SuRaBaYa: Jum’at
13/03 pagi, ketemu calon Pelanggan dari JKT, PT Buana Kontenindo Express (BKE). Diskusi tri-partite antara PT Kereta Api Indonesia (Persero) Kantor
Pusat + Daop 8 SB, JO BUMIKALOG dan
PT BKE.
Pertemuan berlangsung alot. Namun demikian bukan tidak
ada hasil. Pembicaraan intensif sudah dilakukan berulangkali dan tinggal
menunggu hari. Saat ini bongkaran KA milik BKE sudah berjalan di Stasiun Kalimas tetapi untuk pemuatan
di Stasiun Benteng (BET), Surabaya.
Sehubungan semua angkutan barang nantinya akan difokuskan
di Terminal Barang Kalimas maka instruksi dari induk, agar semua angkutan
barang dengan moda kereta api (KA)
akan difokuskan di TB KLM.
Beres dengan urusan BKE, dilanjut dengan program
sosialisasi di kantor pusat PT Terminal
Petikemas Surabaya (TPS). Dengan mengundang sejumlah importir buah-buahan,
sosialisasi berlangsung mancarli.
Bahwa ada keraguan, pastinya selalu begitu. Namanya
barang baru dan ini merupakan program pemerintah untuk menekan biaya logistik
sehingga koneksi rel KA masuk ke pelabuhan menjadi wajib dan prioritas. Tak
hanya pelabuhan yang dibidik. Bandara pun kini wajib terkoneksi dengan rel KA.
Kenapa baru terpikir sekarang ya ? Sejarah pembangunan
rel KA (sebagai contoh) ke pelabuhan TPS sudah ada sejak tahun 2006/2007 dan dibangun oleh Satker Dirjenka. Selama itu pula
menjadi pajangan dan pemanis gak jelas juntrungane.
Nah sejak bang Mandor memimpin PT Kereta Api Indonesia
(Persero), Ignasius Jonan, dilanjutkan
oleh Edi Sukmoro yang menggantikan
posisi bang Mandor sebagai orang nomor satu, harapannya nyaris serupa, yakni
ingin mewujudkan kemudahan bagi pengguna jasa dan lebih efisien serta efektif.
Seperti diketahui, memorandum
of understanding (MoU) ato nota kesepahaman sebagai landasan hukum untuk
pelaksanaan kegiatan ini, sudah ditandatangani oleh kedua belah pihak tgl 09/01/15 lalu. Kini tinggal menunggu
eksekusi dari cita-cita tersebut.
Semoga. Simak liputannya dibawah ini.
Sumber : KALOG / Foto : RAM – Egi Komar.
[English Free Translation]
Friday, March 13th, a number of scheduled meetings, we
received. But we only had time to present in 2 (two) dedicated meeting : Daop 8
SB (discuss removals service PT BKE of BET to KLM) and outreach programs of the
port railway at TPS. Bravo!.
No comments:
Post a Comment