SEMARANG : Sejumlah peserta program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) 2018
asal Kalimantan Barat memimpikan
terwujudnya transportasi KA yang
melayani Pulau Borneo.
Impian itu disampaikan Erka (18) siswa dari SMK Maniamas Ngabang,
Landak, Kalbar, saat mengunjungi Sta
Tawang Semarang, Jumat, sebagai rangkaian kegiatan SMN selama mereka di Jawa Tengah.
Program SMN merupakan kegiatan pertukaran pelajar di
Indonesia yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN dan difasilitasi seluruh BUMN
yang memiliki wilayah kerja di 34 provinsi.
Pada tahun ini, KAI ditunjuk sebagai koordinator kegiatan SMN di Jateng bersama PT Taman Wisata Candi Borobudur,
Prambanan, dan Ratu Boko, PT Kawasan
Industri Wijayakusuma, dan Perum
Perhutani.
Di Sta Tawang, sebanyak 23 pelajar dari Kalbar itu diajak
berkeliling untuk mempelajari manajemen perkeretaapian KAI, sekaligus merasakan
kemewahan gerbong eksekutif KA Argo
Muria.
KS Semarang Tawang Tonny Junianto memandu langsung rombongan pelajar asal Kalbar itu
berkeliling stasiun dan menjelaskan tahap demi tahap proses pemesanan tiket
penumpang KA.
Terpisah, VP CSR KAI Agus Supriyono mengatakan kunjungan ke Sta Semarang
Tawang itu untuk mengenalkan kepada siswa mengenai proses bisnis KAI hingga
pemesanan tiket. "Mulai pelayanan, pembelian tiket secara 'online', cetak
tiket, 'boarding', sampai naik KA. Kemudian, pengenalan 'salam greeting'
sebagai bentuk penghargaan terhadap konsumen," katanya.
Nantinya, kata Agus, para pelajar
asal Kalbar itu juga diberikan kesempatan merasakan sensasi naik KA uap dari
Ambarawa menuju Bedono saat kunjungan ke Museum Ambarawa, Kab. Semarang.
Sumber : Antara, 20.08.18.
[English Free Translation]
A number of participants in the 2018
Siswa Mengenal Nusantara (SMN) program from West Kalimantan dreamed of the
realization of railway transportation serving the island of Borneo.
The SMN program is a student
exchange activity in Indonesia initiated by the Ministry of SOE (State Owned
Enterprise or BUMN) and facilitated by all SOEs that have working areas in 34
provinces.
No comments:
Post a Comment