Bisnis.com, JAKARTA – Progres pembangunan proyek jalur
dwi ganda kereta api atau double-double track (DDT) paket A tahap I
Manggarai - Cikarang sudah mencapai 98 persen. Adapun, item pekerjaan
proyek tersebut meliputi pembangunan Stasiun Jatinegara, Matraman, dan
Manggarai; sisi barat new track elevated Manggarai – Jatinegara dan
Bukit Duri – Cikini.
"Pada kesempatan ini saya ingin menjelaskan
perkembangan pembangunan perkeretaapian kita. Kita lihat bahwa Stasiun
Jatinegara dan jalur keretanya sudah selesai dengan jalur elevated [overtrack
station] sehingga pelayanannya menjadi lebih baik. Kita juga akan lakukan ini
di Manggarai yang akan menjadi pusat stasiun kereta api jarak jauh,” kata Menteri
Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam siaran pers yang dikutip, Senin
(22/3/2021).
Budi menjelaskan, untuk pembangunan gedung Stasiun
Jatinegara sendiri sudah selesai 100 persen. Saat ini di Stasiun Jatinegara
sudah memiliki fasilitas yang memadai seperti memiliki 4 peron, 8 jalur kereta,
bangunan stasiun 2 lantai, perpindahan penumpang melalui lantai 2 bangunan stasiun
(area concourse), panjang peron, dan shelter seragam, serta dilengkapi
fasilitas bagi kaum difabel.
Dia menambahkan, untuk proyek di kereta api, Menteri
Keuangan Sri Mulyani telah mengalokasikan dana sekitar Rp10-17 triliun
dalam setahun. Sebaliknya, untuk pembangunan DDT Manggarai-Cikarang
sendiri biayanya mencapai sekitar Rp5 triliun lebih.
Kemenhub melalui Ditjen Perekeretaapian terus bekerja keras
menyelesaikan berbagai proyek prasarana perkeretaapian nasional yang
membutuhkan alokasi anggaran yang besar.
"Mulai dari membangun infrastruktur kereta api seperti
rel kereta, gedung-gedung stasiun, sistem persinyalan, pekerjaan sipil
[pondasi, jembatan di sekitar jalur rel dan stasiun dan-lain-lain], juga
membiayai perawatan jalur KA," jelasnya.
Sementara itu dengan adanya DDT Manggarai-Cikarang ini, dia
optimistis dapat memberi manfaat yang banyak seperti memisahkan perjalanan KA
Jarak Jauh / Main Line dengan KRL / Commuter Line, mengurangi keterlambatan
perjalanan kereta, meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar, dan
meningkatkan keselamatan, kenyamanan dan keamanan perjalanan KA.
"DDT Manggarai-Jatinegara diharapkan dapat lebih
mempermudah mobilitas masyarakat di wilayah Jabodetabek dengan bertambahnya
jumlah kapasitas pergerakan kereta api jalur Bekasi maupun Bogor line,"
tuturnya.
Sumber : Bisnis, 22.03.21.
[English Free Translation]
The progress of the construction of the double-double track
(DDT) package A phase I Manggarai - Cikarang project has reached 98 percent.
Meanwhile, the project work items include the construction of Jatinegara,
Matraman, and Manggarai Stations; west side of the new elevated track Manggarai
- Jatinegara and Bukit Duri - Cikini. Still on progress.
menangkan uang sebanyak-banyaknya hanya di AJOQQ :D
ReplyDeleteAJOQQ menyediakan 9 permainan seru :)
WA;+855969190856