Wednesday, February 13, 2019

[KG-044/2019] CFT, Samin Group, ILC – Sertwo International


JaKaRTa : It’s a hectic day dan harus diakui bener bingitz. Ini hari merupakan hari yang penuh dengan kegiatan, mulai dari kegiatan formal sampe non-formal. Gak ngeluh loh cuma nyammpein supaya dimaklum.

Menjelang siang, kedatangan CFT PT KAI (sebelumnya SM di Divre 4) yang meninjau aktifitas di Jakarta Gudang (JAKG) serta sempat berdiskusi dengan Rizal + Azizah di kantor JO BKALOG.

Sorenya, ketemu sohib lama di SICU / Samudera Indonesia Corporate University (mantan GM Divisi Hapag-Lloyd), kemudian ketemu petinggi Samin juga, mbak Imelda dan Teguh Basuseto di SSL.


Usai waktu Shalat Maghrib, diadakan pertemuan antara pihak Sertwo International Sdn Bhd (selanjutnya disebut Sertwo) dengan perwakilan Indonesian Logistics Community (ILC) untuk saling berkenalan skaligus bersilaturahim. Pertemuan ini untuk kali pertama dilakukan, meminjam tempat di area Best Western The Hive.

Dengan difasilitasi oleh MaTrade (semacam Kamar Dagang Malaysia), tim ILC diperkenalkan dengan tim Sertwo : Jemizan Abu Bakar, Nor Azwa Omar Jamli, Farahida Dato Fauzi dan tim.

Butir2 pertemuan membahas topik profil perusahaan (company profile), memperkenalkan produk Shertu (product brief introduction) dan diakhiri tanya jawab antar para-pihak. Inti pembahasan, bagaimana cara memasyarakatkan Halal Products di Indonesia, berkaca pengalaman Sertwo di Negeri Jiran.

Sebenarnya tujuan pertemuan untuk berbagi pengalaman agar masing2 pihak mampu bertindak sesuai domainnya dan tak melanggar regulasi yang ada. Apa sebab ? Produk yang nak masuk ke Tanah Air merupakan produk Malaysia dan akan diperkenalkan di Indonesia sesegera mungkin.

Akan ada pembicaraan lebih lanjut apabila dirasa keduanya menyepakati poin2 yang sudah dibicarakan semalam. Menyusul.


Sebagai tambahan informasi, yuuuuk simak definisi yang dinamakan produk halal ato halal product itu apa ? Definisi ini dipinjam dari Wikipedia dan dibagikan kepada Pembaca agar memiliki pemahaman yang sama.

Halal (Arab: حلال‎ ḥalāl; 'diperbolehkan') adalah segala objek atau kegiatan yang diizinkan untuk digunakan atau dilaksanakan, dalam agama Islam. Istilah ini dalam kosakata sehari-hari lebih sering digunakan untuk menunjukkan makanan dan minuman yang diizinkan untuk dikonsumsi menurut Islam, menurut jenis makanan dan cara memperolehnya. 

Pasangan halal adalah thayyib yang berarti 'baik'. Suatu makanan dan minuman tidak hanya halal, tetapi harus thayyib; apakah layak dikonsumsi atau tidak, atau bermanfaatkah bagi kesehatan. Lawan halal adalah haram.

Halal sebagai salah satu dari lima hukum yang kita kenal sekarang ini, yaitu: fardhu (wajib), mustahab (disarankan), halal (diperbolehkan), makruh (dibenci), haram (dilarang).

Di Indonesia, sertifikasi kehalalan produk-produk pangan dan minuman ditangani oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) – secara spesifiknya Lembaga Produk Pangan, Makanan & Kosmetika Majelis Ulama Indonesia dan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH).


Seiring dengan bahasan halal diatas, gak ada salahnya ada informasi terkait yang bisa jadi rujukan buat kita semua.
 
--- quote ---

Bisakah Indonesia Saingi Dominasi Malaysia di Pasar Halal Dunia?

Sumber asia.nikkei.com

Posted on February 13, 2019

Pasar Halal dunia diproyeksikan bernilai $3 triliun pada tahun 2023, tidak heran jika negara-negara Muslim (atau mayoritas Muslim seperti Indonesia) berusaha memanfaatkan potensi ini. Saat ini, Malaysia masih mendominasi pasar tersebut, dengan label halal-nya yang dikelola oleh negara. Namun Indonesia, kini menjadi pesaing yang harus diperhitungkan.

Oleh: CK Tan dan Shotaro Tani (Nikkei Asian Review)

Jepang mungkin memiliki populasi Muslim yang sangat sedikit, tetapi negara itu masih membuka jalan bagi Faisal Ahmad Fadzil dari Malaysia dan lini produk mandi dan minyak pijatnya yang bersertifikat halal.

“Jika Anda sukses di Jepang,” kata Faisal, “Anda bisa sukses di mana saja.”

Eksportir Malaysia yang mematuhi produk-produk syariah itu bertujuan untuk mengembangkan produknya ke mana-mana, memanfaatkan ekonomi Islam global yang diproyeksikan bernilai lebih dari $3 triliun pada tahun 2023. Tetapi dengan peluang sebesar itu datanglah persaingan yang hebat.

Indonesia, rumah dari populasi Muslim terbesar di dunia, menjadi pesaing kuat.

Istilah “halal” mencakup segala sesuatu yang sesuai dengan hukum Islam seperti yang tertulis dalam Alquran. Aturan yang paling terkenal adalah melarang daging babi dan alkohol, tetapi tulisan itu dapat diterapkan untuk semua jenis produk dan layanan. Meskipun ada upaya untuk menciptakan standar universal, untuk saat ini berbagai negara menggunakan metode sertifikasi mereka sendiri.

Saat ini, Malaysia memiliki keunggulan atas tetangganya di Asia Tenggara itu dalam bisnis halal. Malaysia mengekspor produk bersertifikat pada tahun 2017 senilai 43,3 miliar ringgit ($10,5 miliar), naik 32 persen dari empat tahun sebelumnya dalam hal mata uang lokal. Makanan menyumbang hampir setengah dari ekspor, di samping kosmetik, bahan kimia dan barang-barang lainnya. Indonesia, sementara itu, mengirimkan $7,6 miliar.

Malaysia menempati peringkat pertama di antara negara-negara dengan posisi terbaik untuk meraih peluang dalam ekonomi Islam, menurut laporan 2018-2019 oleh Thomson Reuters dan DinarStandard yang membuat proyeksi $3 triliun. Saat ini, ekonomi ini mencakup tidak hanya negara-negara yang mayoritas penduduknya Muslim, tetapi juga pasar-pasar lain seperti Jepang di mana ada permintaan barang yang sesuai dengan batasan Islam, baik itu dari pelancong atau imigran.

Laporan ini menunjukkan Indonesia berada di peringkat 10.

Malaysia, yang telah lama membuat barang-barang halal dan sebagai pilar keuangan Islam dari perkembangan ekonominya, berharap dapat memperluas bisnis itu dengan meluncurkan blitz pemasaran di Jepang. Idenya adalah untuk membantu perusahaan kecil dan menengah seperti Faisal untuk membuat terobosan, dan tujuan terdekatnya adalah memanfaatkan Olimpiade Tokyo 2020 secara maksimal.

Sekitar 45.000 atlet dan panitia diharapkan akan menghadiri pertandingan itu, dan sekitar 40 persen dari mereka akan membutuhkan produk halal, perkiraan Kementerian Pengembangan Pengusaha Malaysia. Selain itu, penggemar yang akan datang untuk mendukung mereka juga akan membutuhkannya.

“Hal yang paling dibutuhkan bagi umat Islam adalah untuk dapat dengan mudah mengakses makanan halal,” kata Hind Hitomi Remon, direktur Asosiasi Halal Jepang.

Banyak orang Asia Tenggara yang juga mengunjungi Jepang untuk berlibur. Kedatangan dari Indonesia melonjak lebih dari 400 persen dari tahun 2007 hingga 2017, sementara peningkatan dari Malaysia melebihi 300 persen, data dari Organisasi Pariwisata Nasional Jepang menunjukkan. Dan Remon menekankan bahwa kafetaria perusahaan dan sekolah perlu beradaptasi dengan produk halal karena Jepang membawa lebih banyak pekerja dari negara-negara seperti Indonesia untuk mengimbangi kekurangan tenaga kerjanya.

Waktu menjelang Olimpiade, katanya, “akan menjadi petunjuk yang baik bagi industri makanan untuk menyiapkan kebutuhan kantin.”

Menteri Pengembangan Pengusaha Malaysia Redzuan Yusof, pada acara peluncuran untuk kampanye pemasaran Jepang pada 24 Januari, berbicara tentang standar halal negaranya sebagai “terbaik di dunia” tetapi menekankan ini “tidak akan berarti banyak jika kita tidak mengekspor produk kami ke pasar global.”

Sertifikasi halal yang ketat di negara itu, yang ditangani oleh Departemen Pembangunan Islam Malaysia, memang terkenal di seluruh dunia—meskipun tidak di Indonesia. Negosiasi mengenai hal ini terhenti, tetapi sementara itu, Indonesia untuk menjadi kekuatan halal yang lebih besar dengan memperluas sertifikasi sendiri, memperkuat basis manufaktur halal dan meningkatkan ekspor.

Dengan hampir 90 persen dari lebih dari 260 juta orang mengikuti Islam, Indonesia selalu menjadi salah satu pasar halal terbesar. Tetapi ekspornya didominasi oleh komoditas, membuat ekonomi rentan terhadap harga sumber daya yang tidak stabil.

Mengingat pertumbuhan bisnis halal global, Presiden Joko Widodo melihat peluang untuk mengubahnya.

Jokowi telah berupaya menjangkau dunia Muslim. Indonesia telah meningkatkan misi perdagangan dan berharap untuk membuat kesepakatan dengan sembilan negara tahun ini, lima di antaranya sebagian besar Muslim, termasuk Iran dan Turki.

Oke Nurwan, direktur jenderal kementerian perdagangan untuk perdagangan luar negeri, mengatakan besarnya populasi Muslim Indonesia meningkatkan penjualan ketika bersaing di luar negeri dengan negara-negara seperti China. “Kami menyerukan identitas bersama kami sebagai negara-negara Muslim (mayoritas) yang menyetujui pedoman serupa,” kata Nurwan.

Di rumah, pemerintah sedang mengembangkan empat klaster industri yang berfokus pada halal untuk menarik produsen produk yang sesuai, ditambah restoran, mal dan lembaga keuangan Islam—yang menawarkan layanan sesuai dengan larangan Islam tentang minat dan aturan lainnya. Indonesia juga telah menetapkan sekitar 10 provinsi yang cocok untuk wisatawan Muslim.

Tetapi perubahan yang paling penting menyangkut ruang lingkup sertifikasi halal dan cara pemberiannya.

Mulai Oktober ini, Indonesia akan mewajibkan untuk mensertifikasi sejumlah barang dan jasa sebagai halal: makanan, minuman, obat-obatan, kosmetik, bahan kimia dan produk biologis atau rekayasa genetika, bersama dengan barang-barang konsumsi lainnya yang dipakai atau digunakan oleh publik.

Beberapa orang di komunitas bisnis memiliki perasaan campur aduk. “Untuk produk makanan dan minuman, saya sangat setuju (dengan sertifikasi wajib), tetapi di luar itu, itu harus sukarela,” kata Hariyadi Sukamdani, ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia. Langkah itu, katanya, akan berarti “biaya tambahan” bagi perusahaan.

Biaya sertifikasi halal dapat mencapai $140 hingga $320 tergantung pada ukuran perusahaan, tetapi mungkin ada biaya lain yang terkait dengan membuat jalur produksi halal.

Yurisdiksi atas proses tersebut ditangani oleh lembaga pemerintah yaitu Majelis Ulama Indonesia, atau MUI.

“Penerbitan sertifikasi halal itu penting untuk dilakukan oleh lembaga pemerintah, dengan bekerja sama dengan MUI, kepercayaan atas sertifikasi tersebut meningkat baik di dalam maupun luar negeri,” kata Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.

Sejumlah besar uang dipertaruhkan: Sistem baru ini diharapkan dapat menghasilkan pendapatan tahunan pemerintah 22,5 triliun rupiah ($1,6 miliar), menurut laporan Bloomberg pada hari Minggu (10/2).

MUI masih akan memiliki peran “sangat besar”, kata menteri. Tetapi memiliki badan pemerintah yang mengawasi sertifikasi halal dapat membantu Indonesia bersaing lebih baik dengan Malaysia dan para pesaing lainnya di panggung global.

Bisnis yang dijalankan oleh negara Muslim dan negara-negara dengan populasi mayoritas Muslim bukan satu-satunya pesaing.

Laporan Thomson dari Reuters tentang “Negara Ekonomi Islam Global” menyoroti pengaruh Malaysia, dan penjabaran sektor per sektor juga menunjukkan betapa internasionalnya ekonomi halal.

Brasil menempati urutan ketiga dalam industri makanan, berdasarkan statusnya tidak hanya sebagai pengekspor daging terbesar di dunia tetapi juga penyedia daging halal terkemuka, meskipun jaraknya jauh dari negara mayoritas Muslim.

Singapura dan China masing-masing bersaing dalam industri busana tertutup, berada di peringkat ketiga dan keenam dalam kategori itu. Thailand berada di peringkat keenam dalam daftar tujuan perjalanan ramah-Muslim.

Bisnis impor Tokyo yang disebut Yatsumoto Tsusho merupakan contoh bagaimana perusahaan di luar dunia Muslim dapat mengambil keuntungan dari tren ini: membantu eksportir halal beradaptasi dengan pasar baru.

Dengan atau tanpa stempel halal, mengekspor ke Jepang berarti mengatasi persyaratan keselamatan yang ketat dan prosedur perdagangan. Ditambah lagi, Presiden perusahaan Yasuhiro Fukuchi mengatakan, bahkan produk yang ditargetkan untuk Muslim “juga harus dibuat untuk menyenangkan selera orang Jepang lainnya.”


Fukuchi bekerja dengan pembuat granola Malaysia yang disebut Dr. Aishah Solution. Dengan bantuannya, yang mencakup saran tentang pengemasan dan pemasaran, Dr. Aishah akan mulai memasok granola bebas gula dan garam ke hotel-hotel mewah di Kyoto dan Osaka musim semi ini.

Dalam beberapa kasus, bahkan konsumen non-Muslim mencari produk halal justru karena standarnya sangat ketat. Ini berlaku untuk kosmetik Malaysia, ekspor yang melonjak 32 persen pada 2017, menjadi 2,9 miliar ringgit.

Tren ini menjadi salah satu alasan mengapa Faisal memiliki harapan yang tinggi untuk mengembangkan garam mandi, sabun, dan minyak pijat di Jepang. Perusahaannya, Tanamera Tropical Spa, sudah memiliki distributor Jepang dan ekspor ke Jerman, Hong Kong dan Vietnam juga. Tetapi pada tahun 2019 ia ingin membuka toko di Jepang, dengan tujuan untuk meningkatkan rasio pendapatannya di luar negeri di atas 30 persen.

Ketika perbatasan memudar dan peluang semakin besar, laporan ekonomi Islam memprediksi pergeseran keseimbangan kompetitif. “Malaysia dan (Uni Emirat Arab) memimpin sekali lagi, tetapi perubahan signifikan diperkirakan akan terjadi karena lebih banyak negara melibatkan kepentingan ekonomi strategis pada ekonomi Islam.”

Dengan jumlah Muslim di planet ini diperkirakan akan mencapai 2,7 miliar pada tahun 2050, menurut Pew Research, mungkin akan ada cukup banyak bisnis yang berkembang.

Sumber : Nikkei Asian Review.

--- unquote ---

Hmm ... sudah saat buka mata dan telinga atas potensi ini. Jangan lagi ketinggalan untuk memanfaatkan momen penting ini. Jika belum bisa produksi, manfaatkan produk yang ada dengan berkolaborasi. Jangan naif.

Regulasi yang diciptakan, kelak belum tentu bisa mengakomodir produk yang dihasilkan sehingga akan timbul kompetisi diantaranya untuk menetapkan satuan standar yang dipake.

Lantas pemerintah harus menyiapkan aturan2 yang bisa merangsang tumbuhnya industri halal dengan pengawasan yang ketat agar produk yang dihasilkan benar adanya. Jangan asal main stempel aja.

Cukup sekian dulu dan semoga bermanfaat.

Sumber : KALOG / Foto : RAM – Feby ILC.

[English Free Translation]
It was so exciting that we could meet one day until near midnight? Met CFT before lunch, in the afternoon we met the Samudera Indonesia Group and the last meeting met Sertwo International Sdn Bhd (representing ILC). Done!

No comments:

Post a Comment

[KU-179/2021] Dirut KAI Commuter Mukti Jauhari Tutup Usia

  Bisnis.com, JAKARTA - Keluarga besar KAI Group khususnya KAI Commuter hari ini berduka. Direktur Utama KAI Commuter Mukti Jauhari meningg...