Sunday, November 27, 2016

[KG-325/2016] AXI-KALOGers M4 Nov 2016

MeDaN : Kali ini catatan AXI-KALOGers minggu ke-4 bulan November 2016, dikonsep di Medan karena berbarengan dengan tugas kantor untuk ngawal proyek kereta api (KA) angkutan kontainer, awal Desember 2016 mendatang.

Persiapan penuh untuk operasional sebuah kawasan ekonomi khusus baru, menjadi perhatian khusus manajemen, terlebih2 di bulan Februari 2017 mendatang bakal didatangi RI-01, jadi semuanya mendadak super-sibuk he he he.

Wartawan amatiran yang ngelola blog apa adanya ini, tetap mengawal secara konsisten semua persiapan diatas agar berdaya guna serta tepat guna agar bisa mendorong pertumbuhan ekonomi di Bumi Sumatera Utara. Sei Mangkei masih jadi trending topic buat KALOGers.

Peristiwa lain yang dijalani KALOGers yaitu ada yang ultah, berbatik-ria di Jumat terahir, tim optimalisasi angkutan ONS Setatan, ada yang travelling ke YK & KTA dan segala kegiatan yang dilakoni KALOGers. Sah2 aja dan selamat menikmati hidup, biar hidup lebih b'rasa.


........... bersambung ni yeee .....

Sumber : KALOG / Foto : KALOGers.

[English Free Translation]

AXI-KALOGers in 4th week of November, dominated by office working hours, especially guarding Sei Mangkei national project (Container division)  and ONS Selatan train for BHP Kurir.division. Other yjan this, KALOGers still doing so many thing. Please refer to its documentation Gaes.

Saturday, November 26, 2016

[KG-324/2016] Uji-coba Loko + GD Masuk Sei Mangkei - 26/11/16

Sei MaNGKei : Setelah sempat diperdebatkan cukup lama, akhirnya uji-coba kereta kontainer kosongan (blon bawa muatan) bisa dilaksanakan dengan baik. Hadir dalam acara uji-coba tsb, tim dari PT KAI Divre I SU.

Saat uji-coba, loko BB membawa 20 gerbong datar (GD) dan usai dilakukan manuver langsir serta pengecekan GD, jam 12.10 loko menarik GD kosongan ke Medan. Nantinya GD ini yang akan memuat kontainer kosong (MTY boxes) ke Sei Mangkei.

Tim KALOG tiba terlambat 20 menit karena kondisi cuaca hujan deras dan macet di jalan raya Trans Sumatera di akhir pekan. Namun demikian tim KALOG yang diturunkan di Sei Mangkei siap untuk mengeksekusi angkutan kontainer dari area Simalungun dan sekitarnya.

Tujuan beroperasinya KA ini, memberikan opsi alternatif bagi Pelanggan selain mengusung opsi untuk mengurangi kemacetan di jalan raya, yang frekuensinya memang cukup tinggi (buktinya tim KALOG terlambat tiba di lokasi hi hi hi ...) dengan moda angkutan massal.

Simak liputan singkatnya dibawah ini via foto2 yang dikirim Mankom Divre I SU. Tengkyu brader.


Sumber : KALOG / Foto : Irwan Divre I SU.

[English Free Translation]
Saturday Nov 26th morning, one locomotive BB series carrying 20 wagons or flat-cars (GD), make maneuver within the area, checking GD and 12:10 the train set returning back to Medan. Later this GD will load empty containers (boxes MTY) to Sei Mangkei for test trial.

Friday, November 25, 2016

[KG-323/2016] Rapat Koordinasi Proyek Sei Mangkei - 25/11/16

MeDaN : Bertempat di kantor PTPN III Medan, dilaksanakan rapat pematangan rencana ujicoba kereta api angkutan kontainer dari Sei Mangkei ke pelabuhan Belawan Medan.  Rencananya awal Desember 2016.

Hadir dalam pertemuan penting tersebut, utusan dari DJKA, Kementerian Perindustrian, PTPN III / Kinra, Pelindo I / PIL serta KAI / KALOG. Semuanya sepakat mendukung program pemerintah untuk mensukseskan program pemanfaatan jaringan rel KA untuk mendukung logistik nasional agar lebih kompetitif.

Selain pembahasan tsb, di tempat yang sama dilakukan pembahasan kerjasama antar induk perusahaan yang melibatkan PTPN III, Pelindo I dan PT Kereta Api Indonesia (Persero) agar kedepannya sinergi antar-BUMN dan anak perusahaannya, dapat lebih kuat dijalankan, daripada sekedar slogan.

Congrats dan dokumentasi, terlampir.

Sumber : KALOG / Foto : RAM.

[English Free Translation]

At the office of PTPN III Medan, we held a meeting for finalisation rail freight test, from Sei Mangkei to Medan Belawan port. The plan of the test beginning in December 2016. God Bless U All.

Wednesday, November 23, 2016

[KG-321/2016] Meeting KALOG-MAERSK & Rapat Dry Port – 23/11/16

JaKaRTa : Rabu tgl 23/11 sejak pagi udah nguplek ngurusin proyek Sei Mangkei, ehh siangan dikit musti ke Menara Batavia karena ada janji mo diskusi dengan pihak Maersk Line untuk mengoptimalkan kereta api dan bagi Maersk bisa efisien angkutannya.

Ketemu Sunu, Ardhian, Liza dan Mila. Hal yang didiskusikan menyangkut prospek angkutan ke Semarang. Maersk juga minta informasi tambahan, seandainya KALOG memiliki rencana bisnis anyar di seluruh Indonesia, utamanya Jawa dan Sumatera.

Usai makan siang, langsung menuju Gedung BPPT dimana Kantor Kementerian Kemaritiman berada. Jam 13.30 rapat dibuka oleh staf Deputy 3 yang mengurusi infrastruktur dan membahas tentang potensi dry-port.

Contoh prototipe yang dipake Ckarang Dry Port (CDP) namun kedepannya semua dry-port yang akan dibangun harus memiliki fasilitas serupa dengan CDP. KALOG menambahkan, saat ini ada sejumlah dry-port yang mangkrak di Jawa seperti Solojebres dan Rambipuji. Mo diapain nih ?

PR besar buat Kementerian Kemaritiman dan juga pengusaha jasa logistik agar infrastruktur yang udah ada, koq gak bisa dimanfaatkan dengan maksimal. Bagaimana menghidupkan kembali area2 dimaksud.

Hadir dalam pertemuan di kantor Kemenko Kemaritiman yakni perwakilan dari ALFI, CDP, KALOG, Samudera Indonesia / Silkargo, MSC, Evergreen dan RCL. Ada beberapa yang kurang kenal sehingga gak bisa diabsen disini he he he. Maaf ya.

Akan terus dibahas dalam forum2 yang akan datang, agar tujuan utama hadirnya dry-port, baik yang udah ada maupun yang mo dibangun bisa berdaya guna dan sesuai maksud pemerintahan Jokowi-JK, mbok ya bisa nurunin biaya logistik nasional.

Siiiip. Kita simak aja kelanjutan hasil2 rapat di Kemenko Kemaritiman selanjutnya.

Dokumentasi kegiatan, terlampir.


Sumber : KALOG / Foto : RAM.

[English Free Translation]
Wednesday (November 23rd) since early morning we’re dealing to finalise Sei Mangkei project, then at 1.30 p.m go to Menara Batavia – meet with Maersk Line to discuss Semarang cargoes and the last, meeting at the Ministry of Maritime and sharing ideas about dry-port operation in Indonesia.

Tuesday, November 22, 2016

[KG-320/2016] Silaturahim Dengan KALOG SAO – 22/11/16

JaKaRTa : Selasa tgl 22/11 kitaorang emang punya rencana mo jalan ke kantor KALOG Sungai Lagoa (SAO) cuma terganjal isu teknis operasional sehingga rada molor dikit. Yang penting tujuan utamanya buat silaturahim, tercapai.

Kebetulan karena udah lama janji dan blon kesampean, akhirnya tempat silaturahimnya dipilih di RM Sedap Sari, gak jauh dari kantor supaya pelayanan terhadap Customer gak terbengkalai dan juga pake jam istirahat ‘lah.

Usai makan siang, kita melaju melongok Stasiun JICT dan juga perbaikan di salah satu sisi petak CY yang rusak karena dihajar terus menerus. Juga mampir ke kantor SAO yang kini lebih hijau dan lebih manusiawi. Kasarannya, kantornya udah tambah keren he he he.

Salut dan semoga kemandiriannya bisa tetap dipertahankan oleh KALOGers semua, dimana pun juga. Bravo !

Sumber : KALOG / Foto : RAM.

[English Free Translation]
Tuesday (November 22nd) OC team – KALOG’s headquarters do have plans going the way to the Sungai Lagoa (SAO) and only hampered by technical issues, so alittle bit delayed. But what is important for the primary purpose of friendship, are met. Don’t worry, be happy.

Monday, November 21, 2016

[KG-319/2016] Jajaki Peluang Angkutan Limbah, KALOG Gelar Rapat – 18/11/16

JaKaRTa : Menanggapi peluang angkutan limbah, hari Jumat tgl 18/11 bertempat di kantor pusat PT Kereta Api Logistik (KALOG) telah dilaksanakan rapat koordinasi antara PT KAI, KALOG, Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI (KLHK), Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementrian Perhubungan RI (DJKA) serta PT Prasada Pamunah Limbah Industri (PPLI) terkait peraturan dan perijinan angkutan limbah dan limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3).

Turut hadir pada rapat tersebut Deputy Director of Operation, CFP dan jajaran PT KAI, VP dan Manajer terkait PT KALOG, Aristia T.A, Kasi Pengangkutan Limbah B3 dan jajaran KLHK, Tonggam Ferdinand, Kasi Penegakan Hukum Dit. Keselamatan Perkeretaapian dan jajaran DJKA serta jajaran PPLI.

Rapat dibuka oleh VP Business Development KALOG dan dilanjutkan dengan pemaparan isu-isu serta permasalahan yang memerlukan tindak lanjut terkait angkutan limbah dan limbah B3 termasuk peraturan dan perijinan. Kegiatan dilanjutkan dengan diskusi termasuk pembahasan lebih dalam terkait undang-undang  terkait distribusi angkutan limbah.

Hingga saat ini, angkutan limbah dan limbah B3 hanya dilayani melalui moda angkutan jalan darat (trucking) dan laut. Ke depan, diharapkan moda KA mampu mengambil peran sehingga mampu menjadi alternatif moda transportasi limbah dan limbah B3.

Dokumentasi kegiatan terlampir.


Sumber : CorComm PT KALOG / Foto : Adjeng Putri.

[English Free Translation]
Responding to the waste transport opportunities, Friday (November 18th) located at the headquarters of PT Kereta Api Logistik (KALOG) has conducted a coordination meeting between PT KAI, KALOG, Ministry of Environment and Forestry (KLHK), Directorate General of Railways Ministry of Transportation (DJKA ) and PT Prasada Pamunah Limbah Industri (PPLI) and discussing the issues related to regulations and permits transport of waste and hazardous and toxic waste (B3).

Sunday, November 20, 2016

[KG-318/2016] AXI-KALOGers M3 Nov 2016

JaKaRTa : Salah satu yang lagi diplototin manajemen KALOG yaitu isu rencana uji-coba angkutan KA kontainer dari Sei Mangkei ke pelabuhan Belawan, Medan di utara Sumatera sana.

Berhubung gaungnya udah membahana dan skalanya nasional maka wajib sukses dan hindari yang namanya gagal. Bila pun harus mundur karena satu dan lain hal, semoga datangnya bukan dari internal. Aamiin YRA.

Lantas, kegiatan apa lagi yang tengah digarap KALOGers? Ada beberapa yang udah siap2 beroperasi ato hitungan waktunya udah deket. Semisal, angkutan limbah B3, persiapan angkutan semen dari TGJ ke Lubuk Linggau, optimalidasi KA ONS Utara dan Selatan, percepatan sepur bongkaran batu bara di KPT dll.

Bagi KALOGers sendiri, hari libur gak boleh dilewatin begitu aja. Minimal ada program kulineran, program ultah, ato sekedar mo jalan tapi gak putus tali silaturahim via foto2 selfie sekali pun. Paling ngga, KALOGers gak perlu khawatir en kudu nanya2 ada siapa gerangan en mo pada kemana Gaes ?

Momen khususnya ada di acara senam pagi setiap Jumat dua mingguan dan aksi koboi Tanjung Priok yang lagi bergaya di JICT tapi gak bisa terbit di majalah nasional karena keterbatasan oplah. Cukup terbit di blog ini aja lah. Bang Sulton !

Kita lihat aja liputan gabungan, antara urusan kantor, santai dan kombinasinya. Oooops … sebagai penutup. Ada yang tahu klo tgl 20/11 ternyata diperingati sebagai Hari Anak Universal ? Walau udah gak anak2 lagi, sebaiknya tahu.

Cheers !

Sumber : KALOG / Foto : KALOGers.

[English Free Translation]

Please find summary of KALOGers activities in the 3rd week of November 2016, ranging from formal to informal activities such as morning gymnastics, culinary, traveling and others. Enjoy.

Saturday, November 19, 2016

[KU-317/2016] Boyongan Loko Uap Paling Cepat Tiga Hari

SOLO : Lokomotif uap kuno berbahan bakar kayu yang berada di TMII Jakarta, diboyong ke Solo lewat jalur darat dengan menggunakan truk pengangkut khusus. Perjalanan tempuh membawa lokomotif seri D 52099 bikinan Krupp Essen Jerman pada 1954 silam itu memakan waktu paling cepat 3 hari, karena truk pengangkut loko tidak bisa berjalan cepat, rata-rata kecepatannya 40 km/jam dan harus sering berhenti, ucap Kepala Seksi Angkutan Orang Dishubkominfo Solo Taufiq Muhammad.

Pengiriman lokomotif kuno dari TMII  ke solo merupakan bentuk dukungan Ditjenka untuk memajukan wisata kereta di kota Bengawan, Solo. Bantuan lokomotif uap yang sebelumnya dipajang di TMII ini bertujuan untuk membantu operasional Sepur Kluthuk Jaladara.

Manajer Humas DAOP 6 Eko Budiyanto menyampaikan lokomotif kuno dari TMII akan langsung direstorasi setibanya di Depo Purwosari Solo. Loko ini sudah cukup lama tidak digunakan dan hanya dipajang di TMII.

Kami akan kirim mekanik ke Solo untuk membenahi dan memeriksa bagian loko seperti ketel, roda, dan sebagainya, tambahnya. Loko pembelian Presiden Soekarno ini sampai sekarang belum diberi nama. kemungkinan menyusul setelah siap digunakan, kata dia.

Sumber : SoloPos, 15.11.16

[English Free Translation]

Fashioned steam locomotive burning wood that is in TMII Jakarta, brought to Solo by using special trucks. The trip of 52 099 D-series locomotive (Krupp Essen, made in Germany in 1954) it took at least 3 days, because trucks could take the unit carefully, the average speed of 40 km / hour and must often stop. But finally the unit has come.

Friday, November 18, 2016

[KG-316/2016] Rapat Koordinasi Angkutan KA Sei Mangkei – 18/11/16

JaKaRTa : Jumat 18/11 dilaksanakan rapat koordinasi yang melibatkan sejumlah instansi terkait, semisal Kementerian Perhubungan – Dirjen Perkeretaapian, Kementerian Perindustrian, PTPN III Medan, PT Kereta Api Indonesia (Persero) dan PT KALOG.

Inti dari pembahasan kali ini menyangkut pembahasan historis tentang pembangunan fasilitas jalur rel kereta api (KA) hingga kepada rencana pemanfaatan untuk pengiriman barang, sebagai produk ekspor impor dari KEK Sei Mangkei, Medan, Sumatera Utara.

Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangkei ditetapkan melalui Peraturan Pemerintah No. 29 Tahun 2012 pada tanggal 27 Februari 2012 dan merupakan KEK pertama di Indonesia yang diresmikan operasionalnya oleh Presiden Joko Widodo pada 27 Januari 2015.

KEK Sei Mangkei memiliki bisnis utama berupa industri kelapa sawit dan karet. Di samping itu, terdapat beberapa bisnis pendukung, seperti logistik, energi, elektronika, industri penunjang produksi, aneka industri, dan pariwisata. Produk-produk utama yang akan dihasilkan di antaranya adalah fatty acid, fatty alcohol, surfactant, biodiesel, dan biogas.

Dari bahasan2 yang disampaikan, akan diadakan percepatan terhadap pengurusan status dan pemanfaatan lahan, sehingga bila mengikuti jadual yang telah disusun belum lama ini, akhir tahun 2016 sudah bisa diujicoba.

--- quote ---

VP Divre I SU Periksa Kesiapan Uji Coba Proyek KA Sei Mangkei – 16/11/16

MEDAN : Dalam rangka uji coba operasional KA angkutan barang dari Sei Mangkei ke Pelabuhan Belawan, Medan, yang rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 1 Desember 2016 mendatang, Rabu tgl 16/11 VP Divre I SU beserta jajaran dan Tim SHE memeriksa kesiapan prasarana, sarana serta SDM yang ada di Stasiun Sei Mangkei.


Dalam tinjauannya VP Divre I SU berdialog dengan Manager Kawasan Industri Sei Mangkei Deni Mulyawan. VP Divre I SU yakin uji coba ini akan lancar serta berpeluang untuk meningkatkan pendapatan di sektor angkutan barang.

Setelah melakukan pengecekan di Sei Mangkei, rombongan melanjutkan perjalanan menuju Stasiun Perlanaan memeriksa gedung Griya Karya dan akhirnya kembali ke Medan.

Sumber : Humasda Divre 1 SU.

--- unquote ---

Bagaimana perkembangan informasi dari instansi terkait, akan kami monitor agar rencana uji-coba yang dijadualkan akan berlangsung awal Desember 2016 bisa maujud. Ayooo kita upayakan. Gak ada yang gak mungkin.

Sumber : KALOG – DN KEK / Foto : RAM.

[English Free Translation]
Friday, November 18th it was held a coordination meeting involving a number of agencies, such as the Ministry of Transportation - Director General of Railways, Ministry of Industry, PTPN III Medan, PT Kereta Api Indonesia (Persero) and PT KALOG. Read above for more details.

Thursday, November 17, 2016

[KG-315/2016] D9 Kunjungi Kantor KALOG – 17/11/16

JaKaRTa : Kamis tgl 17/11 siang Direktur Keuangan PT Kereta Api Indonesia ato PT KAI (D9) melakukan kunjungan ke kantor pusat PT Kereta Api Logistik (KALOG) dan disambut oleh BoD beserta jajaran manajemen dan staf KALOG.

Rangkaian kegiatan diawali dengan tinjauan D9 ke seluruh unit kerja di kantor pusat KALOG dan dilanjutkan dengan pemaparan kinerja perusahaan oleh Plt. GU serta arahan oleh D9.

Dalam sambutannya, D9 menyampaikan bahwa kunjungan tersebut bertujuan untuk mengenal lebih jauh Anak Perusahaan dan memastikan bahwa Anak Perusahaan, termasuk KALOG memiliki visi yang sama dengan PT KAI. Salah satu indikatornya melalui komitmen untuk membangun industri perkeretaapian.

D9 memaparkan bahwa potensi angkutan barang akan menjadi motor pertumbuhan bagi PT KAI, dan diharapkan KALOG dapat berkontribusi melalui pertumbuhan bisnisnya serta mampu menghubungkan layanan logistik berbasis KA khususnya ke area pelabuhan, kawasan industri serta pabrik.

D9 menyudahi kunjungan kerjanya dengan berfoto bersama. Cheers.

Dokumentasi kegiatan terlampir.


Sumber : CorComm PT KALOG / Foto : Adjeng Putri - RAM.

[English Free Translation]
Thursday (November 17th), Finance Director of PT Kereta Api Indonesia or PT KAI (D9) made a courtesy visit to the headquarters of PT Kereta Api Logistik (KALOG) and were greeted by the BoD and its management.

[KU-179/2021] Dirut KAI Commuter Mukti Jauhari Tutup Usia

  Bisnis.com, JAKARTA - Keluarga besar KAI Group khususnya KAI Commuter hari ini berduka. Direktur Utama KAI Commuter Mukti Jauhari meningg...