan panduan strategis yang
jelas terkait cara meningkatkan nilai perusahaan dalam jangka panjang.
Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul
"Gojek Dinobatkan Jadi Merek Digital Paling Bernilai di Indonesia"
Sumber : Kontan, 13.09.19.
[English Free Translation]
Gojek is included in the list of the top 10 BrandZ Most
Valuable Indonesian Brand 2019. The most valuable brand in Indonesia is Gojek
which ranks sixth and is a technology company with the best ranking among other
companies.
No comments:
Post a Comment