Thursday, January 31, 2013

[KU-031/2013] Pasca Pelarangan Truk Batu Bara, Jalintim Palembang-Inderalaya Lancar


SRIPOKU.COM, PALEMBANG - Sejak ada pelarangan truk batu bara tidak melewati jalan umum, khususnya jalan lintas Inderalaya-Palembang jadi lancar.

Pantauan Sripoku.com, selama seminggu terakhir hampir tidak ada halangan di jalan lintas tersebut baik siang maupun malam hari. Bahkan pada malam hari kesannya justru sepi.

Kondisi ini sering dimanfaatkan kendaraan jenis kecil untuk ngebut.

Pada Rabu (30/1/13) sejak pagi sampai siang ini kondisi jalan lintas Inderalaya Palembang juga cukup lancar.

Meskipun ada sedikit hambatan karena ada perbaikan jalan di Km 15 Desa Pelabuhan Dalam sekitar sekilo dari Terminal Karyajaya.

Tetapi tidak menyebabkan macet termasuk ada truk barang yang pecah ban di Km 20 juga tidak menyebabkan kemacetan.

Kondisi jalan lintas seperti ini diakui karyawan swasta sudah berlangsung dan terasa sejak adanya pelarangan oleh gubernur terhadap para sopir truk batu bara.

Demikian juga diakui Elli, warga Inderalaya yang bekerja sebagai sopir dump truk tanah.

"Pokoknya sekarang lancar. Aku balik pegi dari Inderalaya ke Palembang lancar, jarang ado macet," ungkapnya.

Sumber : Sriwijaya Post, 30.01.13.

Catatan :
Rujukan sebelumnya silahkan baca : [KU-030/2013] Ratusan Sopir Truk Batu Bara Mengamuk , [KU-026/2013] Kantor Pemkab OKU Timur Penuh Tronton Batu Bara, [KU-025/2013] Ratusan Truk Batu Bara Dikandangkan, [KU-023/2013] Upayakan Penundaan Leasing, [KU-021/2013] Alex Noerdin : Kalian Buat Kaya Perusahaan Tambang, [KU-019/2013] Warga Lahat Dukung Larangan Truk Melintas di Jalan Umum.

Bisa dilanjut dengan :  [KU-018/2013] DPRD Sumsel Rekomendasi Gunakan Jalan Umum, [KU-017/2013] Gubernur Sumsel Harus Pertahankan Larangan, [KU-016/2013] Kadishubkominfo : Jangan Salahkan Gubernur, [KU-015/2013] DPRD Sumsel Minta Sopir dan Pengusaha Bentuk Konsorsium.

Selain itu, baca juga [KU-013/2013] Tiba di Dermaga Batu Bara, Wartawan Kebingungan, [KG-310/2012] Jalan Khusus Batubara Servo Terendam Banjir, [KU-289/2012] Per 1 Januari 2013, Angkutan Batu Bara Di Sumsel Harus Lewat Jalan Khusus dan [KU-274/2012] Perusahaan Batu Bara Bangun Jalan 116 Kilometer.

[English Free Translation]
Since the issuance of the ban for  coal truck transportation through public roads, especially the Palembang Inderalaya roads so smooth. For the past week, almost no obstacle in the traffic - both days and nights.

Wednesday, January 30, 2013

[KU-030/2013] Ratusan Sopir Truk Batu Bara Mengamuk


SRIPOKU.COM, MARTAPURA - Ratusan sopir angkutan batu bara bermuatan di atas 10 ton mengamuk dan mengeluhkan sikap pemerintah Kabupaten OKU Timur terutama penegak Perda yakni Polisi Pamong Praja, Selasa (29/1/2013).

Para sopir ini menilai penegakan perda yang hanya dilakukan pada angkutan di atas 10 ton tidak seimbang dan bertentangan dengan keputusan Gubernur Sumsel yang melarang seluruh jenis angkutan batu bara melintasi jalan umum.

Selain itu, para sopir ini juga kesal karena sejak mereka ditahan tujuh hari lalu, mereka ditelantarkan dan tidak diperhatikan.

Mereka mengaku uang jalan mereka yang ada saat sudah habis. Namun jadwal persidangan hingga saat ini belum ada kepastian dari pihak Pol-PP.

“Kalau jelas kapan sidang mungkin kami bisa pulang dulu. Kami sudah ditelantarkan seminggu di sini, uang habis, sidang entah kapan. Katanya Senin (28/1) sidang, namun kami tunggu hingga pukul 15.00 sidang belum dimulai. Ketika kami tanyakan kembali kepada pol-pp katanya Rabu (30/1) mendatang. Jadi kapan sidangnya, kami tidak tahan kalau ditelantarkan seperti ini,” kata salah satu sopir yang mengaku berasal dari tambang ABS, Merapi Lahat.

Kasat Pol-PP Okto Sriherjani yang baru tiba di kantornya setelah keributan tidak bersedia dikonfirmasi. Bahkan dia menyuruh beberapa anggota Pol-PP untuk menghadang wartawan yang berusaha mengejarnya untuk dikonfirmasi.

Sumber : Sriwijaya Post, 29.01.13.

Catatan :
Rujukan sebelumnya silahkan baca : [KU-026/2013] Kantor Pemkab OKU Timur Penuh Tronton Batu Bara, [KU-025/2013] Ratusan Truk Batu Bara Dikandangkan, [KU-023/2013] Upayakan Penundaan Leasing, [KU-021/2013] Alex Noerdin : Kalian Buat Kaya Perusahaan Tambang, [KU-019/2013] Warga Lahat Dukung Larangan Truk Melintas di Jalan Umum.

Bisa dilanjut dengan :  [KU-018/2013] DPRD Sumsel Rekomendasi Gunakan Jalan Umum, [KU-017/2013] Gubernur Sumsel Harus Pertahankan Larangan, [KU-016/2013] Kadishubkominfo : Jangan Salahkan Gubernur, [KU-015/2013] DPRD Sumsel Minta Sopir dan Pengusaha Bentuk Konsorsium.

Selain itu, baca juga [KU-013/2013] Tiba di Dermaga Batu Bara, Wartawan Kebingungan, [KG-310/2012] Jalan Khusus Batubara Servo Terendam Banjir, [KU-289/2012] Per 1 Januari 2013, Angkutan Batu Bara Di Sumsel Harus Lewat Jalan Khusus dan [KU-274/2012] Perusahaan Batu Bara Bangun Jalan 116 Kilometer.

[English Free Translation]
Hundreds of coal transport driver charged over 10 tons, raging and complaining about the attitude of the local government of East OKU District bylaw enforcement, especially the Civil Service Police, Tuesday (29/01/2013).

Tuesday, January 29, 2013

[KG-029/2013] Kerjasama Depo PT SSS – PT KALOG


JAKARTA: Hari Selasa 15/01 lalu, diadakan penandatanganan kerjasama sewa lahan di depo Sungai Lagoa (SAO), Tanjung Priok, Jakarta. Kerjasama ini melibatkan entitas PT Kereta Api Logistik (KALOG) dan PT Samudera Shipping Services (SSS).

Acara penandatanganan diwakili oleh Direktur Utama PT KALOG dan Direktur PT SSS di Gedung JRC, Jakarta. Semoga lokasi strategis yang dimiliki SAO dapat memberi manfaat bagi penyewa sehingga hasilnya optimal.

Seperti diketahui, PT Pelindo menyampaikan bahwa efektif tanggal 15/01/13 di lingkungan pelabuhan lini 1 dan 2 Tanjung Priok, Jakarta tidak diperbolehkan lagi melakukan kegiatan stuffing dan stripping. Ada juga perkecualian namun berlaku untuk kurun waktu tertentu saja..

Kita tunggu rencana selanjutnya dan langkah apa yang hendak ditempuh PT Pelindo dalam mengakomodir kebutuhan dan keinginan para Pelanggannya, khususnya perusahaan pelayaran. yang memiliki depo sendiri, bersyukurlah.

Bila belum siap maka alternatif terdekat adalah menyewa lahan terdekat agar bisa meminimalisir biaya dan tetap kompetitif.

Congrats ya.

Sumber / Foto : KALOG.

[English Free Translation]
On Tuesday 15/01 has been carried out and signed on the land lease agreement at Sungai Lagoa (SAO) depot, Tanjung Priok, Jakarta. This collaboration involves entities KALOG PT and PT Samudera Shipping Services (SSS).

Monday, January 28, 2013

[KG-028/2013] Hari Bahagia Staf KALOG + JAKALOG

JAKARTA: Boleh dibilang staf kantor pusat PT Kereta Api Logistik (KALOG) agresif dan produktif he he he. Buktinya, selama bulan Januari 2013 berhasil melahirkan 4 (empat) orang putera/puteri impian yang selama ini diidamkan.

Pertama, terlahir Nizam Achmad Basyari (buah hati pasangan Faizal Riza + Erna Susanti) pada tanggal 14/01/13 jam 22.45 di Rumah Sakit (RS) Annisa Citeureup Bogor dengan berat 4 kg dan panjang 53 cm. Ini merupakan anak ke-3.

Ke-dua, terlahir Leandra Silky Aqilla Aryyan (buah hati pasangan Arie Hasto + Asdarianti), pada tanggal  16/01/13 jam 22.07 di RS Graha Permata Ibu, Depok dengan berat badan 2,47 kg dan panjang 48 cm. Ini puteri pertama lho.

Ke-tiga, terlahir Salma Aqeela Azahra (buah hati pasangan Denny Maydiansyah + Chusnul Firda) pada tanggal 18/01/13 jam 11.14 di RS Meduika Permata Hijau, Jakarta dengan berat badan 2,94 kg dan panjang 46 cm.  Yang ini puteri pertama.

Ke-empat, terlahir Muhammad Kenzie Syauqi (buah hati pasangan Ardha Satryastomo + Khairunnisa) pada tanggal 19/01/13 jam 14.15 di RS Permata Cibubur, Jakarta dengan berat badan 2,84 kg dan panjang 47 cm. Bagi pasangan ini, merupakan putera pertama.

Kita sih yakin, mereka ngga pada punya janji bakal ngelahirin dihari yang berdekatan selama bulan Januari. Ikut senang dan berbahagia ya. Congrats dan Insya Allah menjadi putera – puteri yang shaleh dan sholehah. Aamiin YRA.

Sumber : KALOG / Foto : Ilustrasi.

[English Free Translation]
Arguably, the headquarters staff of PT Kereta Api Logistik (KALOG) is quite aggressive and productive he he he. The proof, during the month of January 2013 successfully delivered four (4) sons / daughters during these coveted dream. Congrats.

Sunday, January 27, 2013

[KU-027/2013] Asyik, Pesan Tiket Kereta Kini Bisa Lewat Handphone


Posted on  by Gustyanita Pratiwi


Perkembangan teknologi ternyata cukup berdampak positif bagi kemudahan konsumen dalam mengakses tiket kereta api dewasa ini. Tiket kereta api (KA) kelas Eksekutif/Argo dan kelas Bisnis kini bisa dipesan dan dibeli di Indomaret di wilayah Jawa.

Peresmian dilakukan oleh Direktur Komersial PT Kereta Api Indonesia (KAI) (Persero), Sulistyo Wimbo Hardjito dan Direktur Marketing PT Indomarco Prismatama (Indomaret), Wiwiek Yusuf, di Stasiun Gambir Jakarta sejak 14 Juni 2012. Kerja sama tersebut menjadi upaya PT KAI untuk terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, utamanya dalam hal kemudahan memperoleh tiket KA.

Konsumen yang hendak membeli tiket KA dapat langsung mendatangi toko Indomaret di seluruh wilayah Jawa, dengan memberikan informasi mengenai: nama calon penumpang, alamat dan nomor telepon, nomor/nama kereta api yang akan digunakan, asal dan tujuan perjalanan, tanggal dan jam keberangkatan, jumlah penumpang yang akan berangkat (maksimal empat tempat duduk) dan kelas kereta api yang diinginkan.

Setelah melakukan transaksi, mereka akan mendapatkan kode bookingatau bukti pembayaran dari Indomaret yang bisa langsung ditukar dengan tiket KA di stasiun pemberangkatan. Pemesanan tiket KA di toko Indomaret dapat dilakukan H-30 (tiga puluh hari) sampai dengan H-1 (satu hari) sebelum keberangkatan KA.

Selain itu, tersedia juga berbagai pilihan sesuai keinginan pelanggan, antara lain reservasi melalui loket stasiun, agen perjalanan, Kantor Pos atau melalui Contac Center 121 dengan menekan 121(dari telepon rumah) atau 021-121 dari telepon genggam, sehingga calon penumpang akan memperoleh kode booking. Calon penumpang kemudian dapat melakukan pembayaran melalui ATM BRI, BII, Mandiri, OCBC NISP , BPRKS, CIMB Niaga, Panin Bank atau BPD Yogyakarta.

Pembayaran dilakukan maksimal 3(tiga) jam setelah mendapatkan kode booking. Bukti pembayaran ATM dapat ditukarkan di loket stasiun pada saat sebelum atau hari keberangkatan. Pemesanan melalui Contact Center ini hanya untuk KA kelas Eksekutif/Argo maupun Bisnis yang dapat dilakukan 30 hari sd. 6 jam sebelum keberangkatan KA.

Selain untuk pemesanan tiket, Contact Center 121 juga berfungsi sebagai pusat informasi jadual perjalanan dan tarif serta untuk menerima keluhan pelanggan. Di Jawa dan Sumatera ada sekitar 145 stasiun yang sudah online, di samping itu juga terdapat 178 agen tiket perjalanan yang tersebar di berbagai kota yang bekerjasama dengan PT KAI dalam penjualan tiket.

Apabila calon penumpang/pelanggan melakukan pembatalan pemesanan tiket KA, maka mereka hanya bisa melakukannya di loket-loket stasiun dengan mengikuti ketentuan yang berlaku. Berikut wawancara Gustyanita Pratiwi dengan Sulistyo Wimbo Hardjito, Direktur Komersial PT Kereta Api Indonesia (Persero) :

Apa perkembangan yang terjadi pada konsumen PT KAI terkait ticketing?
Yang pertama, dengan adanya IT itu, maka saat ini kami bisa terhubunghost to host dengan banyak mitra kami sehingga masyarakat yang akan membeli tiket tidak harus ke stasiun kereta api. Cukup ke minimarket yang dekat dengan mereka. Bisa ke Alfamart, Indomaret, juga ke Kantor Pos. Yang kedua, kalau masih di rumah, mereka juga bisa dengan mudah membeli tiket karena bisa melakukan telepon, dengan 121 ataupun membuka internet untuk reservasi via internet. Masih kurang nyaman lagi, kemarin sore saya launching tentang pemesanan tiket kereta api dengan handphone, bekerja sama dengan tiket.com. Inilah kemudahan-kemudahan yang kami tawarkan kepada calon penumpang untuk mendapatkan tiket kereta api.

Kalau kebutuhan konsumen sekarang ini seperti apa?
Kebutuhannya itu kan mereka inginnya di rumah, tidak ke mana-mana tapi bisa beli sesuatu. Dengan adanya online shopping, dsb, itu kan orangpengen di rumah, bisa pesan, dan mendapatkan sesuatu.

Berarti yang paling baru dengan HP?
Iya. Kemarin sore (21 November 2012) saya launching bersama Ibu Mari Pangestu (Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif), bekerja sama dengan tiket.com. Semua kereta api bisa dipesan tiketnya lewat situs ini, kecuali KRL Commuter. Yang bisa adalah kereta api jarak jauh tentunya, karena dengan cara ini, mereka bisa memilih tempat duduk juga.

Besarnya investasinya berapa?
Investasinya ini kami kerjasama dengan PT Telkom. Jadi PT Telkom ini menyiapkan infrastruktur, soft ware. Nah, kami akan sharing darirevenue.

Kalau boleh tahu berapa besar investasinya?
Ya ada lah. Masing-masing segmen ada. Angkanya tidak bisa kami sebutkan sebelum ada diskusi dengan PT Telkom.

Kalau dilihat dari hasilnya, dengan adanya teknologi yang sudah sedemikian maju, itu bagaimana sih resposn dari konsumen?
Jadi kami sekarang sudah sekitar 30% lebih, pembelian tiket itu tidak di stasiun. Misalkan dengan internet itu kan baru diperkenalkan Bulan Agustus, tapi sudah langsung sekitar Rp 5 miliaran per bulan, pembelian via internet.

Tapi dengan adanya teknologi ini, maka ada istilah “siapa cepat dia dapat”, sering konsumen kehabisan Pak?
Kan tidak ada hubungannya dengan cepat habis atau tidak. Karena kan kami menyebar. Pembelian tiket itu kan ada di sekian puluh stasiun, sekian agen. Ini hanya untuk memudahkan calon penumpang mencari tiket. Kemudahan yang membedakan.

Sumber : SWA, 22.12.12.

[English Free Translation]
Technological developments were give quite positive impact on ease of consumers in accessing train tickets today. Train tickets (KA) for Executive /Argo and  Business Class Argo now can be ordered and purchased at Indomaret in Java.

Saturday, January 26, 2013

[KU-026/2013] Kantor Pemkab OKU Timur Penuh Tronton Batu Bara



SRIPOKU.COM, MARTAPURA - Kantor Pemerintah Kabupaten OKU Timur penuh tronton angkutan batu bara sejak Rabu (23/1/2013) dinihari.

Puluhan tronton batu bara tersebut menurut petugas gabungan dari dinas perhubungan dan Pol PP, terpaksa dikandangkan karena melanggar peraturan daerah (perda) nomor 3 tahun 2012 mengenai larangan angkutan batu bara bermuatan di atas delapan ton melintas di ruas jalan kabupaten dan desa di OKU Timur.

Jalan lingkar yang ada di Kabupaten OKU Timur merupakan jalan kabupaten yang dibiayai APBD.

Meski ketentuan pemerintah provinsi melalui surat edaran Gubernur Sumsel yang melarang semua jenis kendaraan melintas di ruas jalan umum, namun hal itu tidak berlaku di Kabupaten OKU Timur.

Pengusaha batu bara tetap menentang surat edaran tersebut dan tetap mengangkut batu bara menuju lampung. 

Sementara petugas dari dinas perhubungan, pol pp dan pos pemeriksaan terpadu juga tetap membiarkan dump truck melintas meski bertentangan dengan kebijakan pemerintah provinsi.

“Kita daerah otonom, perda kita terlebih dahulu muncul dari SE Gubernur itu. Jadi kita tetap memperbolehkan angkutan batu bara melintas di ruas jalan ini, yang kita larang yang bertonase di atas delapan ton,” ujar beberapa petugas yang juga dibenarkan oleh Zulkarnaen, anggota DPR dari Komisi III.

Kasat Pol PP, Okto, Kadishub Mulyanto, serta sejumlah petugas lainnya setiap malam berjaga-jaga mengantisipasi adanya angkutan batu bara bertonase besar melintas. Sementara angkutan batu bara bertonase di bawah 10 ton tetap diperbolehkan melintas tanpa ada halangan.

Sumber : Sriwijaya Post, 25.01,13.

Catatan :
Berita terkait dengan informasi diatas, silahkan baca  [KU-025/2013] Ratusan Truk Batu Bara Dikandangkan, [KU-023/2013] Upayakan Penundaan Leasing, [KU-021/2013] Alex Noerdin : Kalian Buat Kaya Perusahaan Tambang, [KU-019/2013] Warga Lahat Dukung Larangan Truk Melintas di Jalan Umum, [KU-018/2013] DPRD Sumsel Rekomendasi Gunakan Jalan Umum,  [KU-017/2013] Gubernur Sumsel Harus Pertahankan Larangan, [KU-016/2013] Kadishubkominfo : Jangan Salahkan Gubernur, [KU-015/2013] DPRD Sumsel Minta Sopir dan Pengusaha Bentuk Konsorsium.

Selain itu, baca juga [KU-013/2013] Tiba di Dermaga Batu Bara, Wartawan Kebingungan, [KG-310/2012] Jalan Khusus Batubara Servo Terendam Banjir, [KU-289/2012] Per 1 Januari 2013, Angkutan Batu Bara Di Sumsel Harus Lewat Jalan Khusus dan [KU-274/2012] Perusahaan Batu Bara Bangun Jalan 116 Kilometer.


[English Free Translation]
Dozens of coal truck forced grounded for violating local regulations or peraturan daerah (perda) No. 3 of 2012 on the prohibition of transportation of coal, charged over eight tons crossing roads and villages in the district of East OKU (OKU Timur).

Friday, January 25, 2013

[KU-025/2013] Ratusan Truk Batu Bara Dikandangkan


SRIPOKU.COM, MUARAENIM - Ratusan truk angkutan batu bara dihadang dan dikandangkan oleh ratusan massa yang berasal dari lima desa yang menamakan Forum Masyarakat Lima Desa (Formaldes), di Jalan lintas Sumatera, di samping Rumah Makan Maju Lancar, Tanjung Lalang, Kecamatan Tanjung Agung, Muaraenim, Rabu (23/1/2013).


Massa tersebut berasal dari Desa Keban Agung, Darmo, Tanjung Lalang, Penyandingan dan Seleman. Masing-masing desa diwakili beberapa warga.

Menurut perwakilan Forum Masyarakat Lima Desa (Formaldes), Nindriantoro alias Iin, Kijon, Dedek, Yan, Rusnan, Meriansyah, Samsir, Ali, Hexa, Yatul dan Armansyah, latar belakang aksi tersebut dilakukan adalah bentuk kekecewaan masyarakat terhadap peraturan Gubernur Sumsel dan Perda OKU T, yang dianggap tebang pilih dalam hal angkutan batu bara.

Khusus untuk jalan negara di OKU Timur itu tidak boleh lewat sehingga terpaksa lewat jalan lingkar. Di jalan lingkar angkutan tidak boleh lebih dari delapan ton. Namun kenyataannya masih ada yang bisa lolos. Untuk itu hukum harus diberlakukan sama. Jika memang dilarang, pemerintah bisa memberikan solusi untuk masyarakat.

"Kalau di tambang rakyat tanpa ijazah, jadi warga tidak sekolah pun bisa bekerja. Kalau di PTBA hanya yang punya ijazah dan itupun banyak dari luar. Jadi kapan lagi kami bisa sejahtera," tukas Ketua Asosiasi Tambang Rakyat Daerah (Astrada) Kabupaten Muaraenim.

Sementara itu RN salah satu supir angkutan batu bara mengatakan, ia kurang paham masalah aturan. Ia hanya sebagai sopir. Jika disuruh pemiliknya bekerja maka kita bekerja. Jika tidak bekerja bagaimana mau beri makan keluarga.

"Kami orang kecil Pak, kami tidak tau politik. Pokoknya kami mau makan sudah cukup, bukan mau kaya," ujarnya.

Sumber : Sriwijaya Post, 23.01.13.

[English Free Translation]
Hundreds of coal trucks intercepted and grounded by hundreds of people from five villages called “Five Villages Community Forum” or “Forum Masyarakat Lima Desa” (Formaldes), at the cross road of Sumatera, close to Rumah Makan Maju Lancar, Tanjung Lalang, District of Tanjung Agung, Muaraenim on Wednesday (23/01/2013).

Thursday, January 24, 2013

[KU-024/2013] Naik Lagi, Upah Minimum Rp 1,63 Juta


PALEMBANG – Aksi damai ribuan buruh yang menamakan diri Front Buruh dan Rakyat Sumatera Selatan Bersatu ke kantor Gubernur Sumsel, menuntut kenaikan upah minimum provinsi (UMP) membuahkan hasil. Mereka berjingkrak-jingkrak kegirangan setelah disepakati UMP Sumsel sebesar Rp1,63 juta.

Besaran upah minimum itu disepakati dalam diskusi bersama Gubernur H Alex Noerdin didampingi Kepala Disnakertrans Sumsel Ir Rizal Fathoni dengan perwakilan para buruh di ruang rapat gubernur, kemarin. Semula, perwakilan buruh meminta UMP dinaikkan dari Rp1,4 juta menjadi Rp1,707 juta. Terjadi negosiasi, akhirnya diperoleh titik temu Rp1,63 juta tersebut.
    
Gubernur Alex Noerdin mengatakan, kesepakatan besaran UMP tersebut bentuk perhatian Pemprov atas nasib para buruh di Sumsel. “Ketetapan dari hasil diskusi hari ini (kemarin) akan dibicarakan lebih lanjut lagi dengan pihak perusahaan,” katanya. Ditambahkan Alex, pemprov Sumsel harus menjaga situasi dan kondisi agar masyarakat tetap harmonis.

“Kami selaku pemerintah pastilah akan membela rakyatnya, tak mungkin mencari-cari alasan untuk membuat rakyat menjadi tak sejahtera,”tegasnya. Diakui Alex, besaran UMP yang disepakati ini merupakan nilai terbesar dibandingkan provinsi lain di Sumatera.

“Saya memang sengaja belum menandatangani rekomendasi besaran UMP Rp1,4 juta karena nilai tersebut masih saya pertimbangkan terlebih dahulu. Angka yang telah ditetapkan ini agar hendaknya dapat digunakan sebaik mungkin,”bebernya.
    
Kadisnakertrans Sumsel, Ir Rizal Fatoni menambahkan, besaran UMP yang telah disepakati tersebut akan disosialisasikan kepada kalangan pengusaha dan akan segera dibuat pengesahannya melalui surat keputusan (SK) Gubernur Sumsel. “SK-nya akan segera ditandatangani pak Gubernur,” ucapnya seraya mengatakan besaran UMP Rp1,63 juta itulah yang akan diterapkan pada tahun ini.
    
Koordinator aksi, Suyono mengatakan, pihaknya sengaja melakukan aksi damai ke Pemprov Sumsel untuk meminta kenaikah upah yang layak bagi para buruh sesuai dengan angka kebutuhan hidup layak (KHL). “Kami sangat mengapresiasi respon positif dari pak gubernur selaku pimpinan daerah,” tukasnya.
    
Sebelum itu, Gubernur menerima aspirasi para sopir truk batu bara yang berunjuk rasa di halaman DPRD Sumsel. Alex menegaskan, penetapan truk batu bara untuk tidak melalui jalan umum tetap diberlakukan. “SK yang telah ditetapkan tidak akan dicabut lagi karena itu untuk kepentingan masyarakat banyak,”cetusnya.
    
Anggota dewan pengupahan provinsi Sumsel, Lidayanto mengatakan, keputusan yang ditetapkan gubernur adalah final sebagai pemegang kebijakan. “Dewan pengupahan hanya merekomendasikan saja besaran UMP yang disepakati dalam rapat sebelumnya,” jelasnya.

Penerapan besaran UMP untuk Sumsel tinggal menunggu SK Gubernur. SK itu akan disosialisasikan ke pihak perusahaan dan pekerja. Ia sendiri belum mendengar ada tidak perusahaan yang keberatan dengan kesepakatan besaran UMP tersebut. (rip/ce3)

Sumber : Sumatera Ekspres, 21.01.13.
[English Free Translation]
A peaceful protest of thousands workers who call themselves “Front Buruh dan Rakyat Sumatera Selatan Bersatu” come to South Sumatera governor's office, demanding a provincial minimum wage (upah minimum propinsi - UMP) to fruition. They pranced with delight after UMP agreed for Sumsel Rp1, 63 million

Wednesday, January 23, 2013

[KU-023/2013] Upayakan Penundaan Leasing

PALEMBANG – Dampak dari tidak bisa dilewatinya jalan khusus batu bara milik PT Servo ke dermaga di Muara Telang membuat 2.000-3.000 truk milik para transportir batu bara tidak bisa beroperasi.

Sementara kredit per bulan truk-truk tersebut tetap harus dibayarkan kepada pihak yang memberi leasing (kredit) mobil.

Beban ini menjadi salah satu yang dikeluhkan pihak transportir kepada Pemprov Sumsel. Terkait persoalan itu, pemprov Sumsel berupaya membantu dengan mengupayakan penundaan leasing tersebut.  Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Sumsel, Drs H Eppy Mirza, kemarin.

"Sekarang kita sedang proses menginvetarisir dealer tempat leasing truk-truk batu bara tersebut. Tentu saja, kita meminta bantuan koordinator lapangan dari para sopir truk batu bara itu untuk mendatanya," kata Eppy.

Dikatakannya, Dispenda akan menemui pihak dealer leasing secara door to door guna meminta penundaan angsuran tersebut. "Kita meminta penundaan kurang lebih selama empat bulan sambil menunggu selesainya perbaikan jalan khusus batu bara oleh Servo," cetusnya.

Selain itu, Dispenda Sumsel juga akan berupaya agar denda yang dikenakan dealer terkait penundaan kredit truk agar dihapuskan. "Kita akan berupaya semaksimal mungkin dan minta dukungan mereka agar bisa lancar," ujar Eppy.

Dijelaskannya, pengajuan penundaan leasing tersebut karena jalan khusus yang terendam tersebut masuk dalam kategori bencana alam yang tidak bisa diprediksi. "Ada semacam klausul yang memang memberikan keringanan jika terjadi banjir atau sejenis bencana alam lainnya. Nah, karena jalur khusus sedang dilanda banjir, jadi penundaan bisa diajukan," bebernya.

Dalam beberapa hari, Eppy menargetkan pihaknya mampu menyelesaikan proses permintaan penundaan leasing ini. "Di manapun tempat mereka leasing, akan kami temui agar semua ini bisa berjalan dengan baik," cetusnya.

Ketua Asosiasi Transportir Batu Bara Sumsel, Yasmin mengatakan, pihaknya menunggu bukti dari upaya pemprov yang akan memberi keringanan leasing tersebut. "Mudah-mudahan, perusahaan leasing truk – truk kami dapat mematuhi omongan Gubernur," ucapnya.

Apalagi, jika penundaan angsuran tersebut bisa diperpanjang hingga enam bulan.  “Kami akan sangat bersyukur, karena perbaikan jalur khusus tersebut tentu akan memakan waktu cukup lama. Kami akan merasa sangat terbantu jika penundaan leasing terwujud," pungkasnya.(rip/ce2)


Sumber  : Sumatera Ekspres, 23.01.13.

[English Free Translation]
The impact of truck can not be passed from the particular road belongs to PT Servo, from site  dock at Muara Telang, make 2,000-3,000 trucks can not operate. While credit trucks per month will still be paid to the respective party. Who will assist ?

[KU-179/2021] Dirut KAI Commuter Mukti Jauhari Tutup Usia

  Bisnis.com, JAKARTA - Keluarga besar KAI Group khususnya KAI Commuter hari ini berduka. Direktur Utama KAI Commuter Mukti Jauhari meningg...