Thursday, June 30, 2011

[KU-036/2011] Moda Kereta Api Belum Dapat Perhatian Khusus

JAKARTA: Perbaikan sektor transportasi kereta api dinilai belum menjadi komitmen nasional pemerintah.

Hal itu diungkapkan pengamat perkeretaapian Mochammad Sardjoko Hendrowijono yang menuturkan layanan transportasi kereta api belum sepenuhnya diperhatikan.

“Kementerian perhubungan dan operator selalu merasa dianaktirikan dibandingkan dengan penetapan dan pencapaian target di sektor pembangunan jalan raya dan tol,”ujarnya hari ini.

Menurut Hendro, target kapasitas angkut penumpang dan barang dengan kereta dapat terealisasi jika pemerintah melalui antardepartemen dan PT KAI berkomitmen menyelesaikan permasalahan perkeretaapian.

Target pada 2030, sambungnya, perkeretaapian nasional mampu memberikan pelayanan prasarana dan sarana perkeretaapian yang andal, teknologi perkeretaapian yang modern, ramah lingkungan, daya angkut besar, dan berkecepatan tinggi, serta penyelenggaraan perkeretaapian nasional yang mandiri dan berdaya saing.

“Pemerintah seharusnya dapat lebih memprioritaskan kereta api karena pembangunan infrastruktur ini paling sejalan dengan pro growth, pro job, pro poor, dan pro environment,"bebernya.

Anggota Komisi V DPR RI, Sigit Soesiantomo mengatakan moda transportasi perkeretapian di Indonesia memiliki keuntungan dan keunggulan yang signifikan terhadap pelayanan kebutuhan masyarakat dibanding moda transportasi lainnya.

Menurut Sigit, perkeretaapian nasional membutuhkan operator swasta untuk menambah pelaku dalam pengelolaan sarana dan prasarana perkeretaapian.

Dengan begitu, lanjut Sigit, akan menciptakan daya saing dan memperbaiki kualitas pelayanan transportasi kereta api. (arh)

Sumber : Bisnis Indonesia, 27.06.11.

[English free translation]
Railways still not gettin' special attention from the government and public. So ?

Wednesday, June 29, 2011

[KG-035/2011] Kunjungan Persahabatan PT. BAU Ke Kertapati

Selasa (28/06) ada tamu kehormatan dari pengurus tambang PT. BAU Lahat dan mumpung sedang ada gawean di Palembang maka berkesempatan mampir ke dermaga dan CY KPT. Juga melihat-lihat kontainer disain baru yang akan mulai dioperasikan awal Juli 2011.



Foto dari kiri ke kanan (ki-ka) : Budi Susanto, Azis Mustafa, Cecep dan Andry BW.

Sumber : KALOG / Foto : RAM.

[English free translation]
Courtesy call PT. BAU Lahat staffs to Kertapati

Tuesday, June 28, 2011

[KG-034/2011] Sekilas Dermaga Kertapati

Pekerjaan di areal dermaga Kertapati (KPT), Palembang yang masih dalam proses penyelesaian, antara lain : pemasangan lampu navigasi, pengecoran dolphin dan rencana relokasi batu bara keluar KPT untuk memudahkan manuver dan pengerjaan proyek. Foto diambil Senin (27/06).

Insya Allah, awal Juli semua kegiatan muat bongkar bisa beroperasi normal seperti sedia kala. Kecuali proses pengeringan hasil pengecoran fondasi conveyor dan dolphin, butuh waktu 1-2 mingu dari sekarang. Tetap semangat !

Sumber : KALOG / Foto : RAM.

[English free translation]
Kertapati dock at a glance. Development as of 27/06.

Friday, June 24, 2011

[KU-033/2011] Tips Sukses Gunakan Twitter Dalam Bisnis

KOMPAS.com - Empat puluh enam persen pengguna Twitter lulusan perguruan tinggi dan berusia antara 18 tahun dan 34 tahun. Jika Anda mencoba meraih pengguna Twitter ini untuk bisnis Anda, maka Anda harus memahami pasar di Twitter.

Mari kita bahas soal pengguna Twitter. Menurut Nicola Ziady yang menekuni interactive marketing, 40 persen orang yang membuat akun Twitter adalah pengguna aktif, sedangkan 46 persen pengguna Twitter adalah lulusan perguruan tinggi. Lalu 92,4 persen pengguna Twitter memiliki pengikut (follower) kurang dari 100 orang, sementara 0,94 persen pengguna Twitter memiliki pengikut lebih dari 1.000 orang. Data lain menyebutkan, 76 persen pengguna Twitter menggunakan jaringan internet wifi.

Nah, jam berapa orang sibuk nge-twit? Di Amerika, orang sibuk ngetwit pukul 20.00 dengan 1,4 juta orang yang memposting di twitter, sedangkan hari Rabu dan Kamis hari-hari tersibuk bagi orang Amerika nge-twit setiap minggu. Dan usia pengguna Twitter di Amerika, lebih dari 50 persen berusia 18 tahun dan 34 tahun.

(1) Berbagi
Berbagi (sharing) merupakan pendekatan yang baik untuk memastikan aliran retweet dan pesan interaktif dari perusahaan Anda. Strategi yang memperpanjang jumlah konten dan percakapan, membuat brand Anda lebih dipercaya. Memiliki beberapa staf untuk memastikan aliran pesan di Twitter tetap mengalir juga penting.

(2) Nge-twit di Waktu yang Tepat
Buatlah riset untuk memahami waktu terbaik nge-twit bisnis Anda agar dibaca dan dibagi. Anda harus menggunakan analisis Anda untuk mengenali tren komunitas Anda. Analisislah 199 tweets terakhir dan temukan waktu terbaik untuk mem-posting itu. Yang Anda butuhkan adalah masuk ke username Twitter dan Anda akan mendapatkan laporan empat waktu terbaik.

(3) Bagi Informasi Bernilai
Salah satu atribut terbaik Twitter adalah kemampuannya menyebarkan pesan Anda kepada sejumlah orang dalam waktu yang singkat. Dalam hitungan detik, pesan brand Anda dapat dibagi ke kelompok yang besar. Konten yang lebih bernilai, akan banyak di-retweet.

(4) Dorong Karyawan Anda
Karyawan Anda adalah duta brand Anda. Mereka adalah alat pemasaran Anda yang gratis untuk bisnis Anda. Dorong mereka untuk berperan serta dealam usaha sosial Anda dan sebarkan berita-berita tentang bisnis Anda dan kulturnya. Ini merupakan ide yang baik untuk menggelar pelatihan media sosial kepada staf Anda sehingga mereka beraksi dan bereaksi atas etiket yang tepat pada koneksi bisnis eksternal. Semua pemasaran di dunia tidak dapat berkompetisi dengan hubungan atas dasar kepercayaan! Jadi, mari manfaatkan semua sumber daya dan pertahankan karyawan Anda pada saat yang sama.

(5) Manfaatkan Hashtag
Untuk meningkatkan kemampuan mencari pesan-pesan Anda di dunia maya, hashtag adalah cara paling ampuh untuk mengirim konten brand Anda ke audiens yang spesifik dan luas, di luar pengikut Anda. Teliti hastag terakhir atau ciptakan hastag Anda sendiri untuk memperkenalkan update Anda. Hashtag spesifik soal healthcare misalnya meliputi #hcsm #hcmkg #socialhc #WebMarketing.

Tips Twitter: Ketika staf Anda berada dalam sebuah acara industri, dorong mereka untuk berperan serta dalam hashtag stream. Mereka bisa ngetwit tentang pengalaman mereka dalam acara tersebut, me-retweet pengalaman orang lain dalam acara tersebut, dan pada saat yang tepat, tweet-lah link-link blog perusahaan Anda, update riset Anda dan tren acara itu.

(6) Manfaatkan URL yang Singkat
Jumlah maksimum sebuah pesan Twitter adalah 140 karakter. Ini tentu bukan ruang yang besar. Untuk mencapai secara optimal berbagi pesan dengan Twitter, coba gunakan URL yang singkat seperti bit.ly. Dengan URL singkat, bukan hanya kita mendapat ruang lebih luas, tapi juga dapat memanfaatkan analisis built-in seperti tingkat klik, tanggal, waktu, dan demografi. (Social Media Marketing/KSP)

Sumber : Kompas, 21.06.11.

[English free translation]
Success Tip Using Twitter In Biz. Excerpt from "Kompas" daily newspaper.

Tuesday, June 21, 2011

[KG-032/2011] Progress 3 : Conveyor KPT

Update kondisi terkini, terkait pembangunan Conveyor di dermaga Kertapati (KPT), Palembang.

Tampak pemasangan tembok, persiapan pengecoran hooper, penyelesaian tiang menara Conveyor dan pemasangan menara lampu navigasi setinggi hampir 15 meter.

Dokumentasi ini diabadikan hari Selasa (21/06) saat memantau aktifitas lapangan dan dermaga.

























Demikian yang dapat kami laporkan dari lokasi. Selamat menyimak.

Sumber : KALOG / Foto : RAM.

[English free translation]
Progress 3 : Recent developments in the KPT wharf, associated conveyor construction.

Sunday, June 19, 2011

[KU-031/2011] KPPU Kasasi Kasus Tender Lokomotif

JAKARTA: Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) resmi mengajukan kasasi atas putusan Pengadilan Negeri Bandung yang membatalkan vonisnya terhadap PT Kereta Api (Persero) dan General Electric (GE) Transportation  dalam perkara tender lokomotif. 

Anggota tim litigasi KPPU Berla Wahyu Pratama mengatakan kasasi tersebut telah dimohonkan melalui PN Bandung baru-baru ini. Kasasi, ujarnya, dilakukan karena lembaga persaingan tersebut tetap berkukuh dengan putusannya yang menghukum terlapor.

"Kami telah mengajukan permohonan kasasi pada 15 Juni. Kami menilai putusan PN Bandung itu salah," katanya hari ini.

Menurut dia, PN Bandung dalam putusan salah dalam mempertimbangkan persekongkolan dan praktek diskriminasi yang dilakukan oleh KAI dan GE. Dia tetap berkukuh bahwa vonis  KPPU tehadap dua perusahaan tersebut berdasarkan bukti-bukti yang cukup.

Berla mengaku optimis mnghadapi proses kasasi ini. Pasalnya, menurut dia unsur penunjukan langsung yang dilakukan oleh PT KA terhadap GE telah terbukti.

"Kami berharap majelis hakim kasasi dapat memepertimbangkan hal tersebut [unsur penunjukan langsung] lebih teliti. Kalau hal ini dibiarkan saja maka tidak ada kesempatan bagi pelaku usaha lain untuk berperan serta menyuplai lokomotif di KAI, KAI akan bergantung terus dengan GE," jelas Berla.

Sementara itu, kuasa hukum PT KA Titik Yustica Siahaan mengaku belum mengetahui adanya kasasi tersebut. Kendati demikian dia menyatakan kesiapannya untuk menghadapi proses hukum di tingkat MA tersebut.

"Kami belum menerima pemberitahuan terkait adanya kasasi. Kalau sudah ada tentunya kami akan membuat bantahan [kontra memori kasasi]," kata Titik.

Dengan adanya putusan tersebut, lanjutnya, maka terbukti bahwa penunjukan langsung yang dilakukan kliennya terhadap GE adalah sesuai dengan ketentuan perundang-undangan.

Menurut dia, penunjukan langsung tersebut telah dibenarkan sesuai dengan Ketentuan Peraturan Menteri BUMN No5/2008 tentang Pengadaan Barang dan Jasa di Lingkungan BUMN.

Seperti diketahui, dalam putusannya PN Bandung  membatalkan putusan KPPU dalam perkara persekongkolan tender pengadaan 20 unit lokomotif dan penyewaan 200 unit lokomotif GE, antara PT KA dan GE.

Dalam putusannya, majelis hakim menyatakan PT KA dan GE tidak terbukti tidak melanggar Pasal 19 dan Pasal 22 UU No 5/1999 tentang Larangan Praktik Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak sehat.

Putusan PN Bandung tersebut dilakukan atas upaya keberatan yang diajukan KAI dan GE terkait putusan KPPU yang menyatakan dua pihak tersebut melanggar UU Persaingan Usaha. 

Keberatan ini disertai permohonan agar KPPU melakukan pemeriksaan tambahan untuk memeriksa ahli hukum.

KPPU, dalam putusannya antara lain menghukum PT Kereta Api membayar denda Rp2 miliar karena dinilai melanggar UU No. 5/1999 (UU Larangan Praktik Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat) berkenaan dengan pengadaan 20 unit lokomotif CC 204 tahun 2009. 

Selain PT KA, dalam perkara yang sama lembaga persaingan usaha tersebut juga menghukum GE untuk membayar denda Rpl,5 miliar. (ea)

Sumber : Bisnis Indonesia, 19.06.11.

[English free translation]
Business Competition Supervisory Commission (KPPU) formally filed an appeal against a decision to cancel the Bandung District Court verdict on PT Kereta Api (Persero) and General Electric (GE) Transportation in case the tender locomotive.

Wednesday, June 15, 2011

[KG-030/2011] Progress 2 : Conveyor KPT

Pembaca sekalian,

Berikut ini laporan perkembangan (progress report) atas konstruksi Conveyor Belt KPT di hari Selasa (14/06) dan sempat dikunjungi tim PT. Kereta Api Indonesia (KAI) Bandung serta tim pemantau PT. Bara Alam Utama (BAU) di lokasi.

Berikut hasil bidikan fotografer amatir. Enjoy.


Sumber : KALOG / Foto : RAM.

[English free translation]
Progress 2 : Conveyor's construction.

Saturday, June 11, 2011

[KG-029/2011] Progress 1 : Conveyor KPT

Berikut ini progress kegiatan pembangunan Conveyor Belt di KPT hari Sabtu (11/06).


Sumber : KALOG / Foto : RAM. 


[Free Translation In English]
Progress 1 : Conveyor's construction is on.

Thursday, June 9, 2011

[KG-028/2011] Sekolah Alam

Setiap orang pasti pernah berkeinginan mengenyam pendidikan secara formal atau setidaknya dipaksa bersekolah/kuliah, agar tingkat kehidupan di masa mendatang lebih baik. Namanya juga harapan, masuk akal donk. Sekolah = sukses.


Namun tidak sedikit pula, orang sukses lahir dari gemblengan alam dan pengalaman. Semuanya sah-sah saja dan ngga perlu diperdebatkan. Jaman yang mengusung kompetensi hanya melihat, cocok ngga sih orang ini ada disitu dan bisakah beradaptasi ? Spesifikasi mirip bunglon he 3x.



Yang pasti, kombinasi sekolah formal dan sekolah alam bisa memberikan wacana lebih lengkap dalam menjalankan tugas keseharian, dimana pun juga. Yang sudah kepalang terjun ke lapangan karena terdesak, ngga ada cerita kepalang tanggung. Harus tetap belajar.


Pemahaman bisnis inti harus turun secara merata dari atas hingga tingkat pelaksana. Untuk memperlancar pekerjaan, dibutuhkan pelatihan rutin atau semacam sosialisasi sehingga setiap orang mengerti apa maksud dan tujuan pekerjaan tersebut ada.



Dalam kesempatan waktu jeda, tak luput pihak KALOG Sumatera Selatan mengadakan pertemuan dan pelatihan. Selalu berawal dari sesuatu yang ada di sekitar kita. Mengenali alat berat, kontainer dan segala yang terkait.


Alasan itulah yang mendasari, perlunya gemblengan lapangan. Saat bekerja lalu menghadapi masalah teknis di lapangan, bila sanggup ditangani dengan baik maka kita akan memonitor namun bila melenceng, seyogyanya diluruskan oleh sang pemimpin.



Belum sempurna mempersembahkan yang terbaik, namun jika tidak pernah dimulai, bagaimana mungkin seseorang bisa menilai secara normatif, ini baik dan yang itu kurang baik ? Tidak pernah ada kata terlambat. Dimana ada kemauan, disitu ada jalan. Gitu aja koq repot.


Jangan pernah takut untuk maju, juga bermimpi. Lanjutkan !

Sumber : KALOG / Foto : Riestu.

[Summary above article in English – free translation]
Training is believing and that is a must.

Wednesday, June 8, 2011

[KG-027/2011] Konstruksi Conveyor KPT Dimulai

Minggu lalu, sejumlah besar peralatan Conveyor Belt tiba di lapangan penumpukan kontainer (CY = container yard) stasiun Kertapati (KPT), Palembang. Bersamaan dengan itu, dilakukan pemancangan fondasi agar tidak membuang waktu.

Minggu ini tahap pengerukan lokasi Hooper dan pemasangan menara dudukan Conveyor di KPT. Biila sudah selesai maka proses pemuatan batu bara bisa cepat dan efisien dengan menggunakan conveyor dan atau ramp-door atau dump-truck muat langsung ke tongkang.

Dermaga KPT dikelola oleh PT. Kereta Api Indonesia (KAI) dan akan dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung guna menyukseskan program "Serba Hijau dan Ramah Lingkungan". Dan bertindak sebagai operator handling PT. Kereta Api Logistik (KALOG).

Berikut ini rangkaian kronologis pembongkaran alat hingga tahap konstruksi conveyor tahap awal. Enjoy ...














                                               Sumber : KALOG / Foto : RAM.

                             [Summary above article in English – free translation]
                Construction of conveyor belt at Kertapati's (KPT) stockpile. Just started.

Tuesday, June 7, 2011

[KG-026/2011] Fun-Tas-Tiq Holiday

Bagi orang lapangan (baca : operasi) jarang-jarang bisa menikmati liburan sebagaimana dinikmati pekerja kantoran.

Sekalinya libur maka aktifitas yang diminati adalah refreshing, dan yang harus dipaksa : training (sekolah alam) ato cleaning (kerja bakti dan bersih-bersih).




Semua alat-alat berat yang ada lapangan, mulai Reach Stacker (R/S), Excavator, dump-truck hingga kontainer kotor, ngga luput dari aksi bersih-bersih seluruh staf dan mitra kerja KALOG di areal CY Kertapati.

Daripada jauh-jauh berolah raga, dengan mencuci peralatan yang ada sudah cukup untuk mengeluarkan keringat dengan jumlah yang lumayan.

Kombinasi olah raga dan kerja bakti he 3x, "positive thinking" aja.





Dengan semangat bergotong royong, kita bersihkan segala kotoran yang melekat di masing-masing alat. Jika bersih, ngga cuma enak dipandang tetapi perawatan yang rutin bisa menjaga umur kendaraan jadi agak panjang, mirip umur manusia. Ngga ngerawat maka ngga sayang.



Plak-plak yang menempel di dinding kontainer ngga luput dari pantauan tim kerja bakti KALOG.

Pokoknya harus bersih sebersih-bersihnya. Ayo kerja bakti, tariiiiik Bang ! Kalau sudah normal beroperasi, mana sempat.

Sumber : KALOG / Foto : RAM.


[Summary above article in English – free translation]
Campaign for "Let's Go Clean" (Mari Kerja Bakti).

Monday, June 6, 2011

[KG-025/2011] Cek, Survei en Kuliner ala KALOG

Kunjungan tim Kantor Pusat sudah biasa dilakukan ke cabang-cabang. Selasa (31/05) VP Infrastruktur & IT, Edi Sudiarto bersama Wawan (Ass. Teknik) mengunjungi Palembang. Tugas, meninjau fasilitas CY Kertapati (KPT), stockpile KPT dan mengevaluasi progress pemasangan Conveyor Belt.



 Lalu, lanjut ke Suka Cinta (SCT) dan survei ke wilayah tambang di sekitar Lahat. Sesaat di stasiun Suka Cinta, terlihat bangunan tua peninggalan Belanda dan namanya itu loh, bisa bikin orang awam geleng-geleng kepala dan tersenyum simpul.



Survei menuju lahan tambang, jauuuuuh banget tetapi serasa sedang mengikuti kegiatan Outbound. Jalanan naik turun, mendaki bukit terjal, melintas rumah penduduk, rumah panggung dan ngga kelupaan wisata kuliner, cari duren duren duren he 3x. Amazing traveling.


Usai survei, temukan salah satu keunikan kota Lahat yang terkenal. Mejeng di warung beralas dipan dan nyam nyam nyam menyantap duren, nikmat. Belepotan ngga masalah, yang penting mimpi makan duren terpenuhi.


Kembali ke Palembang, cross-check rencana pengerjaan menara Conveyor Belt dan fondasi. Batas waktu pengerjaan diutamakan, untuk menghindari keterlambatan. Hari Kamis (02/06). kembali ke Jakarta. membawa segudang pekerjaan rumah.


Ibarat mentari yang bersinar di pagi hari dan turun ke peraduan di petang hari. Begitulah hidup dan waktupun bergulir terus memanda arah kehidupan menuju arah yang lebih baik. Tetap berusaha, optimis dan berdo'a. Amin.


                                               Sumber : KALOG / Foto : RAM.

                               [Summary above article in English – free translation]
                                   On locations, team from KALOG's Head Office.

Sunday, June 5, 2011

[KG-024/2011] Nomor Referensi Blog KA Logistik

Guna memudahkan pencarian judul artikel di blog ini dan mendorong upaya standarisasi nomor referensi, kami mendisain formula sebagai berikut,

               xx-yyy/zzzz (dua digit-tiga digit/empat digit).



Catatan:
xx      : asal/sumber informasi
            - KA : KAI
            - KG : KALOG
            - KU : Umum
yyy    : nomor urut - running number (3 digit, seperti : 001 dst)
zzzz   : tahun dibuatnya pesan tersebut.

Contoh : KG-008/2011.

Cara membacanya, sumber informasi KG berasal dari KALOG, artikelnya memiliki nomor urut 008 dan diterbitkan di tahun 2011. Penomoran standar ini ditarik mundur ke tahun 2010, saat pertama blog ini diresmikan. Sistem penomoran ini bisa menghindari duplikasi.

Pengumuman ini sekaligus dianggap sebagai upaya sosialisasi standar nomor referensi yang diterapkan di www.kalogpalembang.blogspot.com dan berharap kedepannya agar blog ini menjadi  lebih tertib, rapih, informatif dan enak dibaca.

Demikian pengumuman ini kami sampaikan dan semoga semua pihak memakluminya dan semakin bermanfaat. Amin.

Salam, e-DITOR.

Sumber / Foto : KALOG.

[Summary above article in English – free translation]

Related with KALOG's blog reference number.

[KU-179/2021] Dirut KAI Commuter Mukti Jauhari Tutup Usia

  Bisnis.com, JAKARTA - Keluarga besar KAI Group khususnya KAI Commuter hari ini berduka. Direktur Utama KAI Commuter Mukti Jauhari meningg...