JaKaRTa : Sudah pernah jelong2 ke
Pangandaran ? Rata2 anak jaman NOW sih sudah, apalag yang demen traveling, sok
pasti sudah pernah dijajah. Buat yang blon pernah, gak lama lagi bisa melancong
dengan suasana yang lebih baik.
Apa pasal ? Karena PT Kereta Api Indonesia (Persero) baru
aja mengoperasikan kereta langsung dari Jakarta (baca : Stasiun Gambir) hingga ke Stasiun
Banjar. Terus ke Pangandaran-nya
pake apa ?
Pertanyaan itu langsung direspon
pihak Pemda yang siap menyediakan bus
--- quote ---
BISNIS INDONESIA: a) Kembalinya Jalur
Kereta ke Selatan
Genap 38 tahun 'mati', jalur KA
Bandung-Pangandaran segera 'hidup' kembali. Mulai beroperasinya KA Pangandaran
relasi Banjar-Bandung-Gambir (PP) menjadi titik awal percepatan program
reaktivasi yang akan dikebut Pemprov Jawa Barat dan KAI.
Wali Kota Banjar Ade Uu Sukaesih tak
bisa menyembunyikan wajah bungahnya. Mimik yang sama ditunjukkan oleh Bupati
Pangandaran Jeje Wiradinata di sampingnya. Dirut KAI Edi Sukmoro tak kalah
antusias.
Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata
mengatakan, hadirnya kembali moda transportasi kereta itu melengkapi akses ke
wilayah yang butuh perjalanan darat 8-10 jam dari Jakarta tersebut.
Jeje pun meminta kepada pihak KAI,
supaya membranding gerbong-gerbong kereta dengan tema pantai Pangandaran,
supaya lebih menarik perhatian penumpang untuk datang berwisata ke wilayah
tersebut.
Wali Kota Banjar Ade Uu Sukaesih
mengaku seolah diberi kado dengan diluncurkannya KA Pangandaran itu.
Menurutnya, program reaktivasi yang digulirkan kembali oleh Gubernur Jabar
Ridwan Kamil akan membuka akses ke selatan lebih mudah.
Dirut KAI Edi Sukmoro menuturkan,
pengoperasian KA Pangandaran merupakan salah satu dukungan KAI terhadap program
pariwisata Wonderful Indonesia dan Pesona Indonesia dalam meningkatkan
aksesibilitas masyarakat dari Jakarta dan Bandung ke wilayah Garut,
Tasikmalaya, Banjar, dan Pangandaran.
Dengan kapasitas 520 kursi, KA ini
punya 2 layanan yaitu kelas eksekutif sebanyak 4 gerbong dan kelas ekonomi
premium juga sebanyak 4 gerbong. Melalui layanan single ticketing, penumpang
cukup memesan satu tiket untuk menikmati layanan KA Pangandaran serta Angkutan
Lanjutan yang dikelola oleh anak usaha KAI, yaitu PT Kawisata.
Adapun, jadwal keberangkatan dari
Sta Gambir yakni pukul 07.50 WIB. Setelah masa promosi usai, Edi menyebutkan
bahwa harga tiket akan menyesuaikan tarif batas atas dan bawah.
"Angkutan massal ini sifatnya
membantu bukan bersaing dengan angkutan darat lainnya. Karena perjalanan
meningkat, sekarang relatif macet," ujarnya. Terkait dengan reaktivasi,
pihaknya memastikan jalur Banjar-Pangandaran yang melewati rute sepanjang 82 km
sampai Sta Cijulang akan dimulai pada tahun ini.
Jalur tersebut tentunya harus
mengalami normalisasi. "Ini termasuk penertiban bangunan yang dibuat
secara liar di atas jalur tersebut," katanya. Kadishub Jabar Dedi Taufik mengatakan,
reaktivasi jalur KA Banjar-Pangandaran-Cijulang ini sudah melewati tahap studi
dan perencanaan.
Menurutnya, reaktivasi ini
dipastikan akan mendukung rencana pendirian KEK di Pangandaran dan kawasan
selatan Jabar. Selain itu, diharapkan
bisa membantu masyarakat mengangkut hasil bumi.
Sumber : Bisnis, 04.01.19
DETIK.COM: (3/1) Pemerintah akan Reaktivasi
Jalur Kereta ke Pangandaran
Kemenhub berencana untuk
mereaktivasi atau menghidupkan kembali jalur KA dari Sta Banjar menuju
Pangandaran. Pemerintah pun mulai membahas rencana itu tahun ini. Ditjenka
Kemenhub, Zulfikri mengatakan, saat ini pihaknya tengah membahas rencana
reaktivasi tersebut bersama KAI.
"Itu masih bahasan dengan
KAI," katanya. VP PR KAI, Agus Komarudin juga mengatakan hal yang sama.
Menurut dia, progres reaktivasi tersebut masih dibahas bersama kementerian dan
lembaga terkait.
"Ini masih progres pembahasan
dengan stakeholder terkait Kemenhub, Pemprov Jawa Barat, Pemda Jawa Barat dan
kewilayahan," katanya. Sebagai informasi, jalur KA Jakarta ke Pangandaran
sendiri terputus di Sta Banjar.
Jalur menuju Pangandaran ditutup
oleh pemerintah di tahun 1982. Bahkan, saat ini, jalur tersebut telah rusak
akibat vandalisme atau perusakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.
Akibatnya, jalur sudah tidak memiliki rel.
"Saat ini relnya, jembatan
sudah tidak ada lagi kemungkinan oleh vandalisme," terangnya. Sebelumnya
diberitakan bahwa KAI memang tengah menggarap reaktivasi 4 jalur kereta di Jawa
Barat.
Pihaknya menargetkan jalur tersebut
dapat beroperasi pada tahun 2020. Adapun 4 jalur yang akan direaktivasi ada
sepanjang 178,8 km terdiri dari Cibatu-Cikajang, Bandung-Ciwidey,
Banjar-Pangandaran, dan Rancaekek-Tanjung Sari. KAI tengah menggarap reaktivasi
4 jalur kereta di Jawa Barat.
Sumber : detik, 04.01.19
--- unquote ---
Demikian sedikit ulasan terkait
pembukaan rute baru ke jalur kereta api (KA) ke Pangandaran walau sebenarnya
blon sampe ke Pangandaran, minimal cikal bakalnya udah ada dulu. Bravo !
Sumber : KALOG / Foto : ....
[English Free Translation]
Even 38 years 'dead', the
Bandung-Pangandaran railway line immediately 'lives' again. The commencement of
the Pangandaran Railroad route between Banjar-Bandung-Gambir (vice versa) has
become the starting point for the acceleration of the reactivation program
which will be accelerated by the West Java Provincial Government and PT KAI.
Just wait and see ...
No comments:
Post a Comment