JaKaRTa : Sebenarnya ada misi tersembunyi dalam
kunjungan ini yakni mengklarifikasi tentang aturan kelaikan kontainer. Tetapi
berhubung sudah tahu sama tahu, ya diinfokan saja supaya tidak ada dusta selama
kunjungan berlangsung he 3x.
Syukur Alhamdulillah, selama kunjungan didampingi mbak Unik dan menyusul mbak Maya. Kami tiba di Semper sekitar
jam 15.00 setelah menyelesaikan tugas utama dan appointment yang memang
dijadualkan sejak minggu lalu.
Intinya, dalam diskusi terbatas, isu tentang kelaikan
masih dibahas oleh BKI (Biro Klasifikasi
Indonesia) dan PT Samudera Indonesia
Tbk melalui jalur INSA sudah
menjembatani pembicaraan tentang isu tsb lebih dulu.
Sesuai info yang diterima KALOG kantor cabang
Surabaya, menyampaikan alasan bahwa selama ini ketentuan ini belum
disosialisasikan dengan baik, bahkan sempat ada penundaan pelaksanaan peraturan
yang berlaku sehingga KALOG pun belum mengurusnya.
Bila tiba2 ini dipermasalahkan ? Lucu juga dan aneh.
Tapi selama proses penanganan oleh pihak berwajib menyangkut kelaikan kontainer
KALOG bersedia mengikuti peraturan pemerintah yang berlaku asal gak dicari
celahnya dan dimanfaatkan oleh oknum tertentu.
Sebagai tambahan informasi, kebetulan isu perihal
kelaikan kontainer ini masih hangat dan silahkan dibaca untuk referensi Bapak
dan Ibu sekalian.
--- quote ---
Kelayakan Kontainer Bakal Diatur Mengacu
Standar Internasional
26 September 2017 - 15:52 WIB, Oleh : Rivki Maulana
Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan berniat
menerbitkan regulasi yang mengatur standardisasi kelaikan dan penggunaan
petikemas atau kontainer, guna menjamin keselamatan dalam penggunaan kontainer
sebagai sarana angkut.
Plt Dirjen Perhubungan Laut, Bay M. Hasani mengatakan
standardisasi kontainer bakal mengacu pada aturan internasional, yakni
International Convention for Safe Containers (CSC) yang dikeluarkan oleh
International Maritime Organization (IMO). Bay menekankan, kelayakan petikemas
sama dengan kelayakan kapal sehingga harus diatur secara ketat demi menunjang
keselamatan pelayaran.
"Kalau dia [kontainer] tidak layak, ya tidak
boleh dipakai, nanti bahaya bisa ambrol. Kalau kontainer [tidak layak]
ditumpuk, itu juga akan mempengaruhi stabilitas kapal," jelasnya kepada
Bisnis.com.
Menurut Bay, saat ini pihaknya masih merumuskan pokok
pengaturan untuk standardisasi dan penggunaan kontainer. Dia mencontohkan,
tingkat penggunaan kontainer dalam periode waktu tertentu harus dirumuskan.
Pasalnya, umur kontainer sangat bergantung pada pemeliharaan yang dilakukan
oleh pemilik kontainer.
Bay mencontohkan, tanpa pemeliharaan yang baik,
kontainer yang baru berumur lima tahun bisa rusak. Sebaliknya, kontainer dengan
perawatan yang baik bisa bertahan lebih lama dari umur pakainya.
Selain masa pakai, jenis kontainer dan peruntukan
penggunaannya juga bakal menjadi aspek yang bakal dirumuskan dalam aturan. Bay
menyebut, rancangan regulasi menyangkut kontainer bakal diberlakukan untuk
kontainer dalam negeri yang jumlahnya saat ini diperkirakan mencapai 350.000
TEUs.
Suumber : Bisnis Indonesia, 26.09.17.
--- unquote ---
Nah, begitulah kurang lebih isu bergulirnya tentang
kelaikan kontainer yang ada di Tanah Air. Alih2 skalian mencari tahu tentang container
berstandar internasional, kami sowan ke depo MTCon Jakarta dan dokumentasinya, terlampir.
Sebelum pulang dari tur di area MTCon, kami shalat Ashar di masjid Al-Salaam yang terbuat dari kontainer juga dan sangat nyaman serta representatif untuk digunakan oleh tamu maupun para pegawai.
Saluuuut dan bangga pernah menjadi bagian dari PT Samudera Indonesia Tbk.
Sebelum pulang dari tur di area MTCon, kami shalat Ashar di masjid Al-Salaam yang terbuat dari kontainer juga dan sangat nyaman serta representatif untuk digunakan oleh tamu maupun para pegawai.
Saluuuut dan bangga pernah menjadi bagian dari PT Samudera Indonesia Tbk.
Sumber : KALOG / Foto : RAM.
[English Free Translation]
The issue of
container content in this republic suddenly emerged and became a national issue.
As long as it's safe and nobody's in control, so whazz up ? For operators, as
long as the government regulations and objectives mention is clear, definitely
supported. Thanks to MTCon and Samin for your hospitality during our visit to your depot.
No comments:
Post a Comment