JAKARTA: Pada hari Kamis
21/06 lalu, di kantor PT Kereta Api Logistik (KALOG) Jakarta dilakukan acara
sosialisasi jasa titipan KALOG. Acara ini dihadiri oleh perwakilan dan kantor
cabang yang sudah dipersiapkan secara matang oleh tim kantor pusat.
Ceritanya begini deh. Apa
dan Bagaimana KALOG sampai berkeinginan mengembangkan bisnis kurir.
Sejak berdiri pada tahun
2009, ekspansi usaha KALOG, anak perusahaan PT. Kereta Api Indonesia (KAI)
(Persero) semakin menunjukkan eksistensinya. Pada awal berdirinya, layanan
usaha KALOG hanya melakukan pelayanan pengiriman barang hantaran hanya dari
stasiun ke stasiun.
KALOG mengembangkan proses
bisnisnya sebagai perusahaan penyedia jasa layanan distribusi logistik secara
Total Solution melalui “End-to-End Services”.
Dengan terbitnya surat izin dari
Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika No :
059/KEP/DJPPI/KOMINFO/06/2012 tentang Izin Penyelenggaraan Jasa Titipan PT.
KALOG, menjadi modal bagi KALOG dalam mengembangkan bisnis barunya, yaitu
bisnis jasa titipan atau kurir.
Saat ini KALOG akan
mengembangkan layanan angkutan barang yang akan langsung mengantarkannya dari
pintu ke pintu atau kerennya, door-to-door services.
Direktur Keuangan dan Umum
PT. KALOG, Soemartono, mengatakan bahwa embrio dari bisnis jasa kiriman ini
sebenarnya sudah ada sejak KALOG berdiri. Tetapi fokusnya masih dalam bentuk
jasa pengiriman barang hantaran, dan pelayanannya lebih banyak dari stasiun ke
stasiun. Konsumennya pun sebagian besar masih para ekspeditur.
“Dalam pengembangan usahanya,
KALOG melayani dari tempat pengiriman ke tujuan atau Door to Door. Dan akan menjaring pengguna pengirim
langsung, bukan lagi para ekspeditur,” ujar Soemartono dalam acara Sosialisasi
dan Internalisasi Layanan Bisnis kurir PT. KALOG, Kamis (21/6).
Pada kesempatan yang sama,
Manager Bisnis Kurir PT. KALOG, Army Hani menjelaskan, untuk menunjang bisnis
baru ini, pihaknya telah menambah jumlah perwakilan/cabang di daerah dari 6
kota menjadi 17 kota yang tersebar di sepanjang Pulau Jawa.
Diprogramkan pada tahun ini,
jumlah total perwakilan/cabang yang dimiliki oleh PT. KALOG menjadi 37 unit.
“Dengan bertambahnya jumlah jaringan pelayanan di daerah, diharapkan akan
semakin mengoptimalkan bisnis baru yang akan dikembangkan oleh PT. KALOG, jelas
Army.
Foto dari kiri ke kanan : Manager Bisnis Kurir PT. KALOG Army Hani, Direktur Keuangan dan Umum
PT. KALOG, Soemartono dan VP SDM PT. KALOG, Zaroni, saat memberikan penjelasan tentang
bisnis baru PT. KALOG kepada seluruh perwakilan daerah PT. KALOG.
Pihaknya pun akan semakin
ketat dalam mengantarkan barang hantaran. Sesuai dengan standar tingkat
keamanan yang telah dibuat PT. KAI tentang barang-barang yang dilarang dimuat
dengan berdasarkan pada peraturan yang berlaku.
Seperti barang yang mudah
terbakar atau meledak sampai pada barang yang mengandung zat psikotropika.
Mengingat telah terjadinya kebakaran barang hantaran yang terjadi di Stasiun
Semarang Poncol beberapa bulan yang lalu.
Sumber : Humaska / Foto :
Humaska + KALOG.
[English Free Translation]
On Thursday 21/06, at the
office of PT Kereta Api Logistik (KALOG) Jakarta do the socialization of KALOG
courier service. The event was attended by representatives and branch offices
that have been carefully prepared by a team of head office. Congrats.
No comments:
Post a Comment