Thursday, January 23, 2014

[KU-023/2014] KALOG Siap Investasi Rp282 Miliar

JAKARTA: PT Kereta Api Logistik, anak perusahaan PT Kereta Api Indonesia (Persero) menginvestasikan hingga Rp282 miliar untuk memperkuat sarana sekaligus membangun infrastruktur stasiun.

 Direktur Utama PT Kereta Api Logistik (KALOG) Rustam Harahap (sebagai info, beliau tutup usia tgl 12/01/14 dan info ini merupakan laporan yang tertunda) mengatakan dana investasi itu diperoleh dari suntikan induk perusahaan serta pinjaman perbankan.

Menurutnya, pihaknya tengah memfokuskan kinerja untuk mengembangkan berbagai infrastruktur dan kekuatan armada kereta api pengangkut.

Sesuai rencana kerja 2014, dia menjelaskan pihaknya fokus memperkuat posisi jasa logistik ketimbang melebarkan sayap usaha.

“Fokus hanya 5 pelayanan, di darat jasa kontainer dan jasa kurir, perawatan area, jasa pergudangan dan jasa depo. Jadi memang KALOG fokus ke pengembangan angkutan saja”, katanya kepada Bisnis, Minggu (12/01).

Awalnya, paparnya, pihaknya juga bakal menggarap usaha forwarder tetapi belum disetujui pemegang saham (PT KAI).

Rustam memaparkan investasi Rp282 miliar berasal dari suntikan perusahaan induk sebesar Rp64 miliar, dana cadangan Rp104 miliar dan dana pinjaman perbankan.  “Pinjaman Bank BRI itu Rp114 miliar,” tegasnya.

Pada tahun ini, lanjutnya, KALOG siap mengucurkan banyak investasi untuk membangun ban berjalan (conveyor belt) guna mendukung angkutan batubara dan kontainer, serta alat pengangkat kontainer yang disebut Reach Stacker (edited).

Selain itu, tambahnya, KALOG membutuhkan dana guna membangun infrastruktur pendukung stasiun bongkar-muat.

Perusahaan logistik yang didirikan tahun 2009 itu, paparnya, menggelontorkan dana miliaran rupiah untuk membebaskan lahan seluas 7,2 hektar di Sungai Lagoa (edited), Jakarta Utara, yang letaknya tak jauh dari Stasiun Tanjung Priok. Selain itu, KALOG juga membebaskan lahan seluas 4,9 hektar di Kalimas, Surabaya, Jawa Timur.

“Kami bebaskan lahan, sekaligus menyewa dari PT KAI, per hektar seharga Rp6 miliar di Sungai Lagoa (edited)”, paparnya.

Di lain sisi, terdapat rumusan pengembangan bisnis di luar Rencana Kerja Anggaran Perusahaan (RKAP) 2014”.

Rustam menyatakan KALOG tengah menjajaki kerjasama logistik dengan produsen Semen Jawa dan Semen Merah Putih. Tidak hanya itu, KALOG juga membuka peluang pengangkutan air dan gas.

“Kami dipercayakan Danone mengangkut air dari Cicurug, Bogor sampai Jakarta, serta pengangkutan LNG (liquified natural gas),” jelas Rustam. (Kahfi).

Sumber : Bisnis Indonesia, 13.01.14.

[English Free Translation]


PT Kereta Api Logistik (KALOG), a subsidiary of PT Kereta Api Indonesia (Persero) invest up to Rp282 billion to strengthen infrastructure facilities and stations.

No comments:

Post a Comment

[KU-179/2021] Dirut KAI Commuter Mukti Jauhari Tutup Usia

  Bisnis.com, JAKARTA - Keluarga besar KAI Group khususnya KAI Commuter hari ini berduka. Direktur Utama KAI Commuter Mukti Jauhari meningg...